Cara Mengelola Blog Dalam Jumlah Banyak Untuk Optimasi Adsense

Halo juragan… Memiliki blog banyak adalah salah satu teknik mengoptimalkan pendapatan adsense. Namun jika kita salah dalam pengelolaan maka akan membuat blog-blog tersebut terbengkalai. Saat ini saya memiliki setidaknya 35 blog yang ada iklan adsensenya, dan jumlah itu akan terus bertambah.

Dan kesemua blog tersebut masing-masing menyetorkan uang setiap hari meskipun sedikit. Tetapi sedikit demi sedikit jika ada banyak blog maka cepat terkumpul, dan itulah yang bisa membuat kita bisa payout setiap bulan.

Mengapa saya memutuskan memiliki banyak blog? Silakan teman-teman simak ulasan saya dalam sejarah bermain adsense.

1. Pada awal tahun 2010 saya hanya memiliki satu blog bahasa inggris, karena bahasa indonesia belum didukung adsense pada waktu itu. Beberapa hari sekali saya menulis artikel, maklum saya tidak bisa berbahasa inggris sehingga tidak bisa update normal setiap hari. Setelah satu tahun bersusah payah mengelola blog, maka trafikpun mulai tinggi dan akhirnya menjelang payout.

Namun payout belum  kesampaian ternyata blog saya keburu dibanned karena mencampur bahasa yang tidak didukung, yaitu bahasa indonesia. Awalnya saya hanya ikut-ikutan teman menulis bahasa indonesia tetapi akhirnya keenakan. Teman-teman banyak yang beruntung tidak dibanned karena beberapa bulan kemudian bahasa indonesia telah didukung adsense. Kerja keras saya selama setahun musnah tanpa bekas. Jadi selama ngeblog setahun (2010-2011) saya belum pernah payout.

2. Tahun 2011 saya memulai lagi membuat blog baru. Seperti sebelumnya, saya mulai menulis artikel bahasa inggris satu persatu. Agar earningnya meningkat maka saya belajar SEO onpage dan offpage untuk menaikkan trafik.

Hasilnya? Trafik saya benar-benar naik setelah saya kelola selama setahun. Tapi ketika menjelang payout ternyata blog saya dibanned lagi karena melanggar pedoman mutu webmaster. Akhirnya kerja keras saya selama setahun (2011-2012) musnah tanpa bekas lagi.

3. Pada tahun 2012 saya berhenti ngeblog selama setahun karena saya putus asa. Namun sebelum menutup komputer, saya membuat blog Juragan Cipir ini untuk menyimpan unit iklan adsense agar akun saya tidak dinonaktifkan. Karena akun yang tidak aktif akan didisabled oleh google. Saya bermaksud suatu saat nanti akan memulai adsense lagi jika sudah tiba saatnya.

READ  3 Website Besar Yang Menjadi Inspirasi Saya

4. Pada tahun 2013 saya mulai menulis lagi di blog Juragan Cipir ini. Namun kali ini saya tidak akan menggantungkan nasib hanya pada satu blog saja. Saya langsung membuat 14 blog sebagai cadangan agar jika sewaktu-waktu ada blog yang dibanned lagi saya masih memiliki banyak blog yang menghasilkan. Kesemuanya blog tersebut memiliki artikel tetapi hanya sediki saja, jadi saya tidak langsung memasang iklan adsense di atasnya.

Kemudian saya menambahi artikel setiap blog hingga mencapai sekitar 200 artikel, lalu saya pasangi iklan GA di dalamnya. Setelah itu saya mengisi blog satunya lagi dengan sekitar 200 artikel juga, lalu saya pasangi iklan GA lagi. Sampai akhirnya saya memiliki 35 blog yang masing-masing bertrafik yang lumayan untuk sekedar sarapan pagi.

(Baca juga: Perbedaan Blog Banyak Dan Blog Sedikit Untuk Adsense)

* Namun saya lebih sering berlabuh di blog ini. Beberapa hari kemarin saya mulai mengisi blog satunya lagi dan saat ini mulai ada sekitar hampir 100 artikel dengan niche tertentu di blog tersebut. Jika sudah ada 200 artikel nanti akan saya pasangi iklan lagi, lalu saya tinggalkan untuk mengisi blog satunya lagi. Mungkin akhir bulan ini saya sudah memiliki persediaan lebih banyak blog aktif dan kesemuanya bekerja untuk saya hehehe 😀 (sekedar motivasi).

