MAAF BLOG MASIH DALAM PERBAIKAN Blog Still Under Maintenance

Cara Menentukan Niche Blog Untuk Adsense Paling Tepat

Halo juragan… Blog niche adalah blog dengan topik sama alias bukan gado-gado. Saya melihat banyak sekali publisher google adsense berambisi untuk menciptakan blog niche dengan membidik keyword tertinggi.Mereka berharap dengan niche tersebut akan memberikan earning yang besar dari iklan adsense, karena dianggap memiliki CPC yang tinggi. Itu boleh-boleh saja dan mungkin itu benar jika iklan adsense yang tampil di blog anda bisa relevan. Namun jika iklan tidak relevan maka hal itu sama saja bohong. Benar bukan?

riset keyword, low kompetitor, high cpc, cari uang, bisnis online, internet marketing

Karena selain melihat isi konten dalam menentukan iklan, google juga melihat kebiasaan pengguna. Misalnya, jika pengguna suka mengunjungi facebook, mungkin google akan menampilkan iklan facebook meskipun artikel anda bertema asuransi. Dan saya sering melihat hal seperti itu.

Selain itu banyak publisher yang tidak memahami topik yang ditulisnya sendiri hanya karena mengejar HPK tinggi. dengan kata lain mereka memaksakan diri untuk menulis artikel dengan niche ber-HPK tinggi.

Saya sebenarnya geli saat menulis artikel ini, karena saya juga pernah mengalaminya πŸ™‚ . Kesalahan saya adalah karena saya tidak paham dengan apa yang saya lakukan dan saya tidak bisa konsisten pada satu topik.

Pertanyaannya adalah;
Sampai kapan anda mampu menulis artikel seperti itu? Sementara anda tidak memahami apa yang sedang anda tulis sendiri. Sudah pasti bahwa suatu saat anda akan mentok dan berhenti menulis artikel semacam itu, dan akhirnya akan berubah menjadi blog gado-gado secara perlahan πŸ™‚

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, menentukan niche blog jangan berpedoman dengan HPK/CPC adsense. Tetapi berpedomannlah pada keahlian yang anda miliki. Temukan satu kelebihan pada diri anda dan tuliskan di blog dalam satu topik. Sehingga kontinuitas blog anda akan terjamin. Situs anda akan tetap eksis dan tetap berada pada diri sendiri.

Saya pernah membuat blog niche dengan tujuan untuk mengejar HPK tertentu yang tidak terlalu tinggi. Alasannya karena saya memang menyukai artikel semacam itu. Tapi artikel tersebut bukan bersumber dari otak saya, melainkan mengutip dari situs luar negeri yang saya terjemahkan ke bahasa Indonesia, selanjutnya saya olah lagi menjadi bahasa saya.

Hasilnya? Artikel menjadi sedikit berkualitas dan mendepak blog saya yang satunya di search engine. Pagerank naik separuh dan angka alexa melangsing sedikit. Tapi ternyata hal itu hanya mampu berjalan beberapa bulan saja. Karena berikutnya saya kesulitan membuat artikel semacam itu lagi.

Lama-kelamaan menulis artikel berubah menjadi sebuah pekerjaan yang berat, dan sudah tidak happy lagi seperti ketika awal menjadi blogger. Selanjutnya saya tidak mampu update secara rutin lagi, dan kemudian secara perlahan pagerank turun menjadi nol, lalu angka alexa yang tadinya langsing berubah menjadi jutaan.

Akhirnya saya sadar bahwa ternyata tidak cocok bagi saya jika membuat blog niche yang berpedoman dengan mengejar HPK tinggi, sementara saya tidak menguasai niche tersebut.

Kesimpulan:
Niche yang memungkinkan anda sukses adalah niche yang ada pada diri anda sendiri. Blog Niche tidak akan tercipta jika anda tidak konsisten pada satu topik. Misalnya, mudah bosan, mudah terpengaruh, dan mudah putus asa.

Cobalah anda membaca kisah-kisah sukses publisher adsense tingkat atas yang diposting oleh google. Mereka semuanya memiliki blog dengan niche ber-HPK biasa-biasa saja, namun mereka konsisten dan benar-benar memahami artikel yang mereka tulis sendiri. Sehingga mereka mampu terus-menerus update hingga jutaan artikel.

Sebagai contohΒ adalahΒ Dave Taylor, seorang publisher asal USA.Β Dave taylor hanya memiliki satu kelebihan saja, yaitu sebagai ahli mekanik komputer. Namun dia punya ide cemerlang. Dave menuliskan keahliannya di satu blog miliknya dengan tekun dan konsisten.

Akhirnya artikelnya menjadi jutaan postingan dan kini dia menjadi orang sukses yang secara resmi diakui oleh google adsense. Dia yang tadinya bekerja berangkat pagi pulang sore, kini hanya bekerja di dalam rumah saja. Sebagian besar waktunya dihabiskan untuk bermain bersama anak-anaknya.

Contoh lain, Nick – MooseyΒ dari New Zeeland. Nick – Moosey. Nick adalah anak laki-laki bersama ibunya, Moosey, yang tidak memiliki keahlian apa-apa, tetapi mereka rajin dan konsisten. Mereka berdua mencintai bunga-bunga yang setiap hari mereka rawat di kebunnya. Bunga-bunga tersebut dipotretnya oleh Nick lalu dijadikan sebagai bahan artikel di blognya.

Kemudian blognya dihadiahkan kepada sang ibunda tercinta, Moosey. Akhirnya blognya populer dan kini mereka berduaΒ diakui oleh googleΒ sebagai publisher adsense sukses. Bagaimana tidak sukses karena mereka paham dengan apa yang mereka lakukan dan tetap konsisten.

Menentukan niche blog tidak harus berpedoman dengan keyword mahal, tetapi berpedomanlah pada keahlian yang anda miliki. Temukan sesuatu di dalam diri anda untuk di monetasi melalui google adsense. Mengingat publisher adsense merupakan pekerjaan jangka panjang yang selamanya menuntut anda untuk menulis selama masih menjadi publisher. Karena itu jadikanlah menulis artikel sebagai pekerjaan yang paling mudah dengan menuliskan sesuatu yang telah anda pahami.

^^ Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Rahasia Sukses Publisher Adsense Dari Awal Hingga Akhir.

84 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *