Efek Pengunjung Blog di Hari Raya ‘Idul Adha’ & ‘Idul Fitri’

Efek Pengunjung Blog Sebelum Dan sesudah hari raya ‘Idul Adha & ‘Idul Fitri – Mumpung lagi malas update artikel di blog sendiri gara gara kebanyakan daging kurban, saya akan ngoceh tentang dunia blogging yang sepertinya cocok saya tulis di sini, sebab saya tidak punya blog tentang tutorial blogging dan SEO.

Bagi sahabat yang memiliki blog yang berisikan info teknologi & Membahas tetang blogging sepertinya megalami penurunan seperti punya saya yang notabene blog berita gado gado. Tapi ini mungkin tidak berlaku untuk blog yang berisikan kumpulan resep masakan, destinasi wisata, Tuntunan Sholat ‘Idul Adha / ‘Idul Fitri & Tata cara Berkurban.

Di sini saya akan berbagi pengalaman tentang mengelola blog yang berjumlah 7 dengan topik yang berbeda, bukan jumlah visitor yang real tapi Page View saja ya.. perlu sahabat ketahui starting ngeblog saya sejak pertengahan 2014

trafik-hari-raya
Efek Pengunjung Blog di Hari Raya ‘Idul Fitri dan ‘Idul Adha

1. Blog Resep Masakan

Jika saya perhatikan dalam sepekan ini pada statistik dasbor blogger tarafik blok resep masakan ini perlahan tapi pasti mulai merangkak naik yang tadinya pageview 3000/day (jumlah artikel 243) nah pada saat hari raya ‘Idul adha sore hari ini pageview hingga 32.000 hmmm…. apa nggak gila itu? bagi saya ini sungguh sesuatu banget pokoknya, karena di iringi peningkatan earning pada dasbor Adsense 😀 .

Saya harap peningkatan trafik ini bertahan hingga 3 – 5 hari kedepan karna daging kurban masih tersimpan di freser, karena ini pengalaman tahun tahun sebelumnya. Asiknya lagi blog resep masakan ini jarang Update, awalnya saja yang berat karena harus melengkapi menu masakan.

2. Artikel Islami & Seputar sholat

Blog ini tidak pernah saya update lagi pula masih blogspot dan saya sendiri bukan ahli dibidangnya karena ilmu keagamaan di dapat dari membaca bukan nyantri, page view hanya sekitar 500, namun sepekan sebelum hari raya ‘Idul Fitri dan ‘Idul Adha page view meningkat tajam hingga 9000. Dan tentunya di iringi earning adsense juga meningkat, sehingga jika mendekati ke-2 hari raya itu saya selalu menunggu kejutan dari blog ini.

3. Tips Android & Review Aplikasi

Blog ini saya bangun hasil explore mengenai daleman android, aplikasi bawaan dan review aplikasi yang ada di google play sehingga satu satunya android kepunyaaku saya oprek. Blog tentang android ini sebenarnya bagus karena trafik cenderung stabil tidak terpengaruh oleh hari hari besar agama dan hari libur nasional.

Recomended baget untuk sahabat yang suka dengan android, dan aplikasinya. blog ini berumur 1 tahun lebih, jumlah page view stabil antara 5000 – 6000. Jika di update terus sepertinya akan semakin bagus ini blog, tapi apa daya nggak mampu klo tiap hari menulis disini kareana mengurusi blog utama.

4. Blog Tips, Info publik, News gado gado

Awal mula ngeblog, blog gado gado inilah yang pertama saya bangun, karena sumber artikel berlimpah sehingga mudah untuk menulis.

Satu hari hanya 1 artikel saya tulis dengan penuh cinta  🙄  karena saya tahu jika tidak di update kadang pengunjung menurun, apa lagi ada komentar yang harus saya tampilkan (moderasi) jadi memotifasi untuk menulis, walaupun hanya 1 artikel bagi pengunjung yang sudah setia akan beranggapan “rumah ini masih berpenghuni”.

Untuk page view hari biasa stabil antara 15000 – 17000, tapi saat hari raya ‘Idul Adha & ‘Idul Fitri trafik menurun hungga 40% dan tetunya mempengaruhi earning Adsense.

