Cerita Paling Menyeramkan di Asia Tenggara

Halloween identik dengan kostum-kostum hantu dan karakter-karakter seram. Tidak sedikit juga orang-orang Indonesia merayakan hari Halloween ini. Namun Halloween juda tidak lepas dari cerita-cerita menyeramkan. Untuk meramaikan perayaan Halloween berikut ini ada cerita menyeramkan dari negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

hantu-wanita

1. MALAYSIA – Wanita Mengapung di First World Hotel, Genting

Sebuah resort terkenal di Malaysia bernama Hotel First World merupakan resort yang paling menyeramkan. Tempat ini terkenal dengan kasinonya, sehingga tidak terkejut jika banyak terjadi kasus-kasus pembunuhan yang berhubungan dengan judi. Banyak laporan-laporan mengenai suara menyeramkan yang terjadi pada tengah malam, bahkan banyak yang mencium bau-bau aneh, yang menjadi tanda datangnya hantu.

Salah satu laporan datang dari Haslimah mengatakan bahwa ia pernah melihat sosok wanita. Bertahun-tahun yang lalu (ketika taman rekreasi masih beroperasi), ia pergi bersama keluarganya ke Genting untuk berlibur. Ia memesan hotel untuk 7 orang di Hotel First World, Genting. Di hari pertama ia dan keluarga bermain seharian di taman rekreasi. Setelah itu mereka makan malam dan beristirahat di hotel.

Haslimah dan pembantunya yang bernama Nana, bermain dengan anaknya yang berumur 3 tahun di kamar setelah memandikan  si anak.  Tiba-tiba anaknya menjadi kegirangan dan melambaikan tangan ke arah jendela. Haslimah penasaran dan melihat ke jendela. Dia sangat kaget karena melihat ada wanita yang melihat mereka melalui jendela, karena ia berada di lantai 17. Haslimah melihat wanita tersebut melayang di udara. Ia menjelaskan bahwa wanita tersebut berambut hitam, panjang, sangat pucat dan menggunakan baju berwarna putih.

Hampir semua keluarga Haslimah menyaksikan pengalaman horor tersebut. Nana, melambaikan tangan ke udara sambil memegang botol susu karena suami Halimah terkejut dan tidak bergerak. Setelah suami Halimah, ia menarik anak dan istrinya agar menjauh dari jendela. Paman Haslimah mulai berdoa sambil memegang istrinya hingga membuat hantu wanita tersebut akhirnya perlahan-lahan pergi.

Haslimah dan keluarganya sangat terkejut dengan kejadian tersebut dan memutuskan untuk menyalakan lampu serta tidur berdekatan sepanjang malam. Mereka akhirnya keluar dari hotel pada pagi hari dan tidak akan pernah kembali lagi ke hotel tersebut.

2. THAILAND – Mae Nak Phra Khanong

Salah satu cerita horor yang turun menurun diceritakan di Thailand adalah Mae Nak Phra Khanong. Cerita ini tidak hanya membuat masyarakat lokal takut, namun juga para turis yang datang ke Thailand.

Cerita ini dimulai dengan wanita muda yang cantik bernama Nak bersama suaminya yang bernama Mak tinggal di tepi kanal bernama Phra Khanong.

Mak dikirim ke medan perang ketika Nak sedang hamil. Nak mengalami kesulitan ketika ingin melahirkan anaknya, akhirnya Nak dan juga anaknya meninggal. Namun ketika Mak pulang dari perang, ia disapa oleh istri dan juga anaknya seperti tidak ada apa-apa yang terjadi. Ia tetap bisa melihat Nak dan juga anaknya. Ia tidak percaya dengan apa yang tetangganya katakan. Para tetangga berusaha untuk mengigatkan Mak bahwa istri dan anaknya sudah meninggal, jika ia bisa melihat mereka, maka ia tinggal bersama hantu. Mak tidak percaya dengan semua yang dikatakan oleh tetangganya. Tidak lama setelah itu, tetangga yang mengigatkan Mak meninggal secara tiba-tiba.

Semua orang di desanya yang mengetahui cerita mengenai keluarga hantuk Mak sangat ketakutan. Walaupun Nak sudah meninggal, hantunya akan tetap menunggu suaminya untuk kembali. Banyak orang yang bisa mendengar teriakan “Maaaakkkkk” ketika melewati rumah tersebut.

