Cara mengetahui pengunjung online di blog kita

Jumpa lagi juragan… Bagi blogger pemula biasanya tidak tahu bagaimana caranya mengetahui orang yang sedang membaca blog kita. Ada berapa jumlah pengunjung yang sedang online dan apa saja yang mereka baca. Karena juragan cipir dulunya juga tidak tahu ketika belajar ngeblog, apakah tulisannya ini dibaca orang atau tidak :).

Jika ada tuan dan nyonya juragan pemula yang ingin tahu siapa pengunjung blog anda yang saat ini sedang membaca, maka juragan bisa menggunakan alat untuk memonitor pengunjung online blog kita. Yaitu menggunakan Histats. Nantinya pengunjung blog juragan akan tampak di kontrol panel histats. Dan biasanya para blogger selalu menyalakan histatsnya ketika mereka update sambil memantau para visitor.

Cara untuk menggunakan histats, juragan harus mengunjungi situs histats, klik disini. Lalu disana juragan harus membuat akun dulu dengan email. Pertama tuliskan url utama blog yang akan dimonitor dan ikuti petunjuk pendaftaran disitu hingga selesai. Selanjutnya juragan copy paste script histats yang ada disitu dan dipasang di gadget html lalu diletakkan disidebar. Setelah itu juragan bisa menambahkan situs-situs lainnya untuk dimonitor dengan histats.

READ  Mengapa Menciptakan Artikel Lebih Sulit Daripada Menulis Artikel?

Nantinya semua pengunjung blog yang sedang online akan tampak di control panel histats. Halaman yang mereka baca, IP adress, negara, kota, peta, dan lain-lain dari pembaca blog akan tampak di kontrol panel histats. Selain itu kata kunci yang mereka gunakan juga akan tampak di histats.

READ  Cara Membuat Pesan Khusus Untuk Laman Tidak Ditemukan

Sedangkan cara untuk mengetahui rekaman data dan perilaku semua pengunjung blog kita dari tahun lalu hingga sekarang adalah dengan menggunakan google analitics. Hali ini kita bahas pada kesempatan berikutnya.

Sekian dulu info dari juragan cipir tentang cara mengetahui siapa pembaca yang sedang online blog kita. Semoga bermanfaat bagi tuan dan nyonya juragan. Terima kasih.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

20 komentar

  1. Makasih ya mba tutorialnya, sangat bermanfaat :)<br />jangan lupa follow blog saya yaa 🙂

  2. Malah kalau saya pakai StatCounter lho Mbak Indri, di StatCounter kita bisa mengetahui Exit Link (valid click) dari GA dan kita juga mengetahui Visitor Path (asal kunjungan) / URL lengkap dengan keyword yang mereka pakai di search engine

  3. statcounter sama histat lebih akurat sis ^_^

  4. makasih gan atas informasinya. Kalau yang aplikasi cuma nunjuki pengunjungnya aja itu apa gan?
    Salam kenal dari blogger Malang

  5. good job,, bro. all information on this page is helpful… thanks anyway…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *