Cara Terbaru Menampilkan Profil Google+ di Halaman Pencarian

Halo juragan… Berikut ini tips terbaru menampilkan profil google plus di hasil penelusuran google untuk website atau blog anda.

Misalnya, jika ada pengguna internet yang menemukan postingan anda di halaman pencarian google, maka gambar/foto profil google anda akan ikut tampil disitu. Ini adalah trik terbaru yang paling mudah, dan profil anda dijamin tampil di Google Search.

Inilah yang disebut mengaktifkan “Google Kepengarangan” untuk profil anda. Artinya, pengunjung blog anda akan melihat profil penulis (author/admin) di halaman penelusuran. Contohnya seperti gambar di bawah ini;


Dampak SEO: Jika anda mengaktifkan google kepengarangan untuk profil anda, maka pengunjung akan lebih memilih mengunjungi blog anda daripada mengunjungi blog yang tidak jelas siapa penulisnya. Karena menurut teori marketing, profil anda membawa daya tarik. Begitu juga google kepengarangan bekerja untuk blog anda.

Hanya 3 Langkah Mudah!

Syaratnya anda harus punya akun google+, dan anda harus memasang foto profil yang cantik dan ganteng. Karena kalau foto profil anda kelihatan belum mandi maka biasanya google nggak mau nampilin profil anda di halaman pencariannya, hehehe 😀 (ndobos.com)

I. Langkah Pertama

1. Login ke blogger. Langsung buka HTML template, dan cari kode <head>

2. Kemudian pastekan kode berikut ini tepat dibawah kode <head>

<link href=’https://plus.google.com/109811279215339911146‘ rel=’author’/>
<link href=’https://plus.google.com/109811279215339911146‘ rel=’publisher’/>

Note: Angka warna merah adalah kode alamat url profil google+ anda. Ganti dengan milik anda. Caranya kunjungi profil google+ anda, lalu ambil kode angka pada url yang tampak di adress bar browser anda.

3. Klik Simpan template.

Langkah pertama selesai.

II. Langkah Kedua

1. Pergi ke Tata Letak. Tambahkan gadget Google Badge atau gadget Google+ di blog anda, pilih yang mana saja terserah yang penting ada hubungannya dengan google+. Contohnya lihat gambar di bawah ini;

Itu saja!

Langkah kedua selesai.

III. Langkah Ketiga

1. Kunjungi google+ milik anda, lalu klik Tentang/About. Kemudian cari Kontributor di/Contributor to.

2. Kemudian klik Edit yang terletak di bawah, lalu klik Tambahkan tautan khusus di bagian Kontributor, lalu isi dengan blog anda. Contohnya lihat gambar dibawah ini;

Jangan lupa! Pastikan visibilitas yang ada di sebelah kanan ditampilkan untuk Publik. Lihat gambar dibawah ini;

3. Klik Simpan.

Selesai. Mudah bukan?

Cara melihat hasilnya

1. Kunjungi Alat Uji Coba Data Terstruktur

2. Kemudian disana masukkan URL blog anda, lalu klik Pratinjau. Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini;

3. Tunggu beberapa hari sampai gambar profil anda nampang di google search.

Biasanya setelah anda mengaktifkan google kepengarangan, maka beberapa hari kemudian anda mendapat email dari google yang memberikan konfirmasi bahwa anda telah mengaktifkan google kepengarangan. Email itu hanya sekali saja.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Catatan kaki:
Posting ini merupakan orderan dari mas Kang Ucup, webmaster ganteng adminnya Wisma Kreatif (http://wismakreatif.blogspot.com) yang bertanya tentang bagaimana cara menampilkan gambar profil google+ di halaman penelusuran google pada posting sebelumnya.

Bagikan:
88 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.