Cara Mudah dan Sederhana Mengatasi Mesin Motor Brebet

Gejala mesin yang brebet atau tersendat-sendat pada sebuah motor memang sangatlah mengganggu. Biasanya banyak hal yang memicu keadaan ini, tetapi yang paling mempengaruhi atau sumber pemicu terbesarnya adalah kurangnya perawatan pada mesin tersebut. Jangan lupa simak juga Ingin Ban Mobil Anda Awet? Silakan Baca Beberapa Tips Berikut ini.

Masalah mesin brebet tentunya akan mengganggu performa motor. Jika masalah ini dibiarkan begitu saja maka dampaknya akan fatal, salah satu contohnya adalah mesin motor akan mudah mati ditengah jalan. Meskipun pada akhirnya mesin motor masih bisa dinyalakan kembali, namun jika hal ini terjadi berulang-ulang tentu akan sangat merepotkan anda bukan?

montir-cantik

Jika Anda mendapati mesin motor yang Anda gunakan brebet maka segeralah lakukan perbaikan, namun jika Anda saat ini belum mengetahui teknik-tekniknya, mungkin cara-cara di bawah ini bisa Anda coba

Cara mudah dan sederhana mengatasi mesin brebet

  1. Cek bahan bakar

Mesin brebet biasanya disebabkan karena bahan bakar yang kurang bagus, salah satu contohnya mesin yang seharusnya diisi dengan pertamax malah diisi dengan premium biasa, atau mengisi premium ditempat sembarangan yang belum jelas kemurniannya.

Untuk itu berhati-hatilah jika Anda mengisi bahan bakar, bahan bakar yang memiliki kualitas tidak bagus akan menimbulkan kerak yang nantinya akanmenghambat kinerja mesin.

  1. Cek fuel pump

Fuel pum akan awet jika bahan bakar didalamnya berkualitas dan tidak kotor. Jika fuel pump bermasalah, maka tekanan bensin akan ketinggian serta bisa juga terlalu rendah, hal inilah yang menyebabkan mesin menjadi brebet.

  1. Cek busi

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan jika mengalami mesin brebet adalah busi yang menempel pada kendaraan anda. Busi yang kotor juga bisa menjadi faktor mesin menjadi brebet, maka dari itu jika busi Anda kotor maka segeralah mebersihkannya.

Anda juga bisa menggantinya dengan busi yang lebih bagus dan tidak mudah kotor, harganya memang terpaut sedikit mahal dari busi biasanya, namun hal tersebut bisa mengurasi resiko brebet pada mesin anda.

  1. Cek karburator

Motor yang brebet juga bisa disebabkan oleh karburator yang kotor atau bahkan rusak. Biasanya masalah yang terjadi pada karburator ini menimpa pelampung dan juga needle valvenya.

Jika kedua komponen tersebut rusak, maka akan karburator akan banjir dan busi akan basah, pada ahirnya mesin motor akan menjadi brebet.

Selain itu bisa juga bahan bakar yang digunakan tercampur air. Seperti yang telah diungkapkan diatas bahwa Anda harus berhati-hati dalam membeli bahan bakar, jika bahan bakar yang Anda gunakan tercampur air dan masuk kedalam karburator maka hal ini akan berahir pada brebednya mesin motor anda.

Demikian kiat-kiat menghadapi masalah mesin motor yang brebet, akan lebih baik jika Anda melakukan pencegahan dengan melakukan cek secara berkala terhadap komponen komponen yang telah tersebut diatas. Jangan lupa ketahui juga Tanda-Tanda Pada Oli Mesin Harus Segera Diganti, Simak Penjelasannya.

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.