Cara Mengelola Iklan Adsense di Dalam Blog Agar Maksimal

Halo juragan… Berikut ini saya mau berbagi sedikit pengalaman tentang adsense lagi karena artikel paling ngetren di bulan-bulan terakhir ini adalah bertopik google adsense. Berdasarkan data statistik di histats, dasbor blogger, maupun di google analityc, keyword pencarian terbanyak adalah tentang adsense.

Dan ini membuktikan bahwa permintaan artikel tentang adsense semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah blogger baru. Oleh karena itu saya harus menambah jumlah artikel tentang adsense agar para pencari info bisa menemukan info yang mereka cari dengan mudah.

Sekali lagi saya ingin berbagi tips kepada teman-teman publisher terutama yang CTR-nya masih rendah dibawah 1%. Sebelumnya artikel ini pernah saya singgung pada posting sebelumnya, namun sekarang saya ulangi lagi secara lebih jelas. CTR yang bagus adalah hanya 2% saja, dan yang super bagus adalah 5% meskipun hal itu jarang terjadi atau hanya terjadi sesekali saja. Namun jika di atas 5% mungkin akan dicurigai sebagai aktivitas tidak valid.

* Silakan simak ya teman-teman trik berikut ini siapa tahu bisa anda coba dan memberikan perubahan terhadap jumlah klik adsense (CTR) anda rendah sekali.

1. Buatlah unit iklan sendiri-sendiri pada setiap tempat di blog anda
Kita harus membuat unit iklan sendiri-sendiri agar kita mudah mengetahui iklan mana yang jarang di klik. Setelah tahu iklan mana yang jarang di-klik, maka kita perlu memberikan sentuhan unik kepada iklan tersebut. Misalnya, merubah warna iklan, memberikan background iklan, merubah font huruf iklan (gunakan font paling besar atau font yang disarankan), dan sebagainya yang membuat iklan tampak menarik namun tidak mencolok.

Perlu kita pahami bahwa gaya masing-masing iklan di blog kita tidak harus sama. Setiap tempat terkadang memerlukan gaya iklan tersendiri agar sering di-klik oleh pengguna. Namun setiap gaya iklan tersebut harus tetap serasi dengan nuansa blog anda. Baca juga Cara Meningkatkan CTR Iklan Adsense Dengan Warna Unik.

2. Pindahkan iklan dari tempat yang sepi klik ke tempat lain
Jangan biarkan terlalu lama iklan anda tidak bekerja optimal. Segera geser ke tempat lain yang belum pernah anda coba. Ibarat orang memancing ikan, jika ikan di satu tempat sudah sepi kita perlu geser ke tempat lain di sekitarnya yang lebih banyak ikannya. Perlu kita pahami setiap tempat di blog anda memiliki rejeki sendiri-sendiri. Apakah anda sudah pernah mencoba semua tempat di blog anda?

3. Sediakan ruang iklan yang rapi sebelum anda menempatkan iklan
Ruang iklan harus rapi  sebelum ditempati iklan agar iklannya nanti tidak terlalu mepet dengan huruf atau tidak bertabrakan dengan benda-benda di sekitarnya. Tujuannya agar iklan tampak jelas dan berbinar-binar seperti bulan purnama yang berseri-seri. Jangan biarkan iklan tampak redup seperti ditelan gerhana. Saya sering melihat iklan adsense di sidebar tertelan dekstop sehingga hanya kelihatan separoh atau terpotong sebagian.

Apakah iklan di sidebar anda kelihatan utuh? Belum tentu! Cobalah anda lihat dari WindowsXP untuk memastikan apakah separoh iklan anda tidak dimakan dekstop.

4. Gunakan iklan berukuran paling besar yang bisa dimasuki iklan kecil
Anda memilih unit iklan paling besar berarti sama dengan memilih keseluruhan unit iklan. Karena iklan-iklan kecil lainnya bisa masuk ke unit iklan yang berukuran lebih besar. Maka hal ini akan meningkatkan persaingan iklan dan juga memberikan suguhan yang bervariasi kepada pengguna. Mereka terkadang melihat iklan besar dan terkadang melihat iklan kecil. Akhirnya pengguna suka mengklik iklan tersebut, terutama yang belum pernah mereka lihat. Baca juga Cara Meningkatkan Jumlah Klik Syah Iklan Adsense.

5. Tempatkan iklan sedekat mungkin dengan pusat perhatian pengguna
Jangan letakkan iklan di tempat yang terlalu jauh dari jangkauan mata pengguna karena iklan tersebut akan jarang mendapatkan klik. Semakin dekat iklan dengan pusat perhatian pengguna maka akan semakin besar peluang untuk di-klik. Namun pastikan iklan tidak menghalang-halangi atau mengganggu pengguna selama membaca.

Catatan:
Penempatan maupun format iklan tertentu tidak selamanya sukses. Jadi jika ada penurunan jumlah klik dalam jangka beberapa hari maka kita perlu memberikan sedikit polesan lagi pada iklan tersebut atau menggeser tempatnya sedikit. Biasanya sedikit saja perubahan yang anda lakukan bisa menghasilkan dampak yang besar.

Sekian dulu informasi yang bisa saya bagikan kepada teman-teman hari ini tentang cara mendongkrak CTR atau klik iklan adsense anda yang lesu. Jangan lupa baca juga Bagaimana Cara Iklan Google Ditargetkan Kepada Pengguna Situs Anda?

Bagikan:
39 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.