Cara Menghadapi Update Algoritma Google Panda 4.0

Halo juragan… Baru-baru ini (20 mei 2014) google mengumumkan telah memperbarui algoritma barunya dengan meluncurkan algoritma panda 4.0 atau dikenal sebagai “softer panda” (panda halus). Update algoritma panda ini sebenarnya sudah dimulai sejak 13 maret bulan lalu yang pernah disampaikan oleh kepala spam pencarian google, Mr. Matt Cutts, di Search Marketing Expo.Google panda pertama kali diluncurkan pada bulan februari 2011 dengan tugas pokok membersihkan “artikel sampah” dari halaman pencarian google. Dan berikutnya algoritma panda yang dikenal ampuh tersebut terus-menerus diupdate dari waktu ke waktu oleh google, dan hingga update kali ini dinamai panda 4.0.

Panda 4.0 ini mengincar konten tidak berkualitas dan akan menempelengnya dari halaman pertama google search.

Google panda 4.0 adalah salah satu komponen baru yang terpasang di algoritma induk google hummingbird yang merupakan induk dari semua algoritma google. Untuk mengetahui selengkapnya informasi tentang algoritma hummingbird silakan baca Algoritma Google Hummingbird Dan cara Menghadapinya.

Hummingbird ibarat sebuah pesawat tempur canggih dan panda 4.0 ibarat rudal dengan dilengkapi radar pendeteksi musuh yang menempel di sayap hummingbird. Jika hummingbird berpatroli dan kemudian panda 4.0 mendeteksi ada musuh di depan, maka panda akan meluncur menghajar musuh di depan dan memasukkannya ke tong sampah.

Image by: SearchEngineLand.com

Jadi sekarang algoritma hummingbird dilengkapi dengan senjata baru yang yang canggih bernama panda 4.0. Mereka selalu berpatroli bersama-sama untuk menyapu bersih konten tidak berkualitas dari halaman pertama google.

Nah, sekarang pertanyaan yang harus bisa kita jawab adalah:

Bagaimana cara menghadapi algoritma panda 4.0 yang halus tapi ganas ini?

Seperti biasanya, setiap kali google memperbarui algoritmanya maka akan banyak website-website yang terkena dampaknya, ada yang secara langsung dan ada juga yang menunggu sebulan kemudian. Ada website yang peringkatnya jatuh dan ada pula website yang peringkatnya malah naik, dan ada juga yang tetap. Tergantung seberapa baik dan seberapa buruk kualitas artikel mereka menurut analisis panda 4.0.

Banyak website kelas kakap yang terkena bogem mentah oleh panda 4.0 dan akhirnya mereka tumbang dari halaman pertama google sejak beberapa hari panda 4.0 ditembakkan oleh google. Beberapa website “beruntung” berhasil melarikan diri dengan cara meningkatkan kualitas artikel dan membuang artikel yang buruk, sementara beberapa website buntung harus rela menjadi pecundang di halaman pertama google.

Sekarang sudah jelas jawabannya. Artikel berkualitas akan selamat dari amukan algoritma google jenis apapun. Jack herrick (pendiri WikiHow) pernah mengatakan: satu artikel berkualitas akan lebih baik daripada 100 artikel yang biasa-biasa saja. Oleh karena itu jangan lupa sempatkan juga membaca Tips Menulis Artikel Berkualitas di Blog Paling Mudah.

Kesimpulan:

Agar website kita tidak terusir dari halaman pertama google, maka ciptakanlah artikel berkualitas secara terus menerus dan hapuslah konten basi yang sudah tidak bermanfaat lagi bagi pembaca. Jika anda tidak mau menghapus, maka editlah dan tambahilah dengan informasi baru yang bermanfaat sehingga akan menjadi berkualitas.

Baru-baru ini blog Juragan Cipir kembali diberikan sitelink oleh google sejak diluncurkannya panda 4.0 beberapa hari yang lalu. Ini pertanda bahwa blog kita menyimpan artikel berkualitas di dalamnya sehingga diberikan peringkat yang baik oleh google dan bukannya malah hancur.

Sekian dulu informasi tentang perkembangan search engine google terkait update algoritma panda 4.0 yang bisa saya bagikan kepada teman-teman kali ini dan semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Pengertian SEO Prenjak Dalam Optimasi Blog.

Bagikan:
22 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.