Cara Merawat Keyboard Yang Benar, Agar Awet Dan Tahan Lama

Keyboard adalah salah satu komponen yang sangat vital pada komputer maupun notebook, sebagaimana kita tahu fungsi keyboard bukan hanya untuk mengetik, bisa juga kita gunakan sebagai pengganti joystick saat bermain game, dan juga untuk penggunaan cara cepat pada windows.

Sering kali kita jumpai beberapa orang yang mengeluh karena performa keyboardnya menurun atau bahkan sudah tidak berfungsi lagi. Agar hal diatas tak terjadi pada kita, kita perlu melakukan perawatan pada keyboard pc tersebut. Fungsi perawatan ini selain untuk menjaga performa keyboard tetap prima juga untuk memberikan kenyamanan saat keyboard digunakan.

keyboard-komputer

Untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tips buat pembaca juragan cipir semua, mengenai cara terbaik dalam merawat keyboard komputer Anda, tentunya agar keyboard tersebut bisa awet dan tahan lama. Yuk silahkan disimak.

1. Membersihkan Keyboard Secara Berkala

Hal ini sebenarnya sangat sederhana namun apabila jarang atau bahkan tidak pernah kita lakukan maka akan berdampak fatal pada keyboard kita, awal kerusakan keyboard biasanya terjadi karena keyboard kemasukan banyak debu, hal inilah yang kemudian menyebabkan keyboard macet dan pelan-pelan akan terjadi kerusakan.

Cara membersihakn keyboard sangatlah mudah bisa kita gunakan sikat atau kuas khusus keyboard yang bisa kita beli di toko-toko komputer, harganya pun relatif terjangkau. Sedangakan untuk membersihkan permukaan keyboard cukup kita usap dengan kain halus.

2. Pemberian Pelindung Keyboard

Supaya keyboard lebih aman dan tidak cepat rusak kita bisa menggunakan pelindung atau penutup keyboard. Sadar atau tidak jika terlalu lama digunakan serta terlalu sering terkena tangan yang berminyak maka pelan-pelan tulisan yang tertera pada keyboar akan hilang, maka dari itu kita perlu menggunakan pelindung agar keyboard kita tetap terlihat bagus dan nyaman dilihat.

3. Jangan Menekan atau Mengetik dengan Keras

Keyboard yang menempel pada PC atau notebook kita sudah didesain sedemikian rupa baik bentuk maupun sensitiffitasnya, hal tersebut bertujuan untuk menghadirkan kenyamanan saat bekerja.

Maka dari itu ketika kita menggunakan keyboard hindarilah menekan atau mengetik dengan tekanan yang keras. Hal ini secara pelan-pelan akan merusak tuts yang terdapat pada lapisan bawah keyboard yang berfungsi membaca perintah huruf apa yang harus dituliskan.

Dengan menghindari penekanan yang keras saat menggunakan keyboard, kita bisa menjaga hardware tersebut agar lebih awet dan tahan lama.

4. Gunakan Joy Stick ketika Bermain Game

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya salah satu fungsi keyboard adalah sebagai pengganti joy stick ketika bermain game, sebenarnya jika kita terus menerus menggunakan keyboard untuk bermain game akan mengganggu performa dan merusak keyboard kita. Untuk itu penggunaan joy stick saat bermain game akan lebih memberikan rasa awet pada keyboar PC kita.

5. Jangan Menaruh Barang Lain di atas Keyboard

Desain Keyboard bukan sebagai tempat tumpuan barang. Oleh karena itu hindarilah kebiasaan menaruh sesuatu diatas keyboard, kebiasaan menaruh sesuatu diatas keyboard tersebut, dapat merusak pir / daya pegas yang ada di dalam keyboard apalagi benda yang diletakkan adalah benda yang berat.

Semoba bermanfaat. Simak juga Hp Android Anda Sering Panas? Atasi Dengan Cara Mudah Ini.

Bagikan:
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.