Desain Web Terkini Paling Cocok Untuk Publisher Adsense

Halo juragan… Tahukah anda, berapakah jumlah publisher adsense di seluruh dunia saat ini? Jumlah publisher adsense sekarang ini adalah lebih dari 2 juta publisher, menurut catatan resmi google.

Pada tahun 2013 kemarin, google telah membayar lebih dari $ 9 Milliar (USD 9 milliar dolar) kepada semua publisher yang tersebar di planet bumi.

Jika kita hitung dalam bentuk rupiah untuk saat ini (1:12.000), total uang tersebut adalah sebesar 11,8 trilliun rupiah. Dan itu adalah uang semua. Sudah termasuk uang yang anda terima jika anda adalah seorang publisher adsense yang pernah payout di tahun 2013.

Publisher adsense yang telah berbagi kisah suksesnya untuk bulan februari 2014 adalah Gerald Yuvallos dan Marie Janice Rivera Yuvallos, sepasang suami istri asal Filipina dengan websitenya Istorya.net. Kisahnya bisa anda baca di Publisher Adsense Filipina Suami Istri Sukses – Perjuangan 12 Tahun.

Foto by Adsense Nawala

Para publisher sukses kelas atas sekarang mulai menggunakan desain responsive dan mulai mengembangkan situs yang ramah seluler. Karena beberapa tahun kedepan jumlah pengguna ponsel cerdas semakin banyak dan akan melebihi jumlah pengguna desktop.

Desain Responsive dan Iklan Resposnsive

Iklan adsense yang paling cocok saat ini adalah unit iklan resposive. Yaitu iklan yang ukurannya bisa menyesuaikan diri dengan tata letak situs jika dibuka oleh pengguna di semua jenis perangkat, seperti ponsel menengah ke atas, ponsel cerdas, tablet, android, dan apa saja yang saya sendiri tidak tahu namanya.

Tentunya desain web yang paling cocok saat ini adalah desain responsive juga. Yaitu desain web yang bisa menyesuaikan diri jika dibuka oleh pengguna di semua jenis perangkat seperti di atas.

Sebagai contoh:

Anda melihat situs anda dari komputer Windows7 terlihat bagus, namun jika anda lihat di komputer WindowsXP maka situs anda belum tentu terlihat bagus. Karena antara WindowsXP dan Windows7 memiliki tata letak yang berbeda.

Misalnya, bagian sidebar tidak kelihatan di jika dilihat di WindowsXP, padahal jika anda lihat dari Windows7 terlihat normal. Sementara anda memasang iklan di sidebar, maka siapa yang akan melihat iklan anda. Mungkin yang melihat hanya anda sendiri dan pacar anda 😀

Begitu juga jika situs anda dilihat dari berbagai macam ponsel, ada saja sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh pengguna. Itulah yang disebut desain web yang tidak responsive.

* Jadi agar penampilan situs anda bisa terlihat bagus saat dibuka oleh pengguna dari semua jenis perangkat, maka anda harus mengganti template anda dengan template responsive. Contohnya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini tampilan desain responsive.

www.bungfrangki.com

Nah, unit iklan responsive akan bisa menyesuaikan diri dengan tata letak situs maupun tata letak perangkat yang digunakan pengguna saat membuka situs anda. Ingat, saat ini semakin banyak pengguna ponsel cerdas, jadi jangan sampai anda kehilangan 40% uang dikantong anda yang berasal dari pengguna ponsel cerdas.

* Untuk menghindari kehilangan uang di dompet, anda bisa mencari template responsive dengan menelusuri di google. Disana banyak pilihan template responsive yang memungkinkan anda mengganti template responsive sesuai dengan kesukaan anda.

NB: 

Saya sendiri belum mengganti template blog ini dengan desain responsive karena saya belum nemu template yang cocok, yaitu template responsive yang bisa selaras dengan iklan adsense. Karena kebanyakan template responsive saat ini terlihat terlalu tebal sehingga kurang menyatu alias kurang nge-blended dengan iklan adsense. Ingat, ads is a part of content.

Jika template yang kita gunakan tidak bisa selaras dengan iklan, maka akan tampak seperti orang berdasi yang mengenakan sarung. Pokoknya tidak pantas sama sekali jika dilihat orang. Sehingga pada akhirnya situs kita hanya terlihat keren aja tapi tidak pandai mencari uang.

^^ Sekian dulu info yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa baca juga Tips Menjadi Publisher Adsense Sukses Seperti Orang Luar Negeri.

Bagikan:
31 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.