Cara Penulisan Meta Tag Description, Meta Tag Keyword, Meta Tag Robots

Cara membuat meta tag “description”. Cara membuat meta tag description biasanya ditempatkan setelah tag judul <title>..</title>. cara penulisan kode meta tag deskripsi adalah seperti ini: <META NAME=”description”CONTENT=”deskripsi singkat tentang blog anda”>.

penulisan-meta-tag

Tips menulis meta tag description:

A. Tulislah satu atau dua kalimat yang dapat mendeskripsikan konten blog anda. Perlu anda perhatikan agar kalimat dalam meta tag description tetap pendek, tetapi tidak terlalu pendek (usahakan agar panjang deskripsi itu 50 hingga 150 karakter) dan tidak lebih dari 160 karakter.

B. Kalimat dalam meta tag description harus mengandung keyword utama atau variasi keyword yang anda pergunakan dalam konten blog anda.

C. Pastikan agar melalui meta tag description ini dapat anda menyampaikan kepada pengunjung apa yang dibahas di blog anda dengan singkat.

Meta tag keyword

Meta tag keyword biasanya ditempatkan setelah meta tag description dalam kode html, bentuk penulisan meta tag keyword adalah sebagai berikut:

<META NAME=”keyword”CONTENT=”keyword 1, keyword 2, dan keyword 3″>

Anda bisa menggunakan spasi atau tanda baca koma sebagai pemisah antara keyword satu dengan keyword yang lainnya. Namun sangat disarankan untuk menggunakan tanda koma sebagai pemisah agar keyword-keyword tersebut lebih mudah dibaca.

Tips menulis meta tag keyword:

A. Gunakan keyword yang berhubungan langsung dengan konten blog anda. Jangan sampai anda menuliskan keyword yang tidak berhubungan dengan konten blog anda karena hal tersebut akan dianggap spam.

B. Gunakan cukup 5 sampai dengan 10 keyword saja dalam meta tag keyword.

C. Anda tidak dibolehkan memasukkan kata yang sama hingga tiga kali. Hal ini dapat menyebabkan blog anda akan diturunkan peringkatnya oleh search engine karena telah melakukan spam.

Meta tag robots

Format dasar dari meta tag robots adalah sebagai berikut: <META NAME=”robots”CONTENT=”index|non index|follow|nofollow”>

Sebagai contoh, jika anda ingin agar spider/robot search engine membaca blog anda serta menelusuri semua link yang ada maka tambahkan perintah berikut ini: <meta name=” robots”content=”index follow”>

Dengan perintah ini robot search engine akan meng-index blog anda serta akan mengindex seluruh halaman dalam blog anda yang dapat dicapai melalui hyperlink yang terdapat dihalaman tersebut.

Dalam penulisan meta tag robots, ada beberapa macam perintah meta tag robots yang penting diantaranya:

1. Index

Mengizinkan robots search engine untuk mengindex suatu halaman. Contoh penulisan: <meta name=”robots”content=”index”/>

2. Non index

Tidak mengizinkan search engine untuk mengindex suatu halaman dalam hasil pencarian. Contoh penulisan <meta name=”robots”content=”nonindex”/>

3. None

Ini merupakan shortcut untuk noindex, nofollow, atau mengatakan pada search engine jangan lakukan apapun terhadap halaman ini. Contoh penulisan:<meta name=”robots”content=”noindex, nofollow”/>

4. Follow

Memberitahu robot search engine untuk mengikuti semua link yang ada di suatu halaman, baik yang bisa diindex atau pun yang tidak diindex. Contoh penulisan: <meta name=”robots”content=”follow”/>

5. Nofollow

Memberitahu robots search engine untuk tidak mengikuti link apapun yang ada di suatu halaman. Contoh penulisan: <meta name=”robots”content=”nofollow”/>

Jangan lupa simak juga Plugin All In One Seo Pack Untuk Seo di Blog Kita.

Penulis : Bernos Sidayan

Bernos Sidayan

Bagikan:
34 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.