Suatu hari Nak sedang menyiapkan makanan khas Thailand untuk Mak, ia menjatuhkan sebuah lemon ke balkon. Lemon tersebut jatuh ke tempat yang cukup jauh, yang tidak dapat diraih oleh tangan orang normal, namun Nak dapat memanjangkan tangannya dari lantai dua ke lantai satu untuk mengambil buah lemon yang terjatuh itu. Mak melihat apa yang terjadi dan baru menyadari bahwa istrinya memang sudah tidak ada, namun ia tidak tau apa yang harus ia perbuat. Ketakutan, ia menunggu sampai larut malam dan pergi kabur.

Nak sangat marah karena Mak meninggalkan ia dan juga bayinya. Nak meneror semua orang di desa tersebut, sampai akhirnya masyarakat memanggil biarawan untuk menenangkan Nak. Biarawan tersebut meletakan Nak di sebuah botol di kanal. Sayangnya ada seorang anak yang melihat botol tersebut mengapung dan membukanya, ia tidak sengaja melepaskan Nak kembali ke desa.

Setelah itu Nak selalu menunggu di kanal Phra Khanong dengan bayinya. Masyarakat kemudian membuat patung Nak di kanal tersebut. Orang-orang yang mengunjungi tempat itu sering mendengar ada teriakan “Makkkkkk”.

3. SINGAPORE – Hantu Anak Kecil di Bus Umum

Seorang pembaca setia Shin Min membagikan pengalamannya melihat hantu ketika naik bus umum. Menurut Chinese Daily, pembaca bernama Mr. Chen Lai Fu mengatakan bahwa ia dapat melihat hantu semenjak ia berumur 6 tahun. Ketika ia naik bus pada minggu malam, ia terkejut karena menemukan anak laki-laki bermain di bus.

Anak kecil tersebut yang berumur kurang lebih 9 tahun bermain dan berbicara padanya, namun tidak ada satu orang pun yang sadar di bus tersebut. Anak tersebut pergi keliling bus, berbicara dengan sang supir, namun supir tersebut tidak menghiraukan.

Pada satu kesempatan anak tersebut kebali ke bagian belakang bus tempat ia duduk dan mulai menghitung jumlah penumpang di bus tersebut. Mr Chen mengatakan bahwa anak tersebut bertanya kepada supir bus tersebut “Apakah ada kecelakaan?”, namun supir bus tidak merespon dan terlihat tidak menyadari kehadiran anak itu. Sang anak kembali ke belakang kursi, mulai menghitung lagi dan berkata “Wah, orangnya banyak sekali!”

Anak kecil itu tertarik kepada Mr Chen karena bisa melihat dia. Si anak menggunakan jaket abu-abu dan celana kuning. Setelah mengetahuin Mr Chen dapat melihatnya, anak itu terlihat ketakukan. Namun setelah itu ia kembali bermain bersama Mr Chen. “Ia memberikan jaketnya ke saya, namun tidak saya hiraukan.”

Momen tersebut menyeramkan namun Mr Chen tidak menghiraukan anak itu sepanjang perjalanan. Walaupun begitu anak itu tidak berhenti bermain. Selama perjalanan, Mr Chen menyadari ada dua penumpang laki-laki satu Chinese dan India melihat anak itu, namun mereka tidak melakukan apa-apa. “Sampai saya turun dari bus, tidak ada yang bereaksi untuk menghentikan anak itu. Saya tidak bisa memastikan bahwa ada orang lain yang bisa melihat anak itu”.

Beberapa hantu berjalan sangat berdekatan dengan kita, namun yang lain bisa berkeliarang seperti biasa. Saya pernah melihat 9 luka di muka hantu, itu merupakan penampakan terdekta dan terjelas yang pernah saya lihat” sebut Mr Chen. Apa yang meyakinkan Mr Chen bahwa ia bisa melihat hantu adalah, teman-temannya tidak dapat melihat apa yang ia lihat.

4. PHILIPPINES – Maria Laob, Misteri dibalik Sebuah Nama

Selama bertahun-tahun Maria Labo mejadi sebuah nama yang paling ditakutkan anak-anak di Philippines. Dari sebuah cerita untuk menakut-nakuti anak-anak, Maria Labo menjadi legenda yang menjikan sebuah cerita nyata dibalik namanya. Dibandingkan dengan cerita horor lainnya seperti wanita gaun putih, Maria Labo terbilang baru. Awalnya tersebar di sebuah sekolah dasar pada tahun 2000an, mungkin akhi 90an. Anak-anak SD pada zaman tersebut sangat ketakukan untuk keluar jika hari sudah gelap. Bahkan ada selembaran dan juga poster mengenai Maria Labo lengkap dengan gambar.

