Cara Membuat Efek Hujan di Foto Dengan Photoshop

Halo juragan… Berikut ini juragan cipir berbagi tips trik tentang cara membuat efek hujan pada gambar atau foto anda dengan menggunakan adobe photoshop cs3. Belajar photoshop harus diawali dari yang paling mudah, karena saya sendiri juga masih belajar 🙂 .Mungkin bisa jadi karya anda nantinya akan lebih bagus dari saya, karena semua itu tergantung dari kemampuan masing-masing dalam berkreasi di photoshop. Ini adalah percobaan pertama saya membuat efek hujan pada foto yang dipotret ketika saya sedang berekreasi di pantai Balekambang di Malang, Jawa Timur.

Menurut saya, ternyata membuat efek hujan pada foto akan menghasilkan lebih baik jika kita menggunakan warna background gambar yang tidak terlalu terang. Pada gambar dibawah ini mungkin terlalu terang, karena berada di pantai dibawah terik matahari. Hasilnya, ada hujan dibawah terik sinar matahari ketahuan kalau bohong 🙂

Oke sekarang mari kita mulai.

Caranya;

1. Siapkan foto atau gambar di komputer/pc/laptop anda yang ingin diberi efek hujan, lalu masukkan ke dalam adobe photoshop. Caranya, klik kanan pada gambar yang dimaksud, lalu klik kanan dan pilih Open With >> Adobe Photoshop CS3.

2. Setelah gambar berada di dalam photoshop, buatlah layer baru dengan cara menekan Ctrl+Shift+N di keyboard komputer. Lalu pada “Mode” pilihlah Screen, dan klik Ok.

3. Kemudian klik Edit pada menu kiri atas, lalu pilih Fill. Setelah itu muncul jendela kecil, lantas pada opsi “Use” pilihlah 50% Gray, lalu klik Ok.

4. Sehingga gambar/foto akan tampak seperti dibawah ini.

5. Langkah berikutnya klik Filter di menu atas, lalu pilih Noise dan klik Add Noise... Setelah itu muncul jendela kecil, lalu beri centang di Monochromatic. Kemudian pada Amount aturlah angka prosentase sesuai kreasi anda, lalu klik Ok.

6. Setelah itu klik Filter di menu atas, lalu pilih Blur, kemudian klik Motion Blur. Maka akan muncul jendela kecil lagi, lalu aturlah angka pada “Angle” untuk menghaluskan efek, kemudian klik Ok.

7. Berikutnya klik lagi Filter di menu atas, pilih Blur, lalu klik Gaussian Blur.

8. Maka muncul jendela kecil, lalu aturlah jarak garis-garis efek hujan sebaik mungkin sesuai kreasi anda. Setelah itu klik Ok.

9. Selesai. Hasilnya akan seperti dibawah ini. Lalu simpan gambar hasil karya anda pada folder penyimpanan di komputer anda.

(*) Jika anda tidak tahu cara menyimpan gambar hasil editan di photoshop, silakan baca dibawah ini;

Cara Menyimpan Gambar/Save Image di Photoshop

Sekian dulu informasi dari juragan cipir, semoga bermanfaat.

Berikutnya>> Cara Merubah Ukuran Gambar/Foto di Adobe Photoshop

Bagikan:
7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.