Cara Mengganti Template Blog Agar Trafik Langsung Naik Seketika

Halo juragan… Biasanya jika kita mengganti template blog, maka akan diikuti dengan menurunnya trafik visitor blog. Dan sekitar sebulan kemudian maka trafik akan kembali normal. Namun dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi tips agar trafik blog tidak turn setelah mengganti template, tetapi justru malah naik.

Gambar dibawah ini mungkin bisa memebrikan penjelasan kepada anda bukti bahwa trafik blog malah naik secara seketika setelah saya mengganti template blog ini.

Saya mengganti template blog ini kemarin pada tanggal 3 maret 2014, lalu besoknya tanggal 4 maret 2014 trafik blog ini langsung naik signifikan sebanyak 90% seperti gambar diatas.

Selama sejarah saya lebih dari 4 tahun menjadi blogger, baru kali ini saya mengalami mengganti template kemudian trafik blog malah naik seketika. Biasanya setelah saya mengganti template, trafik blog tidak naik, tetapi tetap seperti biasanya. Dan juga tidak ada penurunan trafik blog sama sekali karena saya selalu menggunakan “teknik khusus” setiap kali mengganti template blog.

Oleh karena itu dalam pengalaman saya mengganti template tidak akan berpengaruh terhadap peringkat alexa seperti yang saya tulis di Penyebab Alexa Rank Blog Anda Turun Naik.

Namun kali ini pada saat ganti template, trafik blog malah naik sebanyak 90%.

Apa sebabnya trafik blog ini langsung naik setelah ganti template?

Ada 2 hal penting yang menjadi penyebabnya:

1. Saya mengganti template blog dari template versi lama dengan template versi baru valid HTML5 dengan desain Responsive.

2. Saya menggunakan cara khusus saat mengganti setiap kali mengganti template.

Keterangan:

* Sebelumnya template blog ini tidak valid HTML5 dan desain webnya tidak responsive. Setelah saya menggantinya dengan template valid HTML5 dan Responsive, maka trafik malah naik. Tentu saja! Template valid HTML5 dan Responsive mudah pahami oleh search engine, web browser, perangkat PC/Ponsel, dan apa saja yang terkait dengan website. Hal ini menjadi penyebab trafik blog naik secara signifikan. Baca selengkapnya di Keuntungan Anda Menggunakan Desain Template Responsive.

* Saya menggunakan cara khusus setiap ganti template. Sejak saya memahami sedikit SEO, blog yang saya kelola tidak pernah turun trafik setiap kali ganti template. Mengapa? Saya mengganti template secara kilat dan pada jam-jam sepi pengunjung (dini hari), lalu saya langsung update seperti biasanya. Saya tidak utak-atik template lagi hari itu dan langsung update artikel baru seperti tidak pernah terjadi pergantian template. Tujuannya agar google bot tidak terlalu menyadari kalau kita sedang ganti template.

Perlu kita catat! Jika kita bisa mengganti template hanya dalam waktu kurang dari semenit dan kemudian langsung disusul update seperti biasanya, maka trafik blog tidak akan turun sama sekali.

( i ) Tahukah anda? Saya mengganti template secara manual. Saya membuka dasbor dua halaman. Semua kode penting di template lama saya pindahi satu persatu ke template baru seperti: meta tag keyword, kode verifikasi alexa, kode bing webmster tool, kode google analitycs, dan apa saya yang diperuntukkan bagi mesin pencari. Ini penting! Semua perangkat di meta content yang disebut diatas itu tidak boleh berubah dari template lama ke template baru.

Setelah semuanya selesai, langsung saya Save. Dan saya langsung update artikel saat itu juga. Hasilnya, google tidak tahu kalau saya telah mengganti template. Karena semua keperluan googlebot telah saya pindahi satu persatu dari template lama ke template baru sebelum template baru itu saya Save.

^^ Sekian dulu informasi tentang trik mengganti template blog agar trafik blog tidak turun, tetapi malah naik. Saya harap teman-teman bisa menarik kesimpulan dari pengalaman saya ini agar bermanfaat di kemudian hari jika teman-teman hendak mengganti template blog.

Terima kasih. Jangan lupa baca juga Desain Web Terkini Paling Cocok Untuk Publisher Adsense.

Bagikan:
73 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.