Siapa Maria Labo?

Anak-anak yang lahir pada tahun 90an dan 2000 tahu cerita sedih Maria Labo dan bagaimana ia mendapatkan luka besar dimukanya dari jidat sampai dagu. Carita ini dimulai dari seorang wanita bernama Maria yang sudah menikah dan memiliki 2 orang anak. Untuk menafkahi keluarganya Maria bekerja sebagai pengasuh di Canada. Dari sini ceritanya mulai kabur. Ada yang mengatakan bahwa ia mendapatkan kekuatan “hantu” atau “Gaib” nya ketika mengasuh orang tua di Philippines, orang lain mengatakan bahwa ia mewarisi dari seseorang. Bagaimanapun ceritanya akhirnya Maria pulang, kecewa dan dalam kondisi miskin.

Tanpa sepeser uang, ia kembali ke rumahnya di Capiz untuk menjaga 2 anak dan suaminya. Pada saat ini Maria puas dengan apa yang ia miliki namun ia merasa ada hal yang aneh. Ia sering mengalami bermimpi buruk, tidur menjadi hal yang berharga bagi Maria. Karena lelah, ia sering pingsan mendadak. Suaminya khawatir dengan kondisi mental Maria. Namun pada saat suaminya ingin mengirim Maria kes sebuah tempat, Maria kembali normal. Sebuah pertanda baik bagi keluarga. Namun, sesuatu akan segera terjadi.

Suatu malam, sang suami pulang ke rumah dan melihat Maria sedang masak seperti biasa. Ia memanggil anak-anak mereka, namun tidak ada jawaban. Ia bertanya ke Maria dimana anak-anak mereka, Ia berbalik dengan tatapan mengancam, dan menunjuk ke arah kompor. Disana sang suami menemukan dua anak mereka dengan kondisi menyeramkan, berdarah tak berbentuk, beberapa bagian badan berada di kulkas. Dalam keadaan panik, sang suami menyerang Maria dengan “Labo” dan menyebabkan ia terluka parah di bagian wajah. Ia kemudian pergi ke bagian selatan Visayans dan Mindanao, dimana cerita horornya terdengar di perkemahan dan juga sekolah SD bertahun-tahun.

Mitos

Dipercayai bahwa Maria Labo merupakan cerita horor hantu (aswang) klasik yang dikenal di Philippines. Walaupu setia region memiliki versi masing-masing, semua memeiliki hal yang sama yaitu hantu yang menginginkan daging manusia. Walaupun sudah terjadi globalisasi, aswang masih merupakan hal paling menyeramkan yang bisa kamu temui, terutama di provinsi yang masih mempercayai hal-hal tersebut.

Apa yang membuat hantu (aswang) sangat menyeramkan adalah kemampuan spiritualnya. Mereka bisa berubah menjadi binatang seperti babi, burung dan anjing, berkeliaran dari satu tempat ke tempat lain mencari mangsa. Aswang biasanya diam namun ada juga yang bersuara seperti “tik tik” atau “wak wak”. Mereka juga bisa berwujud manusia, beberapa percaya mereka adalah manusia yang dikutuk. Jadi bagaimana seseorang bisa menjadi aswang?

Kepercayaan ini turun menurun menyebutkan bahwa ada upacara yang menurunkan sebuah benda hital dari aswang yang sebelumnya ke aswang ke yang lain. Jika seseorang di sebuah keluarga menolak untuk menjadi aswang, ia akan dibunuh. Cara lain untuk menjadi aswang adalah menggosokan sebuah ramuan tertentu ke kulit.

Walaupun masih belum jelas bagaimana Maria Labo menjadi seorang aswang, namun ia menunjukan kekuatan yang sama seperti aswang. Tidak hanya menginginkan daging manusia, Maria juga bisa berubah wujude menjadi binatang dan juga wantia tua dan muda. Ada juga nomor telefon yang tersebar yang disebutkan merupakan nomor Maria. Jika kita menelefon nomor tersebut maka kita akan mendengar suara-suara menyeramkan.

Walaupun banyak yang percaya dengan ceritanya, banyak juga yang tidak skeptis. Ada yang mengatakan bahwa Maria Labo adalah eksperimen sosial untuk mengetes seberapa cepat informasi tersebar. Maria Labo dibayang-bayangi dengan cerita paranormal, ia menjadi alasan kenapa kami tidak tidur dengan kaki keluar kasur.

