Ciri-ciri Seorang Blogger Pemula Alias Newbie

Halo juragan… Semua blogger berawal dari newbie. Bahkan banyak yang sudah master namun tetap merasa newbie. Karena manusia memiliki sifat seperti padi, semakin berisi akan semakin merunduk atau merendah.

Berikut ini sifat-sifat blogger newbie yang pernah saya alami ketika pertama kali saya bisa membuat blog. Meskipun sampai sekarang saya masih tetap newbie, namun saya masih ingat kekurangan-kekurangan sebelumnya yang pernah saya alami.

Gambar ilustrasi:Β www.ticken.nl

1. Suka pamer blog
Semua orang di facebook saya pameri blog saya padahal blog saya jadul banget, tapi saya melihat blog saya paling keren. Saya memamerkan ke teman-teman facebook agar semuanya tahu kalau saya punya website, karena tidak semua orang bisa bikin website.

2. Suka pamer tulisan
Cuplikan artikel keren sering saya pamerkan di facebook agar saya terlihat gaul. Padahal artikel itu dapat dari copas. Saya mengira orang yang artikelnya saya copas itu gak ngerti, tapi orangnya tertawa dalam hati kira-kira.

3. Suka edit artikel
Artikel yang sudah saya publish sering saya utak-atik lagi, bahkan 1 artikel bisa saya edit lagi sampai 50 kali. Ada kesalahan satu huruf saja saya perbaiki agar orang yang baca terpesona melihat tulisan saya. Padahal gak ada orang lain yang mau baca kecuali hanya saya sendiri.

4. Merasa pintar
Saya tidak mau menerima saran teman-teman facebook maupun teman-teman blogger lain karena saya merasa pintar. Padahal saya sadar bahwa saya gak ngerti apa yang mereka dibicarakan. Ketika saya gak bisa memahami pembicaraan teman maka saya langsung menutup facebook dan berpura-pura koneksi internet saya ngadat.

5. Ingin artikelnya dicopas
Saya ingin sekali artikel tulisan asli saya dicopas orang, tapi ternyata tidak ada orang yang mau copas karena tulisan saya gak laku di internet. Saya pernah menawarkan artikel saya agar dicopas oleh terselubung blogspot itu dengan cara mempastekan blog saya ke facebooknya terselubung. Tapi adminnya terselubung tidak mau copas artikel saya karena tidak masuk kriteria artikel yang layak dicopas.

*Akhirnya pada tahun 2010 saya bergabung di wikipedia agar bisa menguasai teknik pedoman cara menulis artikel yang berkualitas dan profesional. Kini saya menjadi penulis terverifikasi di wikipedia yang bisa menyunting dan mempublikasikan secara langsung artikel yang semi dilindungi.

Saya sering malu sendiri jika teringat masa lalu saya yang sangat konyol sekitar awal tahun 2009, tapi setelah itu saya tertawa ngakak sendiri.

Itu saja ciri-ciri seorang blogger newbie yang saya benar-benar tahu. Semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca agar bisa menambah wawasan kita semua, amin.

Bagikan:
56 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.