Cara Mempertahankan Alexa Rank Yang Merosot Turun

Halo juragan… Alexa rank yang merosot turun ditandai dengan bertambahnya jumlah angka pada alexa rank, atau lebih sering disebut alexa “membengkak” atau menggendut oleh para blogger. Memang blogger indonesia sering membuat istilah sendiri sehingga istilah ciptaan tersebut diakui oleh google dan disimpan diindeks pencarian.

Salah satu cara mempertahankan kelangsingan atau kerampingan alexa adalah dengan update artikel orisinil secara rutin setiap hari. Namun jika pencarian terbanyak (google trends) sedang berlawanan dengan niche blog kita, maka update artikel rutin yang kita lakukan tidak mampu membendung alexa rank yang ingin membengkak karena kemampuan kita menciptakan artikel orisinil terbatas dalam setiap harinya.

Baca juga Tahukah Anda Piala Dunia 2014 Turunkan Trafik Blog?

Beberapa waktu lalu alexa rank blog saya mengalami pembengkakan secara perlahan dan semua blog di internet banyak mengalami hal yang sama. Sebelum terlanjur parah, saya terpaksa memposting artikel tentang informasi pengalaman kerja agar bisa menciptakan artikel orisinil yang banyak. Tujuannya untuk memberitahukan kepada google bahwa aktivitas di blog saya meningkat, sehingga peringkat blog saya akan ditingkatkan, dan tentunya akan diikuti dengan melangsingnya alexa rank secara paksa.

Kolom komentar saya tutup karena artikel tersebut hanya bersifat sementara saja selama memerangi google trends, dan nantinya akan saya hapus lagi jika alexa rank mulai bergerak melangsing secara konsisten.

( i ) Hasilnya, alhamdulillah berhasil. Alexa rank kembali melangsing secara berkesinambungan seperti biasanya. Maka artikel lowongan kerja saya hapus lagi dan saya lanjutkan dengan artikel seperti biasanya. Sedangkan saya lihat blog-blog lain yang tidak meningkatkan frekuensi updatenya terus membengkak alexa rank-nya.

Namun, beberapa hari kemudian di webmaster tools melaporkan adanya “kesalahan perayapan” yang banyak, yaitu artikel yang saya hapus tersebut. Padahal saya sudah melakukan permintaan hapus url di webmaster tools. Tetapi URL untuk situs mobile seperti ?m=1 dan ?m=0 lupa tidak saya hapus, dan itu yang membuat broken link paling banyak. Akhirnya mereka saya hapus saat itu juga di webmaster tools. Sedangkan URL biasa hanya saya “tandai sebagai telah diperbaiki”, karena saya telah melakukan permintaan penghapusan sebelumnya.

Kesimpulan:

Update artikel orisinil dalam jumlah banyak (sekitar 10-30 artikel perhari) bisa mempertahankan alexa rank yang hendak membengkak akibat dampak google trends atau jika sedang terjadi kompetisi yang ketat di search engine.

Note: 

Alexa rank merupakan penanda seberapa besar trafik sebuah blog dan seberapa baik peringkat blog di mesin pencari.

^^ Sekian sharing pengalaman saya buat teman-teman, jangan lupa baca juga Trafik Blog Turun Karena Anda Tidak Mengikuti Google Trends.

Bagikan:
51 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.