vps murah

Home / Google Doodles / Sejarah

Senin, 2 Desember 2013 - 21:35 WIB

Carlos Juan Finlay, Sang Pelopor Penelitian Demam Kuning

Halo juragan… Carlos Juan Finlay (3 Desember 1833 – 20 Agustus 1915) adalah seorang dokter Kuba dan ilmuwan yang diakui sebagai pelopor dalam penelitian demam kuning.

Biografi Carlos Juan Finlay

Awal kehidupan dan pendidikan
Finlay lahir Juan Carlos Finlay y Barres, di Puerto Príncipe (sekarang Camagüey), Kuba, keturunan Perancis dan Skotlandia. Dia membalikkan urutan nama-namanya yang diberikan kepada “Carlos Juan” kemudian dalam hidupnya.

Pada tahun 1853 ia menghadiri Jefferson Medical College di Philadelphia, Pennsylvania. Dia lulus pada tahun 1855 dan menyelesaikan studinya di Havana dan di Paris. Setelah itu ia menetap di Havana dan membuka praktek medis.

Selama dua puluh tahun kehidupan profesionalnya, terkenal dokter Kuba dan ilmuwan Carlos J. Finlay berdiri di tengah-tengah kontroversi medis penuh semangat diperdebatkan.

Etiologi demam kuning, penyebab dan asal-usulnya telah membingungkan praktisi medis sejak kasus tercatat paling awal dari penyakit ini pada abad ke-15 dan ke-16.

READ  Pengertian Dan Sejarah Lahirnya Google Doodle

Epidemi periodik demam kuning melanda penduduk asli Finlay Kuba, khususnya yang mempengaruhi warga Havana, di mana ia mendirikan sebuah praktek medis pada tahun 1864.

Finlay sangat tertarik dalam epidemiologi dan kesehatan masyarakat dan pekerjaan awal nya pada kolera, hasil dari wabah parah penyakit di Havana pada tahun 1867 menantang kebijaksanaan yang diterima dari otoritas medis.

Kesimpulan bahwa penyakit ini ditularkan melalui air ditolak oleh penerbit pada saat itu, meskipun akhirnya kemudian diverifikasi. Finlay segera setelah itu memulai penelitian tentang demam kuning, penerbitan pertama kertas di atasnya pada tahun 1872.

Berikut pengamatan tajam yang sama dan kesimpulan logis yang menginformasikan analisisnya kolera memimpin dia untuk mengusulkan pada tahun 1881 bahwa nyamuk Culex “hipotetis dianggap sebagai agen penularan demam kuning.”

Kali ini kertas itu diterbitkan, tetapi sirkulasi profesional seperti “The Annals” dari Akademi Kedokteran, Fisika, dan Ilmu Pengetahuan Alam Havana tidak menjamin Finlay mendapat dukungan luas. Memang, hanya ada satu dokter Kuba lainnya, Claudio Delgado, rally ke samping Finlay dalam tahun-tahun awal.

READ  Maria Gaetana Agnesi Ulang tahun ke-296 di Google Doodles

Wafat
Finlay meninggal karena stroke yang disebabkan oleh kejang otak parah di rumahnya di Havana, Kuba, pada tanggal 20 Agustus 1915. Carlos Juan Finlay sebenarnya lahir sebagai Juan Carlos Finlay, ia mengubah namanya sekitar setahun kemudian .

Ia dilahirkan di Provinsi Carnaguey, tetapi pada saat kelahirannya ia dikenal dengan nama Puerto Principe. Lalu berubah nama di kemudian hari. Dia meninggal pada usia 82 tahun di Havana, Kuba.

Patung-patung yang ditemukan dari dia sepanjang Kuba dan artefak dari karirnya berada dalam musuem di Havana dan rumahnya dijadikan landmark bersejarah.

Ulang tahun
Hari ini, 3 desember 2013, Google Doodle memperingati hari ulang tahun Carlos Juan Finlay yang ke 180. Namun beliau kini telah tiada, akan tetapi jasa-jasanya tetap dikenang oleh seluruh umat manusia di dunia.

Share :

Baca Juga

Diary

Hari Kemerdekaan Indonesia 2013 – HUT RI ke-68

Google Doodles

Honinbo Shusaku, Pemain Go Profesional Ultah ke-185 di Google Doodle

Blogger

Pengertian Dan Sejarah Lahirnya Google Doodle

Alam

Livingstone – Penjelajah Barat Pertama di Afrika

Alam

Makam Raja-raja Mesir Banyak Yang Hilang Dan Rusak

Google Doodles

Sejarah Perayaan Malam Halloween

Google Doodles

André-Jacques Garnerin di Hari Ulang Tahun Terjun Payung Pertama ke-216

Reportase

Misteri Kuburan Kereta Dan Kuda 2.500 Tahun Ditemukan