Cara Pemasangan Batu Bata yang Benar

Batu bata merah yang biasa digunakan untuk bahan bangunan terutama tembok rumah ukurannya 18 x 8 x 8 cm dan ada yang panjangnya 18 x 8 x 5 cm. Dari segi lain harga batu bata merah rata-rata hampir sama antara satu dengan yang lainnya kecuali anda membandingkannya dengan batu batako yang biasanya lebih mahal.

Bagi anda yang belum berpengalaman dalam memasang batu bata merah sebagai bahan pembuatan tembok tentu saja akan ada kendala yang ditemui ketika melakukan prakteknya. Dalam artikel ini saya akan memberikan panduan secara singkat mengenai pemasangan batu bata yang benar.

batu-bata

Berikut ini adalah ulasannya.

  1. Mempersiapkan bahan-bahan utama

Pertama kalinya anda harus mempersiapkan batu bata, pasir, semen, air, cangkul, benang tukang, sendok semen, paku, air dan ember.

  1. Campur dulu pasir dan semen dengan benar

Gunakan campuran antara pasir dan semen yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jika pencampuran kedua material ini terlalu banyak digunakan akan terbuang sia-sia karena akan mengeras. Perbandingan pasir dan semen yang harus anda campur adalah 4 : 1. Perbandingan ini akan menghasilkan kombinasi yang kuat. Aduklah kedua material ini sampai merata. Kualitas campuran semen dan pasir yang merata biasanya ditandai dengan semakin sedikitnya buih-buih yang ada pada campuran tersebut.

  1. Lakukan pengukuran pada area yang ingin dipasang batu bata

Pemasangan batu bata bisa berjalan dengan akurat apabila anda melakukan pengukuran terlebih dahulu pada area yang dituju. Biasanya para tukang akan memberikan tanda pada setiap pojok dinding dengan menancapkan besi penyangga. Selain itu anda juga boleh mempersiapkan benang tukang, paku dan palu dalam langkah ini. Benang yang anda siapkan harus anda tarik secara vertikal dan horizontal untuk memastikan bahwa batu bata yang dipasang nantinya tidak miring.

  1. Mulailah pemasangan

Tempatkan campuran pasir dan semen yang telah anda aduk di area yang sudah anda pasangi benang. Biasanya ketinggian dan tebal semen yang baik untuk anda taruh itu setebal 2 sentimeter. Setelah itu letakkan batu bata ke atas semen yang telah anda letakkan.

Pasang dalam posisi horizontal. Lalu letakkan lagi campuran semen dan pasir yang telah anda aduk dan kali ini letakkan diatas batu bata yang telah dipasang. Lakukan dengan ketebalan yang sama. Lanjutkan begitu seterusnya.

Trik pemasangan batu bata yang benar adalah dengan meletakkan batu bata dengan posisi zig-zag agar semen dan batu bata saling mengikat satu sama lain. Ini adalah hal yang sangat krusial dalam pemasangan batu bata. Jika anda memasangnya dengan cara sejajar maka tembok yang anda buat tidak akan kuat ketahanannya. Jangan lupa ketahui juga Apa itu Concrete Pump?

Bagikan:
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.