Cara Mencegah/Mengatasi Pencurian Artikel Oleh AutoBlog

Tips mengatasi pencurian konten oleh AutoBlog / Auto Blog / Blog AGC (Automatically Generated Content)

Halo juragan… Kali ini juragan cipir ingin berbagi tentang cara mencegah pencurian artikel yang dilakukan oleh para spamer auto blog agar tidak terjadi di blog kita. Hal ini saya pelajari setelah blog saya ini (Juragan Cipir) pernah menjadi korban dari blog AGC (auto generated content) atau biasa disebut autoblog.

Rupanya ada seseorang yang mencoba menggenerate artikel di blog ini untuk menciptakan sebuah situs pencetak backlink. Setiap halaman di blog AGC tersebut dipasangi link aktif otomatis yang mengarah ke website miliknya yang lain. Di website lain tersebut dia memasang iklan google adsense miliknya.

Melihat kejadian tersebut saya sangat kasihan dengan si empunya blog agc tersebut. Karena dia berharap ingin mendapat trafik tinggi tetapi tidak mampu melakukannya dengan cara-cara profesional, akhirnya dia mencuri artikel orang lain untuk membangun backlink. Padahal cara seperti itu sama dengan mempersubur kebodohan yang ada pada kita sendiri. Bukankah begitu?

Namun jika hal itu terjadi terus menerus maka kita juga rugi banget loh, karena lama kelamaan blog kita akan tenggelam di SERP. Kemudian blog agc tersebut akan berdiri di atas blog kita sambil tertawa terkekeh-kekeh seperti maklampir πŸ˜€

Sekilas Autoblog

Pencurian artikel oleh para autoblogger dilakukan dengan membuat situs khusus yang berperan untuk mencuri artikel milik blog lain.

Mereka menggunakan plugin tertentu atau hanya dengan memanfaatkan fitur pengeposan otomatis yang tersedia di blogger, lalu dibantu oleh situs pembaca format umpan yang biasa disebut situs agregator atau RSS reader yang ada di internet untuk mengirim umpan dari blog lain ke blog miliknya.

Jadi satu-satunya akses yang mereka gunakan untuk menyadap artikel adalah melalui umpan blog atau biasa disebut feed blog. Dalam bahasa IT disebut RSS Feeds (Rich Site Summary atau Really Simple Syndication). Dan semua blog/website di internet pasti memiliki feed blog, karena diperuntukkan bagi para subscriber atau pembaca yang ingin berlangganan artikel terbaru.

Ada sebuah situs induk umpan di internet yang bernama FeedBurner. Feedburner inilah yang nantinya kita gunakan untuk mengatur umpan di blog kita untuk menentukan kiriman umpan ke seluruh situs-situs agregator yang ada di internet. Termasuk situs agregator yang digunakan oleh para auto blog.

Jika feed ini kita tutup total atau kita matikan, maka situs agregator yang dimanfaatkan oleh para autoblog untuk menyedot artikel kita tidak akan berfungsi, karena tidak mendapat kiriman umpan dari feedburner yang berasal dari blog kita. Maka autoblog akan mencari situs lain sebagai korbannya.

Tapi ada dampak buruk jika kita menutup feed blog kita begitu saja, yaitu trafik blog kita akan turun. Karena feed blog merupakan format umpan atau pakan pada situs web yang digunakan untuk menerbitkan dokumen yang baru saja diupdate pada website untuk dibagikan kepada para penerima akhir, yaitu pembaca berlangganan dan pembaca dari search engine. Dalam hal ini search engine akan mengindeks artikel dengan kesulitan karena tidak adanya umpan blog, sehingga akan mengalami keterlambatan utk membaca kiriman data.

Pandangan webmaster

Bagi para webmaster senior, optimasi seo untuk mengejar trafik blog bukanlah satu-satunya permasalahan yang ada di kepala mereka. Namun kekuatan website dari kemungkinan aksi auto blog serta serangan hacker dan cracker adalah hal nomor satu yang mereka persiapkan sebelum mereka memulai optimasi search engine pada situs yang dikelolanya. Karena tidak akan ada artinya trafik blog melimpah jika website tersebut mudah ditumbangkan oleh para peretas (hacker dan cracker).

Beberapa pakar IT mengatakan bahwa hacker tidak boleh ditakuti, tetapi harus dilawan dengan cara memperdalam pengetahuan tentang teknologi informasi. Tujuannya adalah agar kita bisa membangun situs yang kuat dari segala sisi.

Sebelum menyerang sebuah situs, seorang hacker biasanya akan mencoba mendeteksi kelemahan CSS (Cascading Style Sheet) pada situs yang menjadi target dengan menyusupkan “teks berkedip” atau “blinking text” yang akan berjalan masuk ke situs untuk merusak sistem pada html template. Jika gagal, mereka mencoba merusak sistem yang lain dengan cara-cara yang beragam, sampai menemukan celah untuk melakukan penghancuran pada sasaran yang ditarget.

Begitu juga dengan autoblogger. Banyak cara yang bisa mereka coba untuk meredirect artikel blog lain. Namun pada intinya, autoblogger mencari celah yang ada pada umpan di sebuah blog. Oleh karena itu tindakan pencegahan yang bisa kita lakukan dari aksi autoblog adalah terletak pada umpan blog. Yaitu tentang bagaimana cara kita menutup umpan blog tetapi tidak mengganggu search engine dalam menerima umpan.

