Fakta Tentang Manta Rays Yang Perlu Anda Ketahui

Manta Ray adalah salah satu makhluk laut paling menakjubkan di dunia. Kehadiran mereka dilindungi dengan baik oleh pemerintah. Sinar manta adalah salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Saat ini, cukup sulit untuk memenuhi spesies laut jenis ini. Sinar manta sangat dikenal di Bali dan orang Indonesia lainnya yang tinggal di dekat laut. Banyak pelancong mengunjungi Bali hanya untuk bertemu dan menyelam dengan ikan yang luar biasa ini.

Untuk menyelam dengan Manta Rays Bali, Anda harus bergabung dengan perusahaan selam di Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Di tempat-tempat ini, Anda dapat menemukan pemandu profesional yang dapat mengarahkan Anda untuk menemui sinar manta fenomenal secara langsung.

Hal yang perlu Anda ketahui tentang pari manta;

1. Ada dua jenis pari manta

Sinar manta dikategorikan ke dalam dua jenis, yaitu, Manta alfredi adalah karang mantis dan manta birostris adalah mantis raksasa. Manta alfredi umumnya ditemukan di Indo-Pasifik timur dan Atlantik tropis. Selain itu, birostris manta biasanya hidup di suhu laut tropis yang hangat. Kedua jenis pari manta ini dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Salah satu tempat menyelam terbaik di mana Anda dapat menemukan pari manta ini adalah Nusa Penida.

  1. Karakteristik biologis pari manta

Secara umum, pari manta tumbuh hingga 4 meter. Beberapa orang telah bertemu dengan manta ray raksasa yang dapat diukur hingga tujuh meter. Sebuah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kehidupan pari manta sekitar 60 tahun. Umumnya, manta ray akan tumbuh dewasa secara seksual pada usia 10 tahun. Hewan laut besar ini memakan zooplankton. Tetapi dalam beberapa keadaan, mereka bisa makan ikan kecil. Untuk pari manta samudera raksasa, mereka dapat hidup di kedalaman 560 meter.

Beberapa ahli mengatakan bahwa mereka hidup lebih dalam. Padahal, kecepatan pari manta cukup cepat. Mereka bisa berenang 24 kilometer per jam. Meskipun pari manta memiliki postur tubuh raksasa, mereka dapat menjadi mangsa paus pembunuh dan hiu raksasa. Spesies luar biasa ini melahirkan anak anjing tunggal setiap 3 hingga 5 tahun.

II. Tempat untuk bertemu pari manta Bali;

Sinar manta ada di semua lautan Indonesia, termasuk Bali. Ini berarti bahwa Indonesia memiliki sejumlah besar pari manta. Pertanyaannya adalah, di mana harus bertemu mereka secara langsung. Bagi wisatawan, selalu yang terbaik bagi Anda untuk pergi ke situs menyelam kelas dunia di Indonesia seperti di Nusa Penida, Raja Ampat, dan Nusa Lembongan. Mengapa? Alasan utamanya adalah Anda dapat dengan mudah menemukan perusahaan selam yang dapat dipercaya yang dapat membantu Anda bertemu makhluk laut yang indah ini.

Bekerja sama dengan mereka lebih aman. Anda akan berada di bawah perawatan dan perlindungan mereka. Ada beberapa situs menyelam yang luar biasa menawan di mana Anda dapat bertemu dan menyelam dengan Manta Rays Bali. Anda harus selalu ingat bahwa berisiko bertemu muka dengan makhluk lautan raksasa ini. Karena itu, sangat tidak disarankan untuk menyelam sama sekali. Anda harus dipandu oleh penyelam profesional yang memiliki pengetahuan tentang penyelaman teknis, suhu laut setempat, dan perilaku manta ray.

1. Situs Menyelam Nusa Penida

Nusa Penida adalah salah satu tempat menyelam terbaik di mana Anda dapat menikmati pengalaman keindahan manta rays Bali yang luar biasa. Pulau cantik ini memiliki beberapa situs penyelaman kelas dunia. Cara terbaik untuk menyelam dengan Manta Rays Nusa Penida adalah bergabung dengan perusahaan menyelam terkenal. Mereka biasanya memiliki driver profesional yang mampu membimbing Anda untuk menyelam dengan aman bersama makhluk-makhluk luar biasa ini.

Jika Anda ingin informasi lebih lanjut, Anda dapat mengikuti kursus khusus yang ditawarkan. Perusahaan kami Legend diving underwater juga menyediakan beberapa paket yang bisa membantu Anda blajar menyelam dengan baik seperti pake divemaster course Indonesia dan kursus MSDT di mana Anda memiliki kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang teknik menyelam dan hal-hal penting tentang kapal selam.

2. Situs menyelam Nusa Lembongan

Nusa Lembongan sebenarnya terletak di dekat Nusa Penida. Nusa Lembongan menawarkan beberapa tempat menakjubkan di mana Anda dapat melakukan snorkeling, menyelam, dan berselancar. Pulau ini menawarkan banyak kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Salah satu kegiatan yang paling luar biasa adalah menyelam dengan pari manta dan mola mola Nusa Lembongan.

Pulau ini mudah diakses, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk sampai ke sana. Ada berbagai perusahaan profesional yang menawarkan paket khusus yang memungkinkan Anda untuk bertemu langsung dengan pari manta. Ada banyak orang yang bergabung dengan PADI IDC Bali memperdalam pengetahuan mereka tentang menyelam di situs menyelam yang indah ini.

Sinar manta adalah makhluk laut yang menakjubkan yang bisa sangat berbahaya dalam beberapa situasi. Anda harus sangat berhati-hati ketika mendekati mereka. Jangan panik, jika tidak, Anda hanya akan melukai diri sendiri. Itu sebabnya sangat penting bagi Anda untuk memiliki panduan ahli.

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.