5. Blog Info Perbankan

Blog yang memberikan info produk bank ini awalnya hanya setengah hati dalam menulis karena berisi artikel copas dari situs resminya, dan saya beranggapan klo hasil copas pasti tidak baik dari segi SEO.

Tapi setelah tekun menulis hingga 200 artikel hasilnya juga lumayan, banyak yang ada di pageOne pencarian Google . Agar dari segi SEO bagus pada paragarap 1 dan 2 hasil review saya sendiri lalu masuk pada inti artikel saya copas dari situs resminya dan pada akhir artikel cukup saya tutup dengan tullisan sendiri disertai link sumbernya.

Menjelang puasa hingga hari raya ‘Idul Fitri dan ‘Idul Adha blog perbangkan cenderung menurun pengunjungnya, namun 1 minggu  setelah hari raya idul fitri trafik blog meningkat tajam terutama artikel tentang KUR. Page view blog perbankan ini antara 7000 – 8000.

6. Blog Tentang Info Bpjs Kesehatan

Blog ini awalnya membahas tentang kesehatan, namun karena saya ilmunya kurang dalam hal kesehatan, apa lagi saya kurang peduli tentang lingkungan yang sehat otak saya susah sekali menerangkan tentang kesehatan sehingga saya putuskan untuk membahas 1 topik yang lagi hangat pada saat itu (awal 2015) yaitu program pemerintah Bpjs Kesehatan.

Banyak masyarakat yang belum paham tentang undang undang JKN ini sehingga saya berminat menerangkan semuanya, sumber artikel saya download dari situs resminya karena disana tersedia puluhan file.pdf yang berisi UU Bpjs Kesehatan, dari pasal kepasal saya uraikan terpisah sesuai Babnya.

Untuk trafik blognya juga cederung stabil tidak terpengaruh oleh hari besar agama dan nasional, page view antara 3000 – 4000. Yang jadi malas untuk update blog ini berkali kali jadi korban AGC, 1 Blog AGC saya laporkan ke google lalu lenyap entah kemana, namun selalu ada lagi hingga sekarang.

Padahal pada smmary RSSFeed sudah saya singkat namun tidak mempan, sepertinya teknologi AGC sudah maju pesat.

7. Blog Cara Paket Internet, nelpon & SMS

Pada awalnya blog ini catatan pribadi tetang promo All operator provider di Indinesia untuk saya terangkan kepada pelanggan yang suka membeli pulsa di counter saya (sambil ngeblog jual pulsa juga) sama dengan info produk bank, intinya hasil copas dari situs resmi telkomsel, indosat, tri, axis, XL & Smartfren.

Setelah saya perhatikan ketika bulan puasa hingga hari raya “idul Fitri, boleh juga ini blog karena trafiknya meningkat tajam page view yang biasanya hanya 3000 namun pada Ramadhan tahun ini saya lihat bisa sampai 10.000, keren-nya lagi blog “cara paket kuota” ini jarang saya update karena kalau tidak ada promo baru tentang paket internet, nelpon & SMS juga tidak saya update.

Nah Kalau pada hari raya ‘Idul Adha ini biasa bisa saja page view stabil sekitar 7000.

Nah bigitulah cerita sedikit mengenai blog saya, sengaja saya tidak bikin blog destinasi wisata karena jarang sekali saya jalan jalan ketempat tempat wisata, mungkin ada sahabat yang punya blog wisata bisa berbagi cerita dikolom komentar apakah ada pengaruh menjelang hari besar agama dan nasional?

O iya dari pageview blog yang meningkat ternya sangat bagus lho pengaruhnya terhadap SEO, sebab artikel yang biasanya tidak nongol di PageOne pencarian Google ternyata akhir akir ini saya lihat nagkring dihalaman utama google walaupun bukan nomer 1.

Untuk mbak Indri  sebelumya saya ucapkan terimaksih jika artikel ini dipublikasikan, untuk sahabat semua tetaplah semangat untuk menulis tentang apa saja karena ternyata semua ada masanya blog/artikel anda berjaya dengan ledakan trafik yang luar biasa.

Bagikan:
14 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.