Cara Terbaru Mengoptimalkan Blog Era Hummingbird

Halo juragan… Google sekarang mengganti mesin pencarinya menjadi lebih mutakhir, maka anda juga harus mengganti trik SEO anda agar juga sama-sama mutakhir. Sejak agustus 2013 tanpa kita sadari algoritma baru google yang bernama hummingbird telah dijalankan meskipun baru diumumkan di bulan berikutnya, yaitu akhir september.Beberapa webmaster bertanya-tanya, mengapa trafik blog saya turun, mengapa trafik blog saya naik, dan sebagainya. Itu adalah perbuatan hummingbird. Sekaligus ini merupakan kabar gembira bagi webmaster jujur maupun webmaster yang minim pengetahuan dalan SEO.Jika anda seorang webmaster atau pengelola website, maka anda harus terus mengikuti perkembangan mesin pencari. Dan hummingbird ini adalah perubahan terbesar di google yang terjadi di tahun 2013 ini. Google bisa dikatakan mengganti mesin pencarinya, meskipun masih menggunakan beberapa komponen lama seperti Panda dan Penguin yang masih efektif dengan situasi di internet saat ini.


Bagaimana sepak terjang algoritma google yang baru ini?
Silakan disimak baik-baik ya,,, berikut ini pengamatan saya berdasarkan pengalaman pribadi saya di beberapa blog yang saya kelola.

* Hummingbird membaca makna dibalik kata-kata
Sekarang anda tidak bisa lagi menipu mesin pencari google dengan kata kunci yang diperkaya seperti dulu lagi. Internal link sudah tidak bisa membantu anda jika itu diperuntukkan bagi mesin pencari. Dan hal-hal seperti itu malah akan membuat artikel anda diabaikan mesin pencari. Google melihat makna dibalik artikel, bukan hanya melihat kata-kata saja.

Jika makna dari artikel itu dianggap penting, maka akan tampil di halaman pertama meskipun artikel tersebut memiliki angka alexa jutaan, dan akan mengabaikan artikel yang kaya kata-kata tetapi miskin informasi dan bertele-tele.

* Hummingbird menyukai artikel yang efektif dan informatif
Google lebih mengutamakan artikel efektif untuk ditampilkan di halaman pertama. Artikel efektif adalah artikel yang berisi kalimat efektif, yaitu kalimat yang menghemat kata-kata namun padat informasi. Artikel semacam ini akan lebih berbobot daripada artikel yang panjang namun hanya berisi kalimat basa-basi yang tidak bermakna bagi pembaca.

Sesuatu yang tidak perlu janganlah ditulis agar tidak dianggap sampah oleh hummingbird.

Jika anda memperhatikan dengan seksama pada saat melakukan pencarian di google search, pasti anda akan melihat sebuah artikel tampil di halaman pertama, tetapi artikel itu hanya memiliki sedikit keterkaitan dengan kata kunci yang anda tulis. Seperti itulah hummingbird membaca makna artikel.

Bagaimana cara mengatasi algoritma google yang baru ini?
* Jangan membuat sesuatu yang mudah menjadi sulit. Misalnya, jika anda menulis artikel, tulislah maksud anda dengan cara yang simple dan mudah dipahami oleh pembaca. Jangan menulis sesuatu yang sebenarnya mudah tetapi anda menuliskan seakan-akan hal itu sangat sulit.

Artikel seperti ini tidak layak untuk disajikan kepada pembaca karena hanya akan membuat bodoh pembaca. Pembaca yang tadinya sudah paham akhirnya akan menjadi bingung setelah membaca artikel anda.

* Tulislah artikel apa adanya. Buatlah artikel seperti anda menulis dibuku. Tidak perlu anda membuat tulisan-tulisan tebal yang membuat silau mata pembaca. Atau sedikit-sedikit anda menyematkan link aktif untuk mesin pencari di antara kata-kata di dalam artikel. Jika pengguna tidak suka dengan artikel anda, maka hummingbird juga tidak suka dengan artikel anda.

Jadi tidak perlu SEO lagi?
Seo tetap perlu, tetapi hanya seo dasar. Misalnya backlink alami dan optimasi webmaster tools, meskipun itu hanya sebagian kecil dari 200 resep hummingbird untuk mengevaluasi artikel anda.

Buang jauh-jauh teknik SEO yang tidak pernah disarankan oleh google seperti tukeran link, seo onpage berlebihan, dkk. Karena cara-cara itu sudah tidak bisa digunakan lagi di google saat ini. Percuma karena hanya akan membuat anda capek saja.

Jadi apa langkah terbaik yang harus saya lakukan?
Jangan pikirkan SEO, tetapi berpikirlah untuk menyajikan artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca dengan artikel efektif yang berisi kalimat-kalimat efektif. Kini, artikel yang seo friendly adalah artikel berisi kalimat efektif dan bermanfaat bagi pembaca. Artikel efektif hanya berisi kalimat sedikit tetapi padat informasi.

Benarkah kalimat efektif bisa nomor satu di google?
Benar! Karena saya sudah mengalaminya. Anda ingin tahu buktinya?
Jika iya, cobalah anda buka google search sekarang juga, lalu disana tulislah pengertian opec di kolom pencarian. Maka disana anda akan melihat salah satu artikel yang tidak terkait dengan kata kunci “pengertian”, tetapi tampil di halaman pertama.

Itulah tulisan saya. Padahal tulisan saya hanya berjudul Opec Adalah dan di dalamnya sama sekali tida ada kata pengertian. Tetapi karena tulisan saya tersebut berisi kalimat efektif yang padat informasi dan bermanfaat bagi pembaca, maka google menampilkannya di halaman pertama karena dianggap sebagai artikel berisi makna yang berkualitas.

Meskipun blog tersebut selama setahun tidak pernah saya update dan angka alexanya jutaan, tetapi google tahu kalau ada artikel berkualitas di dalamnya yang bermanfaat bagi pembaca. Artikel seperti itulah yang dicari oleh Hummingbird. [*]

Jangan lupa baca juga informasi tentang Hummingbird, apa itu hummingbird, kapan hummingbird dimulai, mengapa dinamakan hummingbird, dan informasi lain seputar algoritma baru google yang bernama hummingbird. Silakan baca dibawah ini;

( i )  Algoritma Hummingbird Dan Cara Menghadapinya
( ii ) Tips Menulis Mengatasi Algoritma Google Hummingbird

Sekian saya berbagi, terima kasih dan salam blogger Indonesia.

Bagikan:
98 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.