Elang Membunuh Rusa Tertangkap Kamera di Rusia

Halo juragan… Sungguh aneh tapi nyata! Ada seekor elang membunuh rusa untuk di makan. Setahu kita, biasanya elang hanya mampu membunuh tikus atau hewan reptil kecil saja. Namun ternyata elang emas rusia ini mampu membunuh seekor binatang sebesar rusa. Wow!

Benar-benar tidak percaya namun ini nyata adanya! Seperti yang saya kutip dari London (AP),  foto yang tertangkap kamera milik London Zoological Society (AP Photo The Zoological of London), ada seekor elang menyerang rusa yang ada dibawahnya hingga tewas, lalu disantap untuk melengkapi makan siangnya.

Peristiwa ini berawal ketika tim Zoological Society London memasang kamera pengintai satwa liar atau yang biasa disebut “camera trap”. Kamera ini sebenarnya dimaksudkan untuk memantau aktivitas harimau Siberia di Rusia, tetapi malah yang tertangkap kamera adalah serangan fatal elang emas terhadap seekor rusa. Jepretan tiga foto berhasil memotret burung besar menghantam bagian belakang hewan besar dengan cakar maut-nya hingga punggung rusa jebol.

Zoological Society London yang membagikan gambar kepada wartawan, mengatakan ini peristiwa langka karena tidak pernah terdengar serangan elang emas. Seorang anggota tim, Linda Kerley mengatakan ia pertama kali menyadari bahwa sedang ada “sesuatu”, lantas dia mendekati perangkat pemantau satwa liar yang berupa perangkap kamera. Tapi ternyata ia menemukan bangkai rusa hancur di dekatnya.

“Sesuatu terasa salah tentang hal itu,” katanya dalam sebuah pernyataan yang menyertai foto-foto tersebut. “Tidak ada trek karnivora besar di salju, dan itu tampak seperti rusa sedang berjalan dan kemudian berhenti dan meninggal.

“Itu baru saja setelah kami kembali ke kamp, lalu aku memeriksa gambar hasil jepretan kamera beserta semua potongan hewan secara bersamaan,” katanya. “Aku tidak percaya apa yang saya lihat.”

Dalam foto ini diambil dari kamera jarak jauh di Lazovsky, Cagar Alam Negara di wilayah Primorye.

Elang emas adalah burung besar. Lebar sayap mereka lebih dari 2 meter (6 ½ kaki) dan mereka biasanya makan burung kecil, mamalia, atau ular, mereka telah dikenal menargetkan hewan yang lebih besar juga.

Ini langka untuk kamera yang menangkap serangan seperti itu, dan foto-foto tersebut telah menjadi sensasi online.

Zoological Society mengatakan foto-foto itu dijepret di Lazovsky, Cagar Alam Negara di wilayah Primorye di Rusia Timur Jauh pada 8 Desember 2011. Foto-foto itu dirilis hanya setelah publikasi artikel ilmiah oleh Kerley dan asisten penulis Jonathan Slaght dari Wildlife Conservation Society di Journal Penelitian Ohio Raptor awal bulan ini. [LONDON (AP) – Associated Press].

Bagikan:
8 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.