Cara Membuat Subdomain di CPanel Self Hosting 5 Menit

Halo juragan… Jika anda adalah seorang pengguna wordpress dengan selfhosting, anda bisa membuat subdomain di domain milik anda hanya kurang dari 5 menit. Misalnya: http://example.domain.com. example adalah nama subdomain karangan anda.

Jadi anda tidak perlu membeli domain baru karena anda bisa membuat blog baru dengan subdomain, dan itu sudah cukup bagus dan seo friendly, yang penting adalah self hosting alias hosting berbayar. Karena sebenarnya yang membuat blog kita menjadi seo friendly adalah hostingnya, bukan domainnya.

Hosting berbayar jauh lebih ampuh daripada hosting gratis dalam hal seo, apalagi anda menggunakan hosting berbayar kelas bisnis, hmmm dijamin maknyuss meskipun harganya sedikit mahal. Oke kita kembali ke judul.

Caranya:

1. Login ke cpanel (control panel) hosting anda masing-masing.

2. Scroll ke bawah dan temukan Domains, lalu klik Subdomains. Lihat gambar di bawah ini.

3. Jika anda punya banyak domain, silakan pilih domain yang ingin anda pakai. Caranya dengan klik menu drop down di sisi kanan. Lalu isikan subdomain karangan anda di kolom kosong subdomain.

(Document Root biarkan kosong karena nanti akan terisi sendiri dengan public html subdomain tersebut). Β Lihat gambar di bawah ini.

4. Terakhir klik Create. Selesai.

Langkah selanjutnya adalah tinggal anda menginstal wordpress menggunakan sub domain tersebut di cpanel untuk membuat sebuah blog baru dengan URL sub domain buatan anda.

^^ Sekian info buat teman-teman cara membuat subdomain di self hosting paling cepat dan mudah. Jangan lupa baca juga Tips Memilih Server Domain Terbaik Untuk Blog Anda.

Bagikan:
14 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.