Dapatkah Saya Menggantungkan Hidup Dari Blogging?

Halo juragan… Jumpa lagi di blog tempat berkumpulnya para juragan. Judul di atas adalah sebuah pertanyaan seorang wanita blogger luar negeri asal usa berinisial BB (Burgeoning Blogger) yang diposting di situs Lifehacker. Ia bertanya kepada seorang pakar bernama Melanie Pinola, apakah blogging benar-benar bisa menghidupi saya?

Di dunia ini, banyak orang yang penasaran dan bertanya-tanya apakah dirinya bisa mencari uang dari internet seperti kisah-kisah sukses yang pernah mereka baca. Berikut ini kutipan saya dari curhatan orang luar negeri. Simak juga Apakah Ngeblog Bisa Dijadikan Pekerjaan Tetap?

bisnis online, internet marketing, website bisnis, cari uang online

BB bertanya:

Sayang Lifehacker,
aku berpikir tentang memulai blog saya sendiri. Saya tidak berharap untuk membuat saya bau kaya, tapi apa yang kemungkinan saya bisa berhenti dari pekerjaan saya dan mencari nafkah hanya dengan blogging? Saya melihat semua kisah sukses ini, tapi berapa banyak uang yang bisa saya benar-benar membuat?

Pinola menjawab:

Sayang BB,
Jika Anda bergairah tentang subjek dan Anda memiliki keterampilan menulis yang layak, blogging pasti bisa menjadi jalur karir alternatif untuk Anda. Jawaban singkatnya adalah, ya, itu adalah mungkin untuk membuat yang sangat baik hidup-bahkan-dengan menulis online. Di sisi lain, kebenaran yang sulit adalah sebagian dari jutaan blogger saat ini tidak membuat cukup untuk mendukung diri mereka sendiri hanya dengan blog mereka. Mari kita lihat apa yang terlibat.

Selain itu ada beberapa kalimat yang perlu saya quote dari penjelasan Pinola selanjutnya:

Gunakan blogging untuk melindungi diri dari pengangguran
Seberapa memadai kemampuan anda menulis.
Sukses tidak akan datang dengan cepat dan mudah.
Bekerja di blog milik orang lebih mudah mendapatkan uang daripada mengharapkan uang dari blog milik sendiri yang perlu mengalami jatuh bangun alias try and error

Ketahui juga 5 Cara Mencari Uang di Internet Paling Mudah.

Apa komentar pembaca?

– Mungkin hanya satu orang dari 50 ribu blogger yang bisa hidup dari blognya.

– Saya pikir anda bisa hidup dari blogging jika orang yang melihat blog anda bisa lebih banyak daripada orang yang melihat kaos saya.

– Artikel bagus – kami mendengar hal ini sepanjang waktu. Blogging (atau konten web) jelas merupakan suatu proses bola salju. Dibutuhkan banyak waktu dan usaha untuk membangun sedikit bola pertama dan mendapatkan bergulir pada itu sendiri. Namun, jika Anda terus melakukannya Anda dapat membuat raksasa besar yang hampir berjalan sendiri! Apakah ada yang memiliki rasa untuk berapa lama waktu yang dibutuhkan orang untuk membangun diri mempertahankan blog?

– Gairah dan kesabaran, dua hal ini dapat menghasilkan uang dalam blogging. Ini adalah observasi dan tidak pribadi pengalaman saya juga.

Apa pendapat saya?

Pertanyaan di atas pernah tersimpan di benak hati saya 5 tahun yang lalu, apakah blog bisa memberi saya penghasilan rutin dan cukup.

Bahkan terakhir kali seorang keponakan saya bertanya, “mbak, apakah adsense bisa menghasilkan 3 juta perbulan? Jika bisa saya akan menekuni adsense”. Lalu apa jawaban saya, “kenapa tidak, jika kamu bisa membuat konten yang banyak maka bisa saja kamu mendapatkan bahkan lebih dari 3 juta, tergantung seberapa cepat kamu menulis di blog atau seberapa banyak kamu membuat video di youtube”.

Ternyata bukan hanya saya saja yang pernah memiliki pertanyaan-pertanyaan seperti itu, tapi diluar sana ternyata juga banyak orang-orang yang bertanya-tanya dan penasaran tentang nafkah dari blogging, dan mayoritas mereka diliputi keraguan.

Hal itu wajar, karena blogging bukanlah pekerjaan nyata, tetapi pekerjaan maya. Semua pekerjaan blogging dilakukan di dunia maya, sementara di dunia nyata mereka hanya terlihat duduk di depan komputer dan tidak tampak seperti orang bekerja pada umumnya.

Hanya orang yang telah sukses yang tahu jawaban pasti, apakah blogging bisa menghidupi keluarga atau tidak. Sebaiknya pahami juga Rahasia Sukses Publisher Adsense Dari Awal Hingga Akhir.

Sedangkan menurut saya sendiri, blogging yang bisa menghidupi anda adalah blogging yang sesuai dengan hobby dan bakat kita. Jika anda punya hobby ngeblog dan punya bakat menulis, saya yakin hanya menggunakan adsense saja anda bisa menghidupi keluarga, asalkan anda telah mengantongi pengalaman gagal dan coba lagi selama setidaknya 2 tahun yang akhirnya memaksa anda untuk terus menulis dan memaksa anda untuk bersabar dalam menghadapi pengalaman pahit di internet.

Dan satu lagi, kesuksesan hakiki di dunia blogging itu tidak ada. Semakin besar blog semakin besar pula tantangan dan cobaan yang harus dihadapi. Sukses di blogging hanyalah ketika blog anda mengalami perubahan lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

Tapi ada satu kenikmatan yang tidak bisa dipungkiri, yaitu: Anda bisa mengais dollar setiap bulan hanya dari dalam rumah tanpa kehujanan dan kepanasan, karena semua itu telah ditebus dengan pedihnya mata selama menatap komputer siang dan malam.

Sebagai penutup, sukses itu hanyalah fatamorgana. Ketika anda tiba di suatu kesuksesan, anda akan melihat kesuksesan lain yang menantang di depan anda sehingga anda akan merasakan tidak pernah mencapai sukses. Hanya rasa bersyukur yang bisa memberikan kita mencapai sukses.

^^ Salam sukses! Jangan lupa simak juga Tips Membangun Website Adsense Sukses Terbaru.

Bagikan:
40 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.