Cara Mudah Menjadi Peserta Acara Kuis Di Televisi

Acara kuis di televisi memang selalu menarik untuk disaksikan apalagi bila hadiah yang ditawarkan sangat menggiurkan. Hal yang selalu membuat kita gemas adalah kadang kala peserta kuis tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan padahal menurut kita sangat gampang. Istilahnya anak SD juga bisa.  Pendapat tersebut tidak salah namun juga tidak sepenuhnya benar. Mengapa demikian ? ini yang coba saya ulas buat rekan-rekan yang berminat untuk menjadi peserta kuis di televisi.

lomba-kuis-televisi

 

Stasiun TV penyelenggara kuis dalam menjaring peserta tidak mengutamakan kepintaran otak semata akan tetapi mereka mencari peserta yang atraktif. Jadi pada saat dia mendapatkan hadiah kejutan 100 juta tetapi kalem-kalem aja ya tidak seru jadinya. Akan tetapi bagi yang atraktif hanya meraih uang 50 ribu saja sudah teriak kegirangan. Idealnya sudah pintar atraktif pula. Inilah yang sangat dicari oleh penyelenggara.

Mental peserta juga sangat diperhatikan oleh penyelenggara. Karena akan sangat berbeda menjawab pertanyaan saat di rumah dengan di studio. Di rumah kita dalam suasana santai sembari tiduran atau ditemani minuman dan cemilan. Namun di studio perbandingannya 180 derajat. Kamera di sana-sini, sorotan lampu, pendingin ruangan. Ini yang sering menjadikan peserta menjadi kosong atau blank. Oleh karena itu mental dan percaya diri sangat diperlukan oleh peserta. Hal ini pernah dialami saat putri tercinta mengikuti lomba di tingkat kecamatan yaitu lomba calistung.

Mengerti cara dan peraturannya juga penting. Kita harus faham betul hal ini karena saat seleksi akan dilakukan simulasi. Bila tidak tahu maka kita akan jadi kebingungan saat seleksi. Dan juga pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan yang pernah ditayangkan di televisi di episode sebelumnya. Jadi saksikan terlebih dahulu kuisnya dan simak baik-baik kebiasaan apa saja yang sering terjadi di sana.

Selain hal-hal utama di atas, bagi anda yang akan melakukan seleksi menjadi peserta kuis ada beberapa tip tambahan agar terpilih. Silahkan disimak sebagai berikut

  1. Pakaian

Gunakan pakaian yang sedikit mencolok di kamera terutama warna namun jangan jadi norak juga. Hindari warna abu-abu, coklat atau biru muda. Bila model regu usahakan kostum yang digunakan seragam minimal mirip satu sama lain agar terlihat kompak.

 

  1. Rias wajah

Ini wajib dipakai. Agak tebal tidak apa-apa asalkan tidak terlalu menor. Karena nanti pas shooting sebenarnya hiasan anda bedaknya akan setebal 5 cm.

 

  1. Datang lebih awal

Siapa yang datang terlebih dahulu akan diseleksi duluan dan peluang kita lolos seleksi lebih besar dibanding yang datang belakangan atau bahkan terlambat.

 

  1. Matikan alat komunikasi

Suara telepon masuk atau SMS masuk selain merusak konsentrasi kita juga mengganggu panitia. Oleh karena itu non aktifkan sementara HP kita atau minimal di silent.

Demikian cara mudah untuk menjadi peserta kuis di televisi. Mudah-mudahan bermanfaat bagi rekan-rekan. Terima kasih.

Baca juga:

Bagikan:
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.