Cara Mengatasi Penurunan Penghasilan Adsense Akibat Googleweblight

Hai sobat blog juragan cipir semuanya, uh… lama sekali saya gak update lagi di blog juragan cipir, niatnya si setiap minggu harus bisa jadi guest blogger, tapi saya juga terus menerus sibuk ini dan sibuk itu. Jadi ya sebisanya aja.

Mungkin kita semua sebagi blogger tuh udah pasti tahu ya dengan namanya “googleweblight”. Ya benar, ini adalah suatu tools pengalihan dari SE Google apabila terdeteksi koneksi internet kita lemot.

Adsense-Googleweblight

Ya walaupun sudah digalakan 4G LTE di segala penjuru, namun tetap saja ya banyak yang masih lambat bahkan sering gagal koneksi, apalagi saat download termasuk seperti koneksi internet di desa saya yang bisa dibilang masih di pedesaan dalam.

Googleweblight ini bisa disebut juga sebagai pengoptimalan laman seluler. Ya tentunya agar semua web ramah seluler. Lebih ringan dan lebih cepat hingga 80%.

Namun pengoptimalan yang dilakukan ini membawa dampak yang buruk juga terhadap para blogger terutama bagi publisher adsense. Yaitu penurunan pendapat alias penghasilan. Simak juga Pengalaman Gajian Pertama Kali dari Google Adsense yang Menegangkan.

Didasbord blogger milik saya, menunjukan bahwa 40% sumber trafik dari googleweblight. Ini berarti pengoptimalan untuk laman di blog saya cukup besar. Tapi entah dengan di blog juragan cipir ini.

Saya belum tahu secara pasti apakah iklan di akun google adsense hosted gak bisa tampil di googleweblight atau tidak. Tapi ada yang mengatakan tidak tampil, karena itu di domain TLD.

Tapi setelah saya amati, akun google adsense hosted pun bisa tampil iklannya saat pengalihan ke laman google weblight.

Selain itu, iklan yang tampil juga menjadi responsif dan letaknya tidak beraturan. Tentu ini yang mengakibatkan penghasilan adsense menurun drastis dan ekstrim.

Maka dari itu untuk menghadapi badai googleweblight, saya sarankan kepada Anda agar punya akun google adsense non hosted, serta gunakan template yang mobile friendly.

Ya walaupun penghasilan tetap saja kecil dan kurang menguntungkan jika dibandingkan dengan di dekstop, tapi setidaknya jika Anda memang memiliki tampilan yang ramah seluler maka nantinya akan jadi lebih baik.

Ya kita memang tak bisa berbuat apa-apa, walaupun blogger semakin terpojokan dan penghasilan semakin kecil, namun semua itu sebenarnya dilakukan demi kebaikan pengunjung itu sendiri.

Demikianlah cara mengatasi pendapatan adsense yang turun akibat googleweblight. Semoga bermanfaat. Thanks…

Penulis: Mas Takim

Bagikan:
23 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.