Cerita Hantu Tu-po Membalas Dendam ke Kaisar China Kuno

Seorang filsuf cina bernama Mo Tzu yang hidup pada tahun 470-391 SM menuliskan dalam bukunya tentang hantu Tu-po dalam cerita rakyat cina kuno.

Tu-po adalah hantu yang berasal dari arwah seorang pejabat menteri pada masa kekaisaran Hsuan tahun 827-783 sebelum masehi. Tu-po dikabarkan menjadi hantu yang menyimpan dendam dalam pikirannya.

Dikisahkan bahwa pada masa hidupnya ketika menjabat sebagai menteri, Tu-po memiliki perselisihan dengan kaisar Hsuan dan lantas kaisar Hsuan menghabisi nyawa Tu-po. Ketika ajal menjemput, Tu-po sempat mengancam bahwa ia akan kembali untuk membalas dendam dan akan menghantui kaisar Hsuan sepanjang hidupnya.

Legenda mengatakan bahwa ancaman Tu-po ternyata benar, hantu Tu-po ternyata sering muncul dan terus membayang-bayangi kaisar setiap hari. Bahkan, hantu Tu-po yang penasaran tersebut tidak hanya sekedar menghantui kaisar, melainkan lebih dari itu.

Pada tahun 783 SM atau tiga tahun setelah kematian Tu-po, kaisar Hsuan tewas di depan mejelis feodal dengan anak panah menancap di dada yang dilepas oleh penampakan sosok makhluk halus yang menyerupai Tu-po.

^^ Jangan lupa baca juga Cerita Hantu Mumi Mesir Kuno Yang Mengeluh.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.