Cara Menghapus Halaman Postingan Blog Paling Benar

Halo juragan…. Jika anda menghapus salah satu halaman postingan di blog/website anda hanya dengan cara sekedar menghapus saja, maka posting yang anda hapus tersebut akan tetap tersimpan di indeks mesin pencari selama beberapa minggu dan bahkan beberapa bulan.Sehingga pengguna akan menemukan halaman kosong di hasil penelusuran mereka.Halaman postingan yang terhapus tersebut baru akan hilang dari SERP setelah mesin pencari melakukan update rutin untuk membersihkan url yang mati atau tidak berfungsi.

Jika website anda berperan sebagai publisher adsense, hal ini bisa beresiko melanggar kebijakan program. Karena anda menampilkan iklan di halaman kosong. Benar bukan? Jika hal ini sering terjadi maka tidak menutup kemungkinan situs akan dibanned atau didisabled.

Nah, untuk menghindari halaman kosong tersimpan di indeks search engine dalam waktu lama, maka anda harus melakukan permintaan penghapusan url kepada mesin pencari, dalam hal ini google search.

Tujuannya adalah; agar halaman postingan yang baru saja anda hapus segera lenyap dari SERP dan tidak ditemukan oleh pengguna lagi.

Caranya;

Langkah Pertama

– Pertama simpan dulu URL postingan yang ingin juragan hapus di notepad.
– Kemudian hapus URL tersebut melalui dasbor/wp-admin.
– Pastikan URL ini sudah terhapus.

Langkah Berikutnya

1. Masuk ke Webmaster Tools dan langsung menuju website yang dimaksud.

2. Cari opsi “Google Indeks” di bilah samping kiri, lalu pilih “Hapus URL“, kemudian klik “Buat permintaan penghapusan baru“.

Nah, masukkan URL terhapus yang anda simpan di notepad tadi, lalu klik “Terus“.

Note:
Letak opsi “Hapus URL” di webmaster tools bisa saja berpindah tempat sewaktu-waktu, karena tergantung google memperbarui halaman interface di webmaster tools.

3. Selesai. Dalam waktu kurang dari 24 jam halaman postingan anda akan hilang dari SERP google dan tidak bisa ditemukan lagi oleh pengguna/pembaca/visitor/pengunjung blog.

Begitulah. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
34 Comments
  1. GLG

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.