vps murah

Home / Google Doodles / Sejarah

Senin, 12 Mei 2014 - 08:12 WIB

Dorothy Hodgkin Hari Ulang Tahun ke-104 di Google Doodles

Halo juragan… Seperti biasanya Google Doodles selalu merayakan hari-hari besar di beranda pencariannya. Kali ini adalah memperingati hari kelahiran tokoh wanita penemu “Struktur Biomolekuler Tiga Dimensi”, yaitu Dorothy Mary Hodgkin. Google.

Logo google doodle tersebut jika di-klik oleh pengguna akan mengarah ke berita-berita yang terkait dengan tokoh yang sedang diperingati atau mengarah ke acara-acara di dunia yang sedang berlangsung. Dengan demikian pengguna akan menambah wawasan pengguna tentang adanya tokoh-tokoh besar dunia atau perayaan-perayaan bersejarah di dunia.

Dorothy Mary Hodgkin adalah seorang kimiawati berkebangsaan Inggris, dikenal sebagai ilmuwati yang mengembangkan kristalografi protein. Beliau lahir pada tanggal 12 Mei 1910 dan wafat 29 Juli 1994 pada umur 84 tahun. Dengan menggunakan sinar-X, ia mampu menguraikan struktur vitamin B12 dan molekul-molekul kompleks lainnya, termasuk penisilin dan insulin.

Hodgkin mendalami teknik kristalografi sinar-X, metode yang digunakan untuk menentukan struktur tiga dimensi biomolekul. Beberapa penemuannya yang berpengaruh dalam bidang sains adalah penentuan struktur penisilin yang sebelumnya telah diteliti oleh Ernst Boris Chain dan Edward Abraham, dan kemudian penentuan struktur vitamin B12, yang membuatnya dianugerahi penghargaan Nobel Kimia pada tahun 1964.

READ  Selma Lagerlöf, Tokoh Penulis Wanita Asal Swedia

Hodgkin dikenal sebagai penemu struktur biomolekuler tiga dimensi. Pada tahun 1945, bersama C. H. (Harry) Carlisle, ia menerbitkan struktur pertama yang menyerupai steroid, yakni iodida kolesterol. Tahun 1945, ia dan rekan-rekannya berhasil menguraikan struktur penisilin, mengungkapkan bahwa strukturnya mengandung cincin β-lactam, bertentangan dengan teori ilmiah pada masa itu. Akan tetapi, penemuannya ini tidak dipublikasikan hingga tahun 1949. Pada 1954, ia dan rekan-rekannya mulai menerbitkan analisisnya terhadap vitamin B12. [Wikipedia Dorothy Mary Crowfoot]

READ  Sejarah Perayaan Malam Halloween

Jangan lupa baca juga Ulang Tahun Grace Hopper ke-107 di Google Doodle

Share :

Baca Juga

Google Doodles

Audrey Hepburn, Penari Ballet Yang Menjadi Aktivis Kemanusiaan

Google Doodles

André-Jacques Garnerin di Hari Ulang Tahun Terjun Payung Pertama ke-216

Sejarah

Kekuatan Pendekar Warok Ponorogo Luar Biasa

Sejarah

Selma Lagerlöf, Tokoh Penulis Wanita Asal Swedia

Google Doodles

Sejarah Perayaan Malam Halloween

Google Doodles

Rachel Louise Carson Hari Ulang Tahun ke-107 di Google Doodle

Google Doodles

Google Doodle Quote Piagam Olimpiade (Olympic Charter)

Google Doodles

Hari Ibu Internasional Di Google Doodles 11 Mei 2014