Cara Memilah dan Menanggapi Komentar Pembaca di Blog

Halo juragan… Para webmaster ada yang menyediakan kolom komentar dan ada yang meniadakan kolom komentar di blognya. Setiap admin memiliki kebijakan sendiri-sendiri dalam menyikapi komentar dari para pembaca di blognya.Ada admin yang ramah yang selalu mau menjawab setiap komentar pembaca, ada admin yang hanya sesekali menjawab komentar,  dan bahkan ada admin yang tidak menanggapi sama sekali komentar pembaca tetapi menyediakan kolom komentar diblognya.

Namun sebenarnya semua itu tergantung situasi dan keadaan blog atau website tersebut, dan bukan berkaitan dengan admin yang ramah atau tidak ramah. Sebuah blog yang masih sedikit pengunjung akan menerima komentar yang sedikit sehingga admin bisa menanggapi setiap komentar. Semakin ramai pengunjung blog maka komentar pembaca mulai diabaikan. Setelah trafik tinggi sekali maka komentar tidak pernah ditanggapi.

Pada website besar bertrafik luar biasa seperti yahoo, okezone, kompas, detik.com, dan sebagainya, komentar pembaca tidak pernah dijawab sama sekali, kecuali hanya dijawab oleh sesama komentator. Dan personal blog juga demikian jika trafik sudah mulai ramai. Sehari saja mereka bisa mendapatkan puluhan hingga ratusan komentar. Jika admin tidak update selama 2 hari saja bisa-bisa admin akan mendapat tugas menjawab 200 komentar pembaca yang menumpuk. Tentunya admin tidak mampu meladeni semua komentar pembaca sehingga komentar akan diabaikan.

Akan tetapi bagi blog-blog pribadi yang bertrafik biasa-biasa saja, tentunya jumlah komentar tidak terlalu berlebihan dan sang admin pasti memiliki waktu untuk menanggapinya. Namun semuanya tergantung jenis dan tujuan komentar yang ditulis oleh pembaca itu sendiri. Berikut ini macam-macam jenis dan tujuan orang berkomentar di blog. Ada 3 jenis dan tujuan yang paling sering.

1. Komentar promosi
Komentar promosi contohnya adalah komentar yang hanya bertujuan untuk mempromosikan produk, website, jasa, dan sebagainya, serta biasanya disertai link aktif pada kalimat komentar. Komentar seperti ini boleh dijawab dan boleh tidak. Karena pembaca tidak bertanya apa-apa kepada admin. Namun biasanya sang admin akan memasukkan komentar seperti ini ke folder spam karena tidak berhubungan dengan topik yang dibahas, serta beresiko terhadap keselamatan pedoman webmaster di search engine jika ada link aktif di kalimat komentar.

2. Komentar blogwalking
Komentar blogwalking ini bisa dibedakan menjadi dua.

* Pertama adalah hanya sekedar menyapa, berkenalan, silaturahmi, memberikan apresiasi, dan sejenisnya. Sebenarnya komentar seperti ini boleh dijawab dan boleh tidak karena mereka tidak bertanya apa-apa kepada admin. Namun alangkah baiknya jika komentar mereka dibalas/ditanggapi karena merupakan kunjungan persahabatan.

* Kedua adalah mencari backlink. Biasanya komentar seperti ini dilakukan oleh pemlik website baru, dan yang diincar adalah blog-blog dofollow. Komentar ini boleh dijawab dan juga boleh tidak karena mereka tidak bertanya apa-apa sama sekali kepada admin, kecuali hanya sekedar menanam link websitenya. Dan biasanya mereka hanya berkomentar sekenanya saja.

3. Komentar bertanya
Komentar ini adalah komentar penting dari pembaca dan harus dijawab oleh admin blog. Misalnya pembaca menanyakan hal-hal yang terkait dengan artikel yang kita bagikan. Jika pembaca mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan maka mereka pasti akan bertanya di kolom komentar. Admin blog harus menjawab dengan sebaik-baiknya dan sejelas-jelasnya, karena mereka pasti akan balik lagi di kemudian hari untuk melihat jawaban dari pertanyaan mereka. (*)

Komentar pembaca memiliki peranan penting untuk melihat perkembangan dan kualitas website yang kita kelola. Semua website yang menyediakan kotak komentar pasti menginginkan komentar yang sebanyak-banyaknya dari para pembaca. Karena jumlah komentar yang banyak melambangkan bahwa website tersebut banyak disukai oleh pembaca.

Sampai disini dulu yang bisa saya sampaikan. Juragan bisa menambahkan apa yang ingin anda tambahkan mengenai pendapat saya diatas. Silakan disampaikan melalui kolom komentar. Terima kasih telah membaca dan berkunjung. Salam sahabat.

Berikutnya>> Sampaikan Pikiran Anda Kepada Pembaca

Bagikan:
7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.