Cara Setting Custom Domain UbahSuaian di Blogger Paling Mudah

Halo juragan… Domain ubahsuaian atau “Custom Domain” adalah pengalihan URL utama blog dari subdomain (Second level domain/SLD) di blogger ke domain tingkat atas (Top level domain/TLD). Misalnya dari http://juragancipir.blogspot dialihkan ke https://www.juragancipir.com.

Nah, berikut cara menyetel domain ubahsuaian di blogger paling mudah dan DIJAMIN sekali jadi. Sekali setting langsung sukses dan tidak error lagi. Kali ini kita menggunakan “Trik Verifikasi Data TXT Alat Webmaster Google”.

Caranya: 
Hanya 3 langkah mudah, ikuti petunjuk serta perhatikan gambar dibawah ini.

I. Step pertama di Blogger

1. Login ke blogger dan langsung menuju setelan domain ubahsuaian. Buka Setelan >> Dasar >> Tambahkan domain khusus. Selanjutnya langsung saja tambahkan domain khusus milik anda dan klik Simpan.

2. Maka akan muncul pesan error seperti gambar dibawah ini. Jangan khawatir!

Disitu ada tulisan;

“Jika Anda kesulitan memasukkan CNAME kedua ke dv googlehosted com, Anda dapat memverivikasi kepemilikan Anda atas domain ini dengan data TXT melalui alat webmaster Google di sini“.

Nah, silakan klik link di sini itu tadi. Lihat gambar diatas.

3. Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman seperti dibawah ini. Klik pilihan naik turun pada “Pilih pendaftar atau penyedia domain”. Lihat gambar dibawah ini.

Berikutnya muncul pilihan turun naik, dan klik Lainnya. Lihat gambar bawah.

4. Selanjutnya akan berganti halaman baru dan disitu ada kode verifikasi, namun abaikan saja karena kita tidak menggunakan kode verifikasi yang pertama itu.

Lalu klik Tambahkan CNAME yang ada di bagian sudut kiri bawah. Lihat gambar di atas.

5. Maka akan berganti dengan kode verifikasi alternatif lain yang terdiri dari dua baris unit kode verifikasi. Lihat gambar dibawah ini.

Nah, tugas anda nantinya mengcopy dua unit kode verifikasi di atas itu untuk dipastekan di CNAME domain anda. Namun sekarang biarkan saja halaman itu parkir untuk sementara ini.

Selanjutnya step ke-2 dilakukan di dasbor admin domain anda.

II. Step kedua di dasbor admin domain

1. Login ke dasbor admin domain anda dan langsung temukan CNAME. Caranya, klik list orders untuk menemukan domain yang hendak anda gunakan, dan setelah domain itu ketemu lalu klik domain tersebut. Maka anda akan menjumpai “DNS Management”. Lalu klik Manage DNS, maka akan ada jendela munculan.

2. Pada halaman di jendela munculan itu klik CNAME Records. Lalu tambahkan atau klik add CNAME Record. Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

( ! ) Perhatikan gambar di atas.

Copy kode verifikasi yang ada di halaman  google tadi.

*. Copy kode CNAME Label/Hosting di halaman google tadi dan pastekan di Host Name pada CNAME domain anda.

** Copy kode CNAME Tujuan/Target di halaman google tadi dan pastekan di kolom Value (bagian bawah) pada CNAME domain anda.

*** Terakhir klik Add Record.

Nah, tugas anda di dasbor admin domain telah selesai. Sekarang kembali ke halaman google tadi.

III. Step ketiga kembali ke Google

1. Silakan kembali ke halaman google yang baru saja anda copy kode verifikasinya tadi. Lihat gambar dibawah ini.

Lalu klik VERIFIKASI di sudut kiri bawah. Lihat gambar atas.

Maka akan muncul laporan VERIFIKASI SUKSES seperti gambar dibawah ini.

“Selamat, Anda telah berhasil memverifikasi kepemilikan juragancipir.com Anda”.

Lalu klik Lanjutkan. Gambar atas.

2. Anda akan dikembalikan ke setelan domain ubahsuaian di dasbor blogger anda lagi. Disitu masukkan nama domain anda seperti awal tadi. www.example.com. Lihat gambar dibawah ini.


Lalu klik Simpan. Gambar atas.

3. SUKSES ! Domain blogspot anda telah di alihkan ke domain ubahsuaian alias dotcom. Tampilannya seperti gambar dibawah ini.

( i ) Sekarang anda telah siap bersaing dengan website besar di internet. Jangan lupa anda bikin selamatan kecil-kecilan dan potong tumpeng yaa, hehehe 😀

Tahukah anda? Nama judul blog pada domain tingkat atas yang anda gunakan akan membabat habis segala kata kunci milik blog lain yang berani menyamainya. Dan, artikel anda akan berdiri kokoh di halaman pertama google dan akan mendepak semua artikel milik domain gratis yang berani menyamainya.

Baca selengkapnya tentang kelebihan domain tingkat atas di Cara Membangun Website Gratis Bertrafik Tinggi Luar Biasa.

Jangan lupa !

Setelah anda sukses menyetel custom domain diatas, masih ada satu tugas lagi bagi anda. Yaitu mengalihkan URL dari example.com ke www.example.com. Tujuannya agar blog anda tidak error jika di buka tanpa WWW. Baca petunjuk selengkapnya di Cara Mengatasi Domain Error 404 Jika DiAkses Tanpa WWW.

Informasi tambahan;

( ? ) Apakah pengunjung saya serta peringkat blog saya (pagerank, alexa, dlll) yang saya raih dengan susah payah akan hilang semua?

TIDAK. Ini adalah pengalihan 503. Artinya URL blog lama dialihkan ke URL baru tanpa meninggalkan pengunjung setia dan tanpa menghilangkan peringkat blog anda yang lama. Dalam beberapa hari peringkat alexa rank dan google pagerank anda akan kembali seperti semula, dan pengunjung blog anda tidak akan berkurang satupun.

( ? ) Apakah saya perlu memperbarui akun saya di webmaster tools dan di Google Analitys maupun di akun-akun lainnya yang terkait dengan pengalihan URL blog lama ke custom domain baru ini?

Agar tidak membingungkan kita sendiri nantinya, sebaiknya rubahlah URL blogspot ke domain TLD pada semua akun seperti webmaster tools, google analytics, alexa, dll. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
216 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.