Daun Apel Seringkali Dianggap Sampah Ternyata Bermanfaat Dan Bisa Dijadikan Uang

Halo pembaca setia blog juragan cipir, ketemu lagi dengan saya, tentunya masih dengan tulisan-tulisan saya yang tidak jauh-jauh dari topik kesehatan. Semoga tidak bosan ya. Dan pada artikel kali ini saya mengangkat topik seputar manfaat tanaman apel. Lebih tepatnya daunnya.

Seperti yang telah diketahui semua orang, apel merupakan tanaman dengan hasil buah yang begitu banyak manfaatnya buat kesehatan dan juga sangat bernilai tinggi. Buah ini sebegitu terkenalnya di seluruh dunia, sehingga menjadi salah satu buah yang dijadikan sebagai komoditi ekspor di negara kita.

Baca juga Manfaat Tersembunyi Bawang Putih Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Tahu.

daun-apel

Apel merupakan tanaman yang hanya cocok tumbuh subur di daerah dingin. Salah satu daerah penghasil apel yang sangat terkenal adalah di daerah batu atau daerah malang, jawa timur.

Ok kembali ke topik kita, seperti pada judul artikel ini, yaitu mengenai manfaat daun apel. Ternyata selain buahnya yang begitu besar manfaatnya, daunnya pun juga tidak kalah bermanfaat. Ya walaupun manfaat daun ini tidak sebesar buahnya, setidaknya sangat sayang jika daun apel hanya dijadikan sebagai sampah, yang kemudian dibakar, dan tidak bisa dimanfaatkan. Seperti yang terjadi didaerah malang, yang merupakan daerah terbesar penghasil buah apel.

Lantas, sebenarnya apa sih manfaat daun apel ini sehingga sayang kalau hanya dijadikan sebagai sampah?

Berikut ini ulasan lengkapnya:

Daun apel termasuk dalam jenis daun yang tidak bisa d konsumsi oleh manusia, namun demikian manfaat daun ini secara tidak langsung juga sangat penting, salah satunya adalah sebagai bahan pupuk kompos. Memang sih hampir semua daun bisa untuk dijadikan kompos, tetapi ada kandungan lebih dalam kompos tersebut jika terbuat dari daun apel. Cara terbaik untuk menjadikan daun apel sebagai pupuk kompos adalah dengan cara difregmentasi.

Caranya sangat mudah, pertama-tama kumpulkan daun-daun apel yang berguguran atau yang telah kering, carikan wadah yang besar sebagai tempatnya. Kemudian belilah fregmentator, sejenis mikroorganisme yang biasa digunakan untuk memfrekmentasi.

Obat ini banyak sekali dijual di toko-toko pertanian, dan harganya pun juga sangat murah. Untuk cara memfregmentasi juga sangat mudah, tiap jenis obat fregmentasi, ada cara penggunaanya biasanya terdapat di kemasannya, ikuti petunjuknya, kemudian simpan sampai beberapa hari hingga daun-daun tersebut menjadi kompos.

Setelah menjadi kompos tentunya daun ini bisa lebih bernilai, bahkan sangat mungkin untuk dijual dan dijadikan uang. Karena pupuk kompos merupakan pupuk yang sangat bagus untuk pengolahan tanah dan juga pertumbuhan tanaman. Jangan lupa simak juga Hati-Hati Mengkonsumsi Makanan Ini Karena Bisa Menyebabkan Tulang Anda Keropos.

Bagikan:
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.