Cara membuat situs kolaborasi dengan blogger

Halo juragan… Berikut ini juragan cipir ingin berbagi tips tentang cara membuat situs kolaborasi atau situs yang ditulis oleh pengguna/pembaca dengan menggunakan domain blogspot. Tapi karena blogger tidak didesain untuk wiki, maka fitur-fitur blogger juga tidak semudah situs wiki untuk bisa disunting atau ditulis oleh pengguna siapapun tanpa login. Jadi mereka harus kita undang dulu agar bisa ikut menulis.

Kita bisa mendapatkan akses untuk mengundang pengguna lain untuk menulis di blog kita melalui fitur yang tersedia di blogger. Pertama kita harus memasang pengumuman dulu di blog bahwa siapapun diperbolehkan berpartisipasi untuk ikut menulis di blog kita. Atau kita membutuhkan partisipasi dari pengguna untuk menulis artikel untuk kategori tertentu saja.

Setelah ada pembaca yang ingin berpartisipasi menulis di blog kita, maka kita tinggal menambahkan mereka sebagai penulis di blog kita. Namun nantinya ada batasan-batasan tertentu yang tidak bisa mereka lakukan setelah kita undang. Artinya para sukarelawan tersebut hanya bisa menulis posting baru saja serta hanya bisa mengedit artikel buatan mereka sendiri saja. Mereka tidak bisa menghapus atau mengedit artikel buatan penulis lain.

Caranya;
1. Masuk ke Dasbor blogger dan langsung klik nama blog yang juragan maksud.
2. Klik Setelan>>dasar. Disitu ada tulisan IZIN Penulis Blog. Lalu silakan klik Tambahkan Penulis.

Juragan bisa mengundang dengan menggunakan gmail mereka atau menggunakan daftar kontak. Tererah mau pilih yang mana. Maksimal jumlah penulis adalah 500 orang. Jika semua orang bisa menulis satu artikel dalam sehari, maka anda bisa update 500 artikel dalam sehari. Hasilnya, dalam waktu singkat blog anda kaya artikel dan trafik akan melejit.

Demikian sedikit info dari juragan cipir tentang cara membuat situs kolaborasi atau kerjasama menulis seperti di wikipedia. Hanya saja fitur blogger tidak selengkap wikipedia yang bisa disunting oleh siapa saja tanpa melalui login ke akun terlebih dulu. Semoga bermanfaat bagi tuan dan nyonya juragan. Salam.

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.