Cendrawasih, Burung Dari Surga Yang Mempesona

Bird of Paradise (Paradisaeidae). Cendrawasih adalah burung terindah dan tercantik di dunia. Diva dari dunia burung, kawanan burung berbulu mempesona dari surga, spesies dengan ekor seperti ini pita dengan ritual acara perkawinan yang unik.

Ada lebih dari tiga lusin spesies di keluarga Paradisaeidae, mereka lebih dikenal sebagai burung dari surga karena keindahannya. Sebagian besar mereka dibedakan oleh warna-warna mencolok dengan bulu kuning, biru, merah, dan hijau yang cerah. Warna-warna tersebut membedakan mereka dari burung jenis lain dan menjadikannya sebagai burung-burung di dunia yang paling dramatis dan menarik. Para jantan sering pamer bulu ekornya yang bisa memanjang luar biasa serta mekar, yang dikenal sebagai ekor kabel atau pita.

Beberapa spesies memiliki bulu kepala besar atau ornamen khas lainnya, seperti perisai payudara atau mahkota kepala.

Cendrawasih adalah hewan dari jenis burung, jenis makanan bervariasi menurut sopesies, rentang hidup di alam bebas bervariasi menurut spesies dan habitat. Ukuran tubuh 4,75-39 inchi (12-100 cm) dengan berat bervariasi menurut spesies.

Cendrawasih jantan memanfaatkan warna-warna cerah dan ornamen yang luar biasa untuk digunakan merayu para betina. Tarian unik dan rumit mereka, berpose di depan betina, goyang kiri goyang kanan dengan sayap mekarnya, serta ritual-ritual lainnya dengan menonjolkan penampilan mereka untuk dipersembahkan pada acara fenomenal sepasang burung. Dan setiap manusia cukup beruntung ketika berada di sekitarnya. Pertunjukan tersebut dapat berlangsung selama berjam-jam, dan dalam banyak spesies mereka menghabiskan sebagian besar waktu untuk memaksa para burung jantan menari-nari.

Burung cendrawasih bisa ditemukan di Indonesia timur (Pulau Papua) dan Papua Nugini (New Guinea), serta pulau-pulau di sekitarnya. Spesies manucodes dan riflebirds juga ditemukan di Australia. Burung dari surga ini sangat begitu menarik sehingga penampilan mereka pernah menjadikan mereka sebagai sasaran pemburu kulit dan bulu, yang telah memusnahkan beberapa spesies.

Burung cendrawasih ini juga meminjamkan nama mereka kepada bunga-bunga-an yang berwarna-warni. Cendrawasih Afrika Selatan (Strelitzia reginae) adalah nama sebuah bunga dari keluarga pisang, yaitu bunga yang indah yang diyakini menyerupai burung-burung cendrawasih atau burung dari surga.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.