Cara Menyeimbangkan Kinerja Iklan Adsense di Blog

Halo juragan… Seperti yang kita tahu, kita hanya diijinkan memasang 3 unit iklan adsense for content selain 3 unit link dan 2 mesin telusur. Namun biasanya yang menjadi andalan adalah 3 unit iklan konten saja, karena selain unit tersebut kinerjanya kurang maksimal menurut saya.

Namun seringkali 3 unit iklan konten yang berkinerja terbaik mengalami kepincangan, artinya ada salah satu unit iklan yang jarang mendapatkan klik. Biasanya hanya dua iklan saja yang menghasilkan CTR tinggi, sedangkan iklan satunya hanya melompong saja alias tidak pandai mencari uang.

Nah, jika kita mengalami hal seperti ini maka tugas kita adalah mengelola iklan yang satu ini agar bisa pandai cari uang seperti dua temannya.

Bagaimana caranya?

Setidaknya ada 2 cara yang bisa kita lakukan, yaitu:

1. Memindahkan unit iklan

Iklan yang tidak bekerja optimal tersebut kita pindahkan ke tempat lain, lalu kita menunggu laporan kinerjanya dari akun adsense. Jika kinerjanya belum bisa menyamai dua iklan lainnya, maka kita coba tukar penempatannya. Sampai akhirnya kita menemukan penempatan yang menghasilkan CTR yang sama rata untuk ketiga iklan tersebut.

2. Memformat iklan

Jika cara pertama belum berhasil, maka kita perlu merubah tampilan iklan. Ini bisa kita lakukan dengan cara merubah warna latar iklan atau merubah warna judul, font huruf, dan sebagainya agar iklan yang tidak laku ini bisa menarik perhatian pengguna. Sampai akhirnya ketiga iklan tersebut memiliki CTR yang sama rata.

! Namun perlu diingat, untuk bisa mengetahui kinerja masing-masing iklan maka kita harus membuat 3 unit iklan yang berbeda untuk satu blog, agar kita bisa mengetahui iklan mana yang bekerja kurang optimal.

( i ) Jika ketiga iklan yang ada di blog kita memiliki kinerja yang rata-rata sama, berarti kita telah menemukan pengoptimalan iklan yang tepat. Tetapi jika 3 unit iklan di blog kita masih memiliki kinerja yang pincang alias tidak sama, maka tugas anda belum selesai.

Dan jika tugas anda menyamakan CTR iklan telah berhasil, maka anda hanya fokus update artikel saja. Mungkin beberapa bulan lagi baru memerlukan perubahan lagi jika kinerja iklan mulai pincang lagi.

^^ Selamat bereksperimen dan semoga sukses. Jangan lupa baca juga Web Hosting Terbaik Untuk Bisnis Online Dan Publisher Adsense.

Bagikan:
9 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.