5. INDONESIA – POCONG BERKELIARAN!

Pernahkah kamu menonton film The Conjuring 2, film horor yang terkenal dengan hantu wanita jahat bernama Valak? Beberapa orang mengaku ketakutan, bahkan banyak yang terbawa mimpi hingga tidak bisa tidur berhari-hari. Sosok Valak memang menyeramkan, tetapi hantu dari Indonesia satu ini tidak kalah menyeramkan hingga membuat siapa saja yang melihatnya akan terkencing-kencing, lari terbirit-birit atau bahkan pingsan di tempat. Tahukah Anda apa nama hantu Indonesia tersebut?

Orang Indonesia Memanggilnya Pocong

Jika hantu kuntilanak dicirikan dengan penampakan perempuan dengan gaun putih dan rambut panjang, pocong digambarkan sebagai sosok hantu berbungkus kain putih atau yang disebut kain kafan. Di Indonesia, Islam merupakan agama mayoritas yang dianut oleh masyarakat. Dalam Islam, seseorang yang sudah meninggal akan dibungkus dengan kain kafan berwarna putih untuk selanjutnya dikubur dalam tanah. Sebelum jenazah ditimbun dengan tanah, tali untuk mengikat kain kafan tersebut haruslah dibuka terlebih dahulu. Dari situ lah mitos dan legenda mengenai pocong muncul.

Kabarnya, hantu pocong wujud karena orang yang menguburkan jenazah tersebut lupa membuka tali pocongnya. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa pocong bergentayangan karena dendamnya di dunia yang belum tuntas. Beberapa orang yang pernah melihat secara sengaja maupun tidak sengaja, berkata bahwa pocong dibungkus dengan kain kafan yang sudah kotor karena telah tertimbun tanah. Pocong juga memiliki wajah yang kehitaman dan agak gosong. Selain itu, pocong tidak selalu bergerak dengan cara melompat seperti yang dilihat di film-film horror Indonesia, pocong dapat melayang dan juga terbang layaknya kuntilanak.

Merasakan Tanda-Tanda ini??? Hati-Hati

Salah satu kisah pocong yang terkenal berasal dari bumi sunda yaitu Bandung, dimana terdapat mahasiswa sebuah universitas di Bandung sedang menunggu angkot jurusan Cisitu-Tegalega. Setelah menunggu beberapa saat akhirnya angkot yang ditunggu datang juga. Meskipun merasa curiga karena di dalam angkot tersebut semua orang menunduk dan diam, dia tetap menaiki angkot hingga ke tempat tujuannya. Mahasiswa tersebut akhirnya sampai ke tempat tujuan, ia merasa lega karena telah sampai di tempat yang ia tuju. Hingga akhirnya seorang warga yang kebetulan melintas berkata bahwa ia tidak menaiki angkot melainkan digendong oleh pocong.

Saat pocong berada di sekitar kita, kamu akan merasakan beberapa hal seperti munculnya perasaan aneh dan bulu kuduk yang tiba-tiba meremang. Terdengar bunyi tangisan atau tertawa cekikikan pada tengah malam dengan ritme bunyi yang ganjil. Hewan peliharaan di rumah menjadi gelisah, anjing terus-terusan menggonggong, ayam akan berkokok meskipun matahari masih belum terlihat dan diikuti bau busuk yang menyengat hidung. Saat kamu merasakan hal-hal ini sebaiknya segera berdoa dan teruskan tidurmu karena bisa jadi pocong sedang berdiri di pojok kamar kamu.

Tempat yang Dipercayai Sebagai Hunian Pocong

Beberapa tempat yang dipercayai sebagai tempat pocong menampakkan diri adalah rumah sakit, yaitu pada lorong-lorong dan koridor yang sepi dan tidak berpenghuni. Kuburan-kuburan tua, bangunan sekolah yang telah wujud sejak zaman penjajahan, juga di antara pohon pisang. Tetapi semua itu hanyalah sebuah kemungkinan. Bisa saja kamu lewat kuburan tengah malam dan beruntung karena pocong tidak menampakkan dirinya. Namun tidak menutup kemungkinan saat kamu tertidur memeluk guling, guling tersebut ternyata adalah pocong.

6. VIETNAM – Cerita Hantu Ma Lai

Ma Lai  merupakan karakter hantu terkenal di Vietnam khususnya di sebuah desa kecil di dataran tinggi.

Ma lai berwujud gadis cantik dan berasal dari barat laut Vietnam dimana Vietnam dan Laos bertemu. Ma Lai memiliki 3 titik merah di leher dan berbau amis. Pada tengah malam Ma Lai akan memutar kepalanya dan memisahkannya dari badan. Ia akan mencari manusia atau binatang untuk dimakan. Kepala Ma Lai harus kembali ke badannya sebelum jam 4 pagi jika tidak ingin hancur karena matahari.

Dahulu kala ada tukang kayu tinggal sendiri jauh ditengah hutan. Suatu hari ia pergi mencari kayu bakar dan melihat ada seorang wanita cantik menangis. Ia mendatangi wanita itu dan bertanya mengapa ia menangis, wanita itu menjawab keluarganya meninggal karena kelaparan dan sekarang ia hidup sendirian. Tukang kayu mengajak perempuan itu dan kemudian jatuh cinta dan menjadikannya istri. Mereka hidup bahagia bersama selama 4 tahun. Namun tukang kayu tersebut heran mengapa istrinya selalu menggunakan syal di leher.

Ia tidak tahu bahwa ia sedang akan mengalami seuatu kejadian menyeramkan. Suatu hari seorang lelaki kelaparan datang ke rumah dan meminta nasi. Tukang kayu yang baik ini memberikan makan. Setelah makan, orang kelaparan tadi berkata “Karena kamu sangat baik, saya akan membalas kebaikan kamu dengan kebenaran. Kamu mungkin penasaran mengapa istri kamu selalu menggunakan syal. Itu karena dia adalah hantu Ma Lai!”. Orang itu bercerita bahwa syal digunakan untuk menutupi tiga titik merah yang menandakan bahwa istrinya adalah Ma Lai. Ia terus bercerita bahwa setiap tengah malam istrinya akan memisahkan kepala dengan badan dan mencari mangsa. Tukang Kayu tidak percaya dengan apa yang dikatakan lelaki itu, kemudia ia menyuruh lelaki tersebut pergi. Sebelum pergi lelaki itu berkata “Kamu tidak percaya?, coba kamu ikuti apa yang istrimu lakukan pada tengah malam. Jika saya mengarang, kamu bisa datang ke kuil di belakang desa kita dan potong kepala saya”

Percaya bahwa lelaki ini hanya mengada-ada ia ingin membuktikannya. Setiap malam ia pura-pura tidur dan menunggu tengah malam. Setelah tengah malam, ia mendengar ada suara dari kasur istrinya. Perlahan-lahan ia melihat bahwa istrinya meninggalkan kamar. Ia bangkit dari kasur dan membuka pintu. Apa yang ia lihat membuat ia sangat merinding. Kepala istrinya perlahan berputar kemudian terlepas dari badannya, setelah itu terbang keluar jendela. Itu merupakan hal paling menyeramkan yang pernah ia lihat. Ia sangat kaget sampai tidak tau apa yang harus ia perbuat. Ia kembali ke kamar dan memikirkan solusi. Satu jam kemudian ia mendengar suara dari luar ruangan. Ia berpura-pura tidur. Istrinya kembali namun dengan bau yang sangat amis. Ia ingin muntah, tapi tidak ingin membuat istrinya tau, sehingga ia memaksa diri untuk tidur.

Ketika matahari terbit, ia pergi ke belakang kuil dengan panik. Tukang kayu ini menceritakan semua yang ia lihat. Orang yang tidak punya rumah itu berkata “Ada satu hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat Ma Lai ini pergi untuk selama-lamanya. Malam ini, ketika kepalanya berpisah dengan badan, putar badannya. Dengan begini kepala Ma Nai tidak dapat kembali, dan ketika matahari terbit, ia akan terbakar. Ingat, apapun yang terjadi jangan membalikkan badannya lagi.

Malam besoknya ia melakukan usulan dari orang tersebut. Ketika kepala istrinya kembali, semua rumah terkunci dan ia melihat badannya terbalik. Dia menangis dan memohon kepada sang suami untuk diperbolehkan masuk. Namun, tukang kayu tersebut tidak menghiraukan dan memaksa dirinya untuk tidur. Keesokan harinya ia melihat ada debu. Tidak merasa takut, tukang kayu itu menyesal, karena ia merasa menyayangi istrinya. 4 tahun bersama membuat ia merasa nyaman berada di dekat istrinya. Ia kemudian mengumpulkan debu tersebut, memasukkan itu ke dalam botol dan mengubur dirinya sendiri.

Nah, itu dia cerita-cerita horor yang paling meyeramkan di Asia Tenggara. Happy Halloween!!!

Bagikan:
22 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.