Cara Membuat/Menyetel Pengalihan Khusus di Blogger

Halo juragan… Anda tentunya pernah melihat fitur pengalihan khusus yang tersedia di dasbor blogger. Mungkin anda pernah bertanya-tanya, apa fungsi dari pengalihan khusus ini? Lalu, bagaimana cara menggunakannya?Berikut ini penjelasan tentang kegunaan pengalihan khusus pada blogger serta cara menyetelnya agar bisa bermanfaat bagi blog kita.

Pengalihan khusus memiliki 2 fungsi;

1. Untuk mengalihkan halaman kosong ke halaman aktif
Misalnya, anda baru saja menghapus sebuah halaman postingan. Padahal halaman tersebut telah banyak ditaut oleh blog lain menuju ke postingan blog anda tersebut, atau masih tersimpan di indeks mesin pencari.

Maka agar pengunjung tidak menjumpai halaman kosong ketika mereka mengklik tautan mati tersebut, anda harus menggunakan pengalihan khusus untuk mengarahkan pengunjung ke halaman lain yang aktif. Akhirnya kita tidak jadi kehilangan visitor. Lumayan bukan?

2. Untuk memperbaiki kesalahan perayap adsense
Misalnya, suatu saat di akun adsense tertulis kesalahan perayap adsense, error 404 atau laman tidak ditemukan. Disitu kita disuruh memperbaiki salah satu url halaman kita, contohnya http://juragancipir.blogspot.com/SG, http juragancipir.blogspot.com/adyieldmanager, dan sebagainya.

Padahal kita tidak memiliki url halaman seperti itu. Maka agar tidak terjadi kesalahan perayap adsense lagi, kita bisa mengalihkan halaman yang tidak cocok tersebut ke halaman lain di blog anda.

Kalau saya mengarahkannya ke halaman RSS Feeds, biar pengunjung mencari artikel terkait lainnya di RSS Feeds. Karena jika saya alihkan ke halaman postingan, saya khawatir tidak sesuai dengan kata kunci yang ditulis oleh pengguna di mesin pencari. Sehingga saya khawatir melanggar kebijakan program adsense.

Sekarang kita mulai cara menyetting pengalihan khusus di blog.

1. Login ke blogger anda dan langsung cari Setelan, Preferensi penelusuran atau Search preference. Lihat gambar bawah.

2. Cari Pengalihan khusus, lalu klik Edit. Sekarang perhatikan gambar di bawah ini.

Dari: Tulis url postingan yang mati atau tidak ditemukan.
Misalnya; /SG, /adyieldmanager, /cara-membuat-pisang-goreng.html, dan sebagainya. Pastikan diawali dengan /.

Kepada: Tulis url postingan yang masih aktif.
Misalnya, /feeds/posts/default, /cara-membuat-gorengan.html, atau url lain yang relevan dengan postingan yang telah anda hapus.

3. Terakhir klik Simpan, kemudian klik Simpan perubahan.

Selesai. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa baca juga cara memperbaiki kesalahan perayap adsense dengan robots.txt di bawah ini;

Cara Memperbaiki Perayap Adsense DiTolak dan Laman Tidak DiTemukan 404

Bagikan:
33 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.