Caranya adalah dengan memanfaatkan feedburner untuk menentukan format umpan di blog kita untuk dikirimkan ke semua situs-situs agregator yang ada di jagat internet. Disana kita bisa menyetel kiriman artikel ke auto blog dengan setelan tertentu, misalnya hanya mengirim judul postingan saja, sedangkan artikelnya tidak usah dikirim.

( i ) Berikut ini ada tips trik yang mungkin bisa membantu anda yang telah menjadi korban autoblog seperti yang saya alami untuk meminimalkan gangguan autoblog;

I. Buat Separated Feeds

Langkah pertama adalah membuat umpan terpisah. Yaitu menutup umpan default pada blog kita, lalu mengalihkannya ke FeedBurner. Feedburner adalah situs induk yang dikelola oleh google untuk menyimpan umpan yang dikirimkan kepadanya dari seluruh website yang ada di internet, lalu mengirimkannya lagi ke seluruh situs-situs agregator.

FeedBurner ini memiliki banyak opsi yang bisa kita manfaatkan untuk mengatur setelan tertentu untuk dibagikan ke sumber-sumber umpan lainnya di internet seperti, My Yahoo!, Google Reader, News Gator, Google Fusion, My Aol, Bloglines, dan sebagainya. Salah satunya adalah umpan yang masuk ke situs agregator yang bernama google reader yang bertugas mengirim umpan kepada para followers blog anda.

Jadi anda harus membuat akun feedburner dulu untuk mengalihkan umpan situs anda. Jika anda pengguna blogger, anda cukup login ke akun google anda, kemudian masuk ke feedburner.

Caranya;

1. Kunjungi situs FeedBurner.

2. Masukkan url feed default blog anda;

* Untuk blogger; http://yoursite.blogspot.com/feeds/posts/default/
* Untuk WordPress; http://yoursite.com/feed/

3. Kemudian klik Next. Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

Lalu ikuti petunjuk selanjutnya sampai akun feedburner anda jadi.

II. Buat Feeds Summary

Langkah kedua adalah membuat format umpan ringkas.

Caranya:

1. Pastikan anda masih sign in di FeedBurner. Kemudian klik Optimize, lalu klik Summary Burner. Lihat gambar dibawah ini.

2. Selanjutnya tentukan jumlah karakter umpan. Misalnya 30 karakter atau 50 karakter. Lalu tuliskan deskripsi umpan bagi para pembaca dan jangan lupa tuliskan alamat blog anda. Tujuannya adalah agar para auto blog bisa membantu kita untuk mempromosikan url blog kita. Contohnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

3. Setelah oke, silakan klik Save.

III. Alihkan Default Feed Blog

Langkah ketiga adalah mengalihkan umpan dari blog ke FeedBurner.

Caranya;

1. Pastikan anda sudah login ke dasbor blogger. Kemudian klik Setelan, lalu klik Lainnya. Lihat gambar dibawah ini.

2. Kemudian menuju ke setelan “Umpan situs”. Setel “Izinkan Umpan Blog” menjadi Singkat atau Summary. Kemudian masukkan url FeedBurner yang telah anda buat tadi di “Posting URL Pengubahan Arah Feed”. Lihat gambar dibawah ini.

3. Setelah itu klik Simpan Setelan di dasbor pojok kanan atas.

( ? ) Untuk mengetahui URL feedburner anda, caranya berikut ini;

1. Masuk ke akun FeedBurner. Lalu klik “Edit Feed Detail” di bagian paling atas. Kemudian lihat url pada “Feed Address” yang ada di bawahnya. Lihat gambar dibawah ini.

Keterangan;

1. Untuk beberapa hari pertama jika anda membuka http://yoursite.blogspot.com/feeds/posts/default/, anda akan melihat “Halaman tidak ditemukan” atau Not Found. Setelah itu, feed blog anda akan teredirect ke FeedBurner. Contohnya bisa anda lihat dibawah ini;

https://juragancipir.com/feed

2. Pastikan tidak ada duplikat “Feed” anda di FeedBurner. Jadi anda harus memiliki satu Feed saja di feedburner untuk satu blognya. Maksudnya adalah, jika anda memasukkan 5 blog di satu akun feedburner maka jumlah Feednya juga harus 5 Feed saja. Tujuannya adalah agar tidak ada celah lagi yang bisa digunakan oleh auto blog untuk menyedot artikel dari duplikat umpan.

Hasilnya:
Copaser autoblog dijamin kapok karena artikel yang terkirim hanya itu-itu aja, kalo mau biar copas aja secara manual biar tangannya keriting, kalo sudah keriting laporkan ke DMCA google biar dihapus lagi artikelnya, hehehe πŸ™‚ Begitulah. Semoga bermanfaat.

Salam Blogger Indonesia – Saling menghormati dan menjaga etika blogger adalah ciri khas blogger Indonesia. Jangan lupa ketahuiΒ jugaΒ Cara Mencegah dan Mengatasi Pembingkaian Konten Blog WordPress

Bagikan:
159 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.