Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona Covid 19

Sekarang ini virus corona covid19 sudah menyebar kebanyak negara dibelahan bumi ini. Penyebaran virus corona terjadi antar manusia melalui cara droplet, yaitu tetesan atau cairan yang berisi virus corona covid 19 dan kemudian masuk ke tubuh manusia lainnya melalui hidung, mata atau mulut.

Agar penyebaran virus corona covid 19 bisa dicegah, maka ada beberapa hal yang harus kita lakukan,diantaranya sebagai berikut :

  1. JUJUR

Agar penyebaran virus corona covid 19 bisa dicegah, hal yang perlu kita lakukan adalah berkata dengan jujur kepada petugas medis ketika kita sedang diperiksa atau memeriksakan kesehatan diri.

Pasien harus memberitahukan sejelas – jelasnya bagaimana kondisi kesehatan kita, sudah berapa lama pasien mengalami sakit, Pasien sudah pernah pergi kemana saja ketika sebelum sakit, siapa sajakah yang pernah kontak  fisik dengan kita.

Kejujuran ini sangat penting agar tenaga medis bisa melakukan langkah –langkah selanjutnya untuk proses penyembuhan si Pasien. Apalagi Jika tenyata pasien dinyatakan positif terkena virus corona, maka kejujuran informasi yang diberikan dari pasien amatlah sangat penting untuk melakukan pencegahan dan pengobatan  serta penyebaran virus corona covid 19 sedini mungkin.

  1. JAGA JARAK ( PHYSICAL DISTANCING )

Untuk mencegah penyebaran virus corona covid 19 hal yang penting juga untuk dilakukan adalah dengan menjaga jarak fisik antara orang yang satu dengan orang yang lain.

Langkah ini harus dilakukan agar penyebaran virus corona secara droplet bisa dihentikan, sehingga rantai penyebaran virus corona covid 19 bisa diputuskan.

  1. CUCI TANGAN / JAGA KEBERSIHAN

Langkah berikutnya untuk mencegah penyebaran virus corona covid 19 adalah dengan selalu rajin mencuci tangan kita, baik ketika sedang dirumah maupun sedang berada diluar rumah.

Maksud mencuci tangan ini, agar ketika ada kuman ataupun virus yang menempel di tangan tidak ikut menempel / masuk juga kedalam mulut, mata dan hidung , ketika tangan sedang menyentuh area wajah.Selain itu juga, agar kedua  tangan tetap steril dan tidak ikut menyebarkan virus kemana – mana.

  1. MEMAKAI MASKER

Area wajah, terutama mata, mulut dan hidung adalah jalan masuknya virus corona covid 19 sehingga kita harus memakai masker, terutama ketika sedang keluar rumah.Karena untuk itulah maka peranan masker sangatlah penting sekali untuk mencegah penyebaran virus corona covid 19.

Banyak jenis masker yang berfungsi untuk mencegah penyebaran virus corona covid 19, misalnya masker bedah, masker N95, Masker N99 , MaskerN100 dan masker kesehatan yang direkomendasikan lainnya.

Fungsi masker yang dipakai adalah untuk melindungi serangan virus ke area hidung dan mulut.Dan juga sebagai penahan virus yang keluar dari mulut atau hidung jika yang bersangkutan terkena virus.

  1. BERAKTIVITAS DIRUMAH SAJA

Cara lainnya agar virus corona tidak menyebar kemana – mana, maka kita dihimbau untuk tetap berativitas dirumah saja.Dengan dirumah saja, mudah – mudahan semua orang terlindungi dan tidak terkena virus corona covid 19 dan bagi pasien terkena juga tidak menyebarkan virus kemana – mana.

Selain lima hal diatas yang berfungsi untuk mencegah penyebaran virus corona covid 19, kita juga perlu melakukan  Rapid test agar bisa menekan penyebaran virus corona.

Rapid test adalah Metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

Pembentukan anti bodi membutuhkan waktu yang lama, sehingga proses rapid test  ini merupakan pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring saja , bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona.

Bagi Masyarakat yang ingin mendapatkan layanan rapid test di wilayah Jabodetabek, kini Halodoc membantu Pemerintah dengan menyediakan layanan rapid test yang  berkerjasama dengan berbagai pihak rumah sakit diwilayah Jabodetabek.

Perlu diketahui bahwa Halodoc adalah sebuah website Kesehatan yang memberikan informasi tentang : Kesehatan, Obatan – obatan, layanan Konsultasi Online, informasi tentang rumah sakit dan informasi seputar dunia kesehatan lainnya.Hadirnya Haldoc sangat membantu para Masyarakat untuk mencari informasi seputar kesehatan tanpa harus datang langsung ke rumah sakit ataupun Klinik.

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.