vps murah

Home / Blogger

Jumat, 30 Januari 2015 - 19:32 WIB

Cara Mempercepat Proses Propagasi Domain Name Server

Halo sahabat setia blog juragan cipir… Proses propagasi Domain Name Server (DNS) adalah proses penggabungan antara domain dan hosting. Proses propagasi juga biasa disebut Integrasi atau Pointing. Proses propagasi DNS ini memerlukan waktu paling cepat 2jam sampai 72 jam, tergantung kesibukan server domain hosting saat itu.

Untuk domain baru yang masih fresh, biasanya proses propagasi hanya memerlukan waktu selama 2 jam saja. Namun bagi domain bekas, misalnya domain yang pernah anda gunakan di blogger, atau domain yang pernah anda gunakan di server hosting lain lalu anda memindahkannya ke server hosting baru, maka proses propagasi memerlukan waktu berhari-hari. Bisa jadi lebih dari 72 jam.

Tentunya anda tidak ingin menunggu proses propagasi terlalu lama agar anda bisa segera login ke WP Admin di blog wordpress baru anda. Artikel ini saya ambil dari pengalaman saya kemarin ketika pindah hosting dari blogger ke wordpress self hosting, silakan teman-teman simak selengkapnya tentang Blog Juragan Cipir Resmi Migrasi ke WordPress Self Hosting.

READ  Bagaimana Jika Orang Sekampung Blogger Semua?

Nah, berikut ini tips ampuh mempercepat proses propagasi DNS hanya dalam hitungan detik, lalu anda bisa langsung login ke wp admin saat itu juga untuk segera mengelola website baru anda. Namun website anda akan bisa dilihat orang lain beberapa jam kemudian atau besok. Jadi untuk saat ini yang bisa melihat website anda hanyalah anda sendiri, atau mungkin sama pacar anda 😀 . Tapi hal itu gak masalah yang penting anda bisa login ke wp admin saat ini juga.

Caranya:

1. Klik Start di komputer anda, lalu klik Run. Kemudian masukkan kode di bawah ini,

notepad C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts

Lalu klik Ok. Maka akan muncul jendela kecil notepad di komputer anda, dan biarkan ia menunggu sebentar.

2. Kemudian silakan cari IP address milik server baru anda di CPanel atau di dasbor Admin Domain anda. Jika tidak tahu cara mengetahui IP address di cpanel silakan anda cari infonya di google, banyak teman-teman yang sharing caranya.

READ  Ketika Kebutuhan Web Hosting di Website Meningkat

3. Jika IP address tersebut sudah ketemu, pastekan IP address tersebut bersama nama domain anda tepat di bagian paling bawah pada notepad yang muncul di komputer anda tadi.

Contohnya seperti di bawah ini dan lihat screenshot di bawah ini.

107.189.160.70 juragancipir.com
107.189.160.70 www.juragan.cipir.com

Berikan spasi antara IP address dan nama domain anda.

 

proses propagasi cepat

 

Lalu klik Simpan notepad anda, letaknya di pojok kiri atas notepad di File, lalu Save, lihat gambar atas. Kemudian silakan dibuang notepad anda karena IP address dan nama domain telah tersimpan di komputer anda.

Selesai. Kini anda bisa langsung login ke WP Admin di blog wordpress baru anda. Sedangkan orang lain mungkin harus menunggu sampai besok untuk bisa mulai melihat blog anda karena harus menunggu proses propagasi DNS selesai secara normal.

Jangan lupa simak juga Migrasi ke WordPress Turunkan 75% Pendapatan Adsense.

Share :

Baca Juga

Blogger

Desain Website Lebar Tapi Ruang Artikel Minimalis

Blogger

Perlunya Mengkompres Gambar Untuk Menghemat Space Hosting

Blogger

Member Setia Juragan Cipir Kok Bisa Lupa Pasword !

Adsense

Mau Bikin Blog Untuk Main Adsense & Afiliasi Amazon Dengan Cepat ?

Adsense

Kode Iklan Adsense Lama Mempengaruhi Kartu Skor

Blogger

Cara Agar Blog Kang Ismet Berdampingan Dengan Blog Anda

Blogger

2 Masalah Yang Menghambat Kesuksesan Blog Anda

Blogger

Cara Mengatasi Gambar Thumbnail Yang Hilang di Homepage Blog