Elang Botak Amerika Berkepala Salju

Bald Eagle (Haliaeetus leucocephalus) – Walaupun dinamakan elang botak namun sebenarnya tidak botak karena kepalanya berbulu putih salju dengan ekor putih. Elang ini merupakan lambang negara Amerika Serikat. Namun burung langka ini hampir musnah disana.

Selama beberapa dekade elang botak diburu sebagai sarana olahraga dan untuk “melindungi” lahan perikanan. Pestisida seperti DDT juga mendatangkan malapetaka bagi elang ini maupun burung lainnya. Bahan kimia ini terkumpul pada ikan yang merupakan mangsa utama bagi elang ini.

Mangsa yang terkontaminasi dengan racun ini membuat lemahnya kulit telur burung ini dan membatasi kemampuan mereka untuk bereproduksi. Karena itu penggunaan DDT sangat dibatasi pada tahun 1972, maka jumlah elang botak bisa berkembang secara signifikan dan juga dibantu oleh program reintroduksi. Akhirnya elang ini tidak jadi lenyap dari Amerika.

Elang botak adalah hewan dari jenis burung, status mangsa karnivora atau hewan pemakan daging, rentang hidup di alam bebas rata-rata mencapai umur 28 tahun. Ukuran tubuh, panjang antara 34-43 inchi (86-109cm), lebar sayap 6-8 inchi (1,8-2,4 meter), berat 6,5-14 lbs (3-6,5 kg).

Tahukah Anda? Sarang elang botak terbesar yang telah tercatat adalah, lebarnya 9,5 ft (3 m) dan tingginya 20 feet (6 m). Beratnya lebih dari dua ton. Sebuah sarang raksasa yang menakjubkan.

Meskipun jumlah mereka telah berkembang di sebagian besar daerah persebaran mereka di Amerika, namun elang botak ini tetap lebih banyak ditemukan di Alaska dan Kanada. Burung-burung pemangsa ini menggunakan cakar kuat mereka untuk menangkap ikan, tetapi mereka lebih sering mendapatkan makanan dengan pembilasan bangkai atau mencuri mangsa yang dibunuh hewan lainnya.

Mereka tinggal di dekat pantai, danau dan tempat-tempat dekat air di mana ikan berlimpah, meskipun mereka juga terkadang memangsa mamalia kecil.

Elang botak diyakini berpasangan seumur hidup. Elang yang merupakan salah satu jenis elang terbesar di dunia ini membangun sebuah sarang yang besar dan tinggi di atas tanah, namun cenderung hanya mengeluarkan sebutir telur dalam setiap tahunnya.

Elang muda belum memiliki warna hitam sampai mereka berumur sekitar lima tahun dan juga tidak memiliki tanda putih khas yang membuat induk mereka begitu mudah untuk mengidentifikasi. Elang muda berkeliaran jarak yang jauh. Burung elang botak khas Amerika (American Bald Eagles) ini sering menempuh perjalanan jarak jauh dari Amerika ke Alaska.

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.