Cara Membuat Contact Form di Blogger Paling Mudah

Halo juragan…. Contact form adalah sebuah halaman di blog yang berfungsi agar para pembaca bisa menghubungi pemilik blog atau admin. Maka contact form sangatlah penting bagi kita maupun para pembaca jika mereka ingin menyampaikan sesuatu kepada pemiliki blog. Biasanya contact form diberi judul “Hubungi Kami” atau Contact Us” dan ditaruh di deretan atau tab menu di bagian atas maupun bawah website.Nah, kali ini juragan cipir ingin berbagi tips tentang cara membuat tab hubungi kami atau contact us yang paling mudah dengