Cara Menulis Artikel Yang Paling Baik

Halo… jumpa lagi tuan dan nyonya juragan. Dalam arti umum, artikel adalah sebuah tulisan atau teks yang terdiri dari susunan kalimat yang menerangkan sesuatu perihal. Artikel bisa ditulis di buku maupun di media lain, misalnya di blog atau website. Seperti yang juragan baca ini adalah contoh sebuah artikel.Menulis artikel banyak sekali cara maupun gaya penulisan yang digunakan, sesuai dengan kesukaan masing-masing. Ada yang bergaya jurnalistik, gaya formal, gaya sastra, dan sebagainya. Namun ada satu hal yang tidak boleh dilupakan oleh seorang penulis. Yaitu, artikel atau isi bacaan harus mudah dipahami dan dimengerti oleh para pembaca.

Pembaca sendiri juga memiliki bermacam-macam cara dalam membaca. Ada yang membaca dalam hati, ada yang membaca sambil diucap, ada yang membaca secara berulang-ulang, ada yang membaca sekilas, ada yang membaca dengan seksama, dan sebagainya.

Dalam sebuah blog, artikel tidak hanya dibaca oleh orang Indonesia saja, tapi juga oleh pembaca dari manca negara dimana mereka menggunakan translate atau word translator. Oleh karena itu yang perlu diingat oleh seorang penulis adalah, kosa kata yang benar, susunan kalimat yang benar, alur bacaan yang teratur dan terarah.

Gaya penulisan yang paling mudah dipahami oleh pembaca adalah gaya formal atau gaya resmi, misalnya seperti di wikipedia. Pada paragraf pertama diisi dengan deskripsi atau keterangan yang menjelaskan judul bacaan tersebut.

Misalnya, anda membuat sebuah judul “Gunung Merapi”. Maka paragraf pertama harus diisi dengan kalimat yang menerangkan apa gunung merapi itu. Jadi tulisan pertama seperti ini, “Gunung merapi adalah….dst”. Contohnya dibawah ini;

Gunung Merapi

Gunung merapi adalah gunung berapi teraktif di Indonesia yang terletak di pulau Jawa dengan ketinggian 2.968 meter diatas permukaan laut. Kawasan hutan di puncak dijadikan wilayah Taman Nasional Gunung Merapi. Gunung ini berada di wilayah empat kabupaten di propinsi Jawa Tengah dan DIY, yaitu kabupaten Sleman, Magelang, Boyolali dan Klaten.

Paragraf di atas adalah deskripsi yang menerangkan judul yang anda buat. Kemudian dilanjutkan dengan keterangan tambahan lain-lainya hingga artikel selesai. Tujuannya adalah agar pembaca tahu apa gunung merapi itu sebenarnya, sebelum mereka membaca lebih jauh tentang gunung merapi.

Selain itu hal ini bertujuan agar bisa memberikan jawaban bagi pembaca yang memerlukan informasi cepat. Tulislah artikel dengan bahasa yang baik dan benar, kosa kata yang benar, dan susunlah kalimat sebaik mungkin sesuai dengan alur cerita agar mudah dipahami.

Jika pembaca bisa mengerti dan memahami isi bacaan hanya dalam sekali membaca tanpa mengulangi lagi dari atas, berarti anda adalah penulis yang hebat.

Sekian dulu coretan dari juragan cipir buat tuan dan nyonya juragan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Berikutnya>> Cara Belajar Menjadi Pengarang dan Penulis Artikel

Bagikan:
4 Comments
  1. Gus Durohman

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.