Cerita Hantu Pembawa Obor Berubah Menjadi Jamur Bromo

Kisah mistis cerita hantu ini terjadi sejak puluhan silam ketika itu di daerah Malang Selatan masih dikelilingi hutan belantara yang lebat. Pada waktu itu masih banyak hantu bergentayangan dimana-mana yang sering memergoki para sopir pada malam hari yang kerja lembur pada saat pembangunan waduk sutami.

rumpun-bambu

Pada tengah malam jumat yang gelap gulita, seorang satpam penjaga waduk sutami sedang pulang dari berkunjung ke rumah saudaranya di dusun tetangga. Perjalanan seorang diri ini melintasi sebuah jurang yang di samping kiri kanannya terdapat genangan air waduk sutami karangkates.

Ketika ia mulai menuruni jalan bebatuan yang merupakan jurang, ia melihat ada seseorang sedang membawa obor berjalan di depannya. Lantas si satpam ini berteriak kepada si pembawa obor agar menungguinya untuk bisa menyusuri jalanan berupa jurang bebatuan yang gelap gulita.

Namun orang yang membawa obor tersebut tidak menghiraukannya, bahkan ia semakin mempercepat jalannya. Kontak saja satpam ini mempercepat jalannya agar ia bisa mendekati pembawa obor dan berjalan bersama. Tetapi pembawa obor misterius tersebut berjalan cukup cepat sehingga si satpam harus berlari agar bisa berjalan bersama.

Tapi setelah dekat ternyata  pembawa obor tersebut berbelok arah ke kanan, dimana disitu terdapat rumpun bambu duri yang tinggi besar dan lebat. Lantas si satpam terhenti sejenak dan ia keheranan melihat orang tersebut bergerak memasuki rumpun bambu yang banyak durinya.

Beberapa jurus kemudian obor yang dibawanya tersebut semakin meredup dan akhirnya hanya tampak seperti hewan kunang-kunang yang berada di bawah rumpun bambu duri. Hanya ada sedikit cahaya kerlap-kerlip seperti kunang-kunang, sementara itu suasana di sekitarnya pada saat tengah malam itu sangat gelap gulita karena belum ada lampu penerangan listrik seperti sekarang ini.

Kemudian si satpam mencoba mendekati kunang-kunang untuk melihat kemana si pembawa obor tersebut dan sekaligus untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Setelah berada di bawah rumpun bambu, ternyata cahaya kerlap-kerlip tersebut adalah seekor hewan kunang-kunang yang hinggap di atas seonggok tumbuhan jamur bromo.

Jamur bromo adalah serumpun tumbuhan jamur yang besar dan jumlahnya banyak, lalu di sekelilingnya biasanya juga ditemukan jamur anakan yang tidak jauh dari induknya. Jamur bromo sendiri wujudnya mirip seperti jamur barat atau tumbuhan jamur yang biasanya muncul dengan sendirinya di atas tanah pada musim-musim tertentu dan bisa dimasak untuk dimakan.

jamur-bromoFoto: ilustrasi

Akhirnya satpam tersebut mengambil sebagian jamur tersebut dan dimasukkan ke dalam ransel lalu dibawa pulang, dan di sekitarnya masih banyak jamur-jamur lainnya yang ia tinggalkan begitu saja di bawah rumpun bambu karena saking banyaknya.

Kemudian sesampai di rumah ia bercerita kepada istrinya tentang kisahnya menemukan jamur bromo sebanyak ini pada tengah malam jum’at di bawah rumpun bambu duri yang lebat.

Ternyata hantu api yang membawa obor tersebut bermaksud memberikan hadiah kepada si satpam yang telah bertahun-tahun menjaga keamanan di sekitar wilayah tersebut ketika sedang berlangsungnya pembangunan waduk ir. sutami di karangkates, jawa timur. Seru ya.. 😀

Jangan lupa simak juga Cerita Hantu Sungai Mencegat Nelayan Penangkap Ikan.

Bagikan:
12 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.