Duwende, Hantu Kerdil Penghuni Ruang Bawah Tanah

Halo juragan… Duwende adalah hantu khas Filipina yang digambarkan berwujud manusia kerdil. Makhluk halus mirip manusia kecil ini hidup di ruangan bawah tanah atau menghuni dalam tanah. Ada dua jenis utama dari duwende, pertama duwende puti, yaitu hantu kecil yang konon baik dan membawa keberuntungan. Dan kedua adalah duwende Itim, yaitu hantu kecil yang suka bermain pranks dengan manusia.

Mereka umumnya hanya mengurusi diri mereka sendiri dan hanya berinteraksi dengan manusia ketika rumah mereka terganggu. Sebagai contoh, seorang petani yang baik hati mengurus ladang dapat dihargai oleh duwende puti dengan jumlah yang lebih besar tanaman dari biasanya.

Namun, seseorang yang menendang sebuah sarang semut di dekat rumah seorang duwende Itim maka akan dihukum dengan segudang penyakit di sekitar mulut hingga testis bengkak. Cara terbaik untuk menghindari Duwende jenis apapun adalah dengan mengatakan “Tabi-tabi po” yang keras sebelum memasuki wilayah yang diduga dihuni duwende. Filipina memang mirip Indonesia dalam hal mitologi, yaitu kaya akan jenis-jenis hantu.

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.