* Dengan kata lain adalah saya ternak blog untuk dipakai sendiri. Dan blog juragan cipir ini merupakan blog kesayangan saya yang paling sering saya singgahi.  Terkadang saya melepas iklan di blog ini selama berhari-hari, tetapi earning adsense tetap jalan terus. Karena saya telah menanam telur di blog-blog saya yang lainnya.

READ  Trafik Blog Tinggi Tapi Earning Adsense Rendah? Ini Penyebab Dan Solusinya

* Saya bisa menulis cepat karena saya tidak terlalu pusing-pusing memikirkan kualitas artikel untuk blog ternak saya. Mereka hanya blog pendukung saja. Isinya adalah kegiatan saya sehari-hari saja yang penting saya bisa cepat memiliki artikel banyak. Dan pada kenyataannya ternyata tulisan sejelek apapun jika orisinil maka pasti ada saja yang baca. Bahkan, 35 blog dengan artikel asal-asalan tersebut sanggup mengalahkan CTR di blog juragan cipir ini dan mereka setor setidaknya 2000 klik dalam sebulan.

Kesimpulan:

1. Jangan menyimpan telur dalam satu sarang. Karena jika sarang tersebut jatuh maka telur-telurnya akan pecah semua.

2. Jangan hanya memasang guci di satu pancuran. Jika anda memasang guci di banyak pancuran, maka guci anda akan cepat penuh dengan air.

3. Jangan mengandalkan satu blog jika bermain adsense, karena jika dibanned kita masih memiliki blog-blog lainnya. Selain itu, blog yang banyak akan lebih cepat mengumpulkan uang karena masing-masing blog memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Jika blog yang satu earningnya sedikit, maka blog lainnya memiliki earning yang melimpah dari biasanya. Kita akan tahu perbedaan kinerja blog jika kita telah memiliki setidaknya 5 buah blog. Masing-masing blog terkadang pintar dan terkadang bodoh.

^^ Dengan cerita di atas semoga teman-teman bisa menentukan langkah terbaik dalam mengais pundi-pundi dollar melalui adsense. Oleh karena itu silakan teman-teman baca juga postingan saya satunya tentang Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense Dengan Ektensifkasi Blog.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

54 komentar

  1. Yang kedua kali saya salut sama sampeyan jeng he hee… Lanjutkan!!

  2. Gambar Gravatar Indra Kusuma Sejati berkata:

    Wah, kepengen juga saya pun banyak blog,, apalagi kalau blognya aktif.<br /><br />Salam

  3. Mantab nih tipsnya… JEMPOL… Salam blogwalking dari Pulau Dollar

  4. Gambar Gravatar Wahyu Eka Prasetiyarini berkata:

    saya terus terang malah pusing mbak kalau ngurus banyak blog :D<br />tapi udah terlanjur sih mau gimana lagi 😀

  5. Filosofi bagus dalam mengelola blog lebih dari satu, buk Indri. Mudah-mudahan saya bisa membuat blog baru untuk menerapkan filosofi, buk Indri…

  6. Wah banyak sekali ya mbak blognya. Aku saja saat ini cuma ada 3 blog aktif saja.

  7. Kalau saya mah pusing kalau harus ngurus banyak blog 🙂 Tapi Tipsnya akan saya coba :)<br /><br />2000 klik/bulan itu hebat loh mba 🙂

  8. satu blog aja udah sering bingung bikin artikelnya apalagi dengan 14 blog beuh mantap

  9. satu akun adsense saya dipasangi 2 blog,tolong pendapatnya,terimakasih

  10. yang di banned itu blog dari blogger atau dengan yang lain misalnya wordpress self hosted….????

    1. yg dibanned blogspot semua :p

  11. Wah saya sangat salut dengan mbak indri ini, walaupun ibu rumah tangga, namun semangatnya luar biasa, patut untuh di contoh. Mampir ke blog saya juga mbak.

  12. Tips yang menarik, tapi kalau saya blog yang saya kelola hanya berjumlah 6 mbak, 2 dengan bahasa inggris, semoga dengan tips ini membuat ke 6 blog saya trafiknya naik terus, amiiin

  13. wah mantab benget nih penjabarannya,, saya jadi termotifasi untuk membuat blog lagi,, makasih mbak

  14. saya repot klo ngurus blog bnyk2 mbk,maklumlah ngurus sendiri nggk ada yg bantuin :)<br />saat ini cuma ada 2 blog aja

  15. Edasss semangat juangnya besar sekaliiii hmmmmm .. bagus untuk di ikuti 😀

  16. beberapa bloggku belum terurus ,jadi biar satu blog dahulu bertelur baru ternak lagi pada ladang lainya ,maklum telmi jadi malah puyeng kalo mikir bercabang ,tapi saya tetep setuju dengan artikel di atas

  17. Saya punya 40 blog lebih, tapi belum punya teman seperti mba indri, kalau update artikel baru, pasti temen-temen blogger nya pada datang, dan saya belum bisa memecahkan tentang cara mengakses dasbor blogger dan adsense lewat hp, jadi saya pasrah saja, mau ada yang klik atau tidak iklan adsense yang saya pasang di blog,

  18. wah wa……..h salut saya sama blogger yang satu ini, blog saya aja yang sudah brjalan 1 thn baru memiliki 117 artikel mbak, sedangkan punya mbak indri dapat mengisi 200 artikel hanya dalam beberapa bulan, salut salut

  19. lama tidak ngeblog,, masih rame aja ni blog mbk indri,,<br /><br />tapi bicara adsense saya tak undur diri aja hehehehe.. maklum blog saya kayaknya tinggal nunggu waktu di banned.

  20. hasil jatuh bangun sekarang jadi sukses ya mba

  21. wah…sempat jatuh bangun juga ya Mbak Indri ini. Jadi ternak blog juga ternyata, o ya..semoga makin sukses deh semua blognya

  22. wah bener juga ya. sy jg dulu sempat kepikiran gitu. bwt jaga2 lw nanti akun adsense sy d banned, atw blog sy yg d hapus google. krn akhir2 ini sy baca bnyk blog yg d hapus.<br /><br />tapi yg mau sy tanyakan k mbak, katanya mbak punya blog banyak dengan dipasangi iklan adsense semua.<br />apakah masing2 blog tsb dipasangi dengan akun adsense berbeda? <br />atau semua blg tsb d pasangi dg akun

    1. semua blog-blog saya hanya saya pasangi iklan dari 1 akun adsense saja, dan saya hanya punya 1 akun adsense sejak hampir 5 tahun krn google tdk mengijinkan satu orang memiliki 2 akun adsense atau lebih :D<br /><br />akun adsense cukup satu saja, ntar kalau dibanned baru bikin lagi pakai nama atau alamat lain &amp; caranya mudah aja kok, tapi usahakan jgn sampai dibanned 😀

  23. addsense saya udah register hampir setahun, kok belum aktif ya 🙁

  24. hati hati juragan kalau CTR naik tapi tidak diimbangi page Impresion bisa ditendang google jg kayaknya. 🙂

  25. halo juragan,semoga sehat selalu dan sukses selalu..saya pemula yang sedang belajar adsense saya mau tanya ni sudah kebingungan semalaman..kenapa button salah 3 dari empat blog saya button untuk daftar adsense ngga aktif ya gan?apa yg 3 blog tersebut karena umur blog belum ckup 6 bulan jadi button daftar adsense ngga aktif?terikamasih gan ane tunggu jawabannya

    1. kalau masalah seperti itu coba mas rohmat kirimkan umpan balik ke blogger, krn itu adalah kesalahan teknis di blogger 🙂

  26. mantap gan penjelasannya…saya baca yang kebanned di tahun 2010-2011 itu saya ikut nostalgia…hmmm….300$ banned gara gara fraud clik….tapi gpp lah sambil belajar ikut menyelam….memang blog jumlah banyak sangat menguntungkan kita…tapi ya pasti banyak duka dulu….harus sering sering luangin waktu…..tapi memang itu alternative bagus bro….ditunggu jalan jalannya di tempat ane….salam

  27. Woww…..apa gak pusing misalnya setiap hr hrs buat lbh dr 5 artikel…blm cr inspirasi apa yg mo d tulis.sy pnya satu blog bs nulis plng seminggu sekali.tp niatnya pngin nambah beberapa blog ky mengulas tntng fotographi,musik dan hewan peliharaan sesuai bidang yg sy cintai

  28. wah… hebat ya bisa mengelola banyak blog, saya baru belajar pengen punya blog yang banyak jg 😀

  29. Wah saya aja yg baru punya satu uda keblinger mau nulis apa. . . tpi sukses trus deh buat s embaa 🙂 nice info 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *