Fakta Beruang Hitam Dari Amerika Utara

Black Bear (Ursus americanus) – Beruang hitam adalah hewan beruang dari Amerika Utara yang sangat familiar dan paling dikenal. Mereka biasanya hidup di hutan-hutan di Kanada dan Meksiko Utara. Beruang hitam merupakan pemanjat pohon yang sangat baik. Selain tinggal di hutan belantara yang lebat mereka juga ditemukan hidup di pegunungan dan rawa-rawa. Meskipun namanya beruang hitam, mereka juga ada yang berwarna abu-abu kebiru-biruan atau hitam kebiru-biruan, berwarna coklat seperti kayu, atau bahkan ada yang berwarna putih walaupun sangat jarang.

Beruang hitam adalah hewan jenis mamalia atau binatang menyusui, dari ordo omnivora atau pemakan segalanya, rentang hidup di alam bebas rata-rata mencapai umur 20 tahun. Ukuran panjang tubuh sekitar 5 sampai 6 kaki (1,5 – 1,8 meter), berat sekitar 200 sampai 600 lbs (90-270). Beruang ini hidup dalam kelompok atau grup yang disebut Sleuth atau Sloth (gerombolan).

Tahukah Anda? Beruang hitam tetap aktif selama periode musim dingin meskipun tidak makan, tidak minum, tidak buang air kecil atau air besar.  Mereka akan bangun jika merasa terganggu.

Beruang hitam merupakan pemakan yang sangat oportunistik. Sebagian besar makanan mereka terdiri dari rumput, akar, buah, dan serangga. Mereka juga memakan ikan dan mamalia, termasuk bangkai dan mudah mengadaptasi rasa terhadap makanan manusia dan sampah. Beruang hitam ini terbiasa dengan makanan manusia di tempat-tempat perkemahan atau rumah-rumah di pedesaan yang dapat membahayakan manusia sehingga sering dibunuh. Banyak terdapat papan peringatan yang bertuliskan “Jangan memberi makan beruang!”

Beruang hitam merupakan hewan soliter. Mereka hidup berkeliaran di wilayah yang luas meskipun beresiko terjadi konfrontasi dengan beruang lainnya. Beruang jantan akan mengitari wilayah teritorial seluas 15 sampai 80 mil untuk menjaga wilayah kekuasaannya dari beruang lain yang berani masuk.

Pada saat musim dingin tiba, beruang hitam aktif menghabiskan waktu di sarang mereka. Lemak di dalam tubuh memberikan energi yang diperoleh ketika mereka makan dengan lahap pada waktu musim panas dan musim gugur. Mereka membangun sarang di gua-gua, liang di atas tanah, tumpukan kayu atau tempat-tempat yang terlindung, bahkan di dalam lubang yang terdapat di atas pohon besar dan tinggi.

Induk betina terkenal protektif atau sangat melindungi anak-anak mereka dari bahaya. Anak-anak beruang tinggal bersama ibu mereka selama sekitar dua tahun.

Beruang hitam betina melahirkan dua sampai tiga bayi beruang yang masih buta. Anak-anak beruang yang masih tidak berdaya ini berada dalam perawatan ibu mereka selama musim dingin sampai musim semi dan kemudian keluar dari sarang untuk mencari makanan. Anak-anak beruang ini akan tetap berada disamping induknya yang sangat protektif selama dua tahun.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.