Dampak Buruk Mencekal Iklan di Akun Adsense Dan Solusinya

Halo juragan… Sudah pasti, mencekal iklan akan menurunkan nilai persaingan lelang iklan di blog kita. Karenanya, kita jangan suka sedikit-sedikit cekal, karena itu sama dengan mencekal rejeki diri kita sendiri.

Sebab, persaingan iklan yang ingin tampil di blog kita menjadi menurun sehingga nilai CPC yang kita (publisher) dapat menjadi rendah. Pendek kata, kesalahan dalam mencekal iklan bisa mengakibatkan hilangnya pendapatan.

Namun, mencekal iklan terkadang juga perlu, asalkan jangan terlalu banyak iklan yang dicekal. Cukup 1 atau 2 iklan saja (URL pengiklan) yang menurut kita memang perlu dicekal.

Beberapa alasan pencekalan:

1. Iklan Sensistif. Misalnya: iklan yang tidak sesuai dengan lingkungan masyarakat setempat dan sejenisnya. Ini dampaknya terhadap masyarakat dan masalah sosial lainnya.

2. Iklan rendah CTR/RKT. Misalnya: iklan yang membosankan. Iklan seperti ini tidak akan di-klik oleh pengguna, kecuali hanya sesekali saja. Akhirnya iklan lain yang ber-CPC tinggi tidak bisa tampil karena kalah dalam “angka mutu” dengan iklan yang membosankan ini. Ini dampaknya menurunkan jumlah klik iklan setiap harinya alias RKT/CTR.

3. Iklan rendah CPC/BPK. Misalnya: iklan yang berisi iklan. Sebagai contoh, iklan yang bila di-klik pengguna ternyata menampilkan situs yang hanya berisi iklan saja, tidak ada produk apapun yang dijual disitu. Ini dampaknya menurunkan harga per-klik alias CPC/BPK.

( i ) Dari ketika contoh di atas, saya telah mencekal 2 URL pengiklan yang masuk kategori nomor 2 dan 3. Namun sebelum mencekal, saya telah melakukan percobaan demi percobaan agar jangan sampai berdampak buruk terhadap pendapatan di kemudian hari.

Hasilnya? Alhamdulillah, kini tidak ada lagi klik yang CPC-nya terlalu rendah, dan RKT juga mulai merangkak naik dan tidak di bawah standar seperti sebelumnya.

( ! ) Namun bagaimanapun juga, publisher tidak boleh melanggar privasi pengiklan dengan menyebutkan URL-URL yang membayar rendah kepada siapapun. Lagian, tidak ada seorangpun yang tahu berapa pengiklan tersebut membayar setiap klik iklan miliknya. Semua hanya berdasarkan analisa kita sendiri.

Teman-teman bisa membuat eksperimen sendiri sesuai dengan kondisi masing-masing blog di pusat peninjauan iklan.

^^ Semoga bermanfaat bagi teman-teman dan selamat bereksperimen. Jangan lupa baca juga Cara Mendatangkan Uang Adsense Jurus Three in One (Newbie Tricks).

Bagikan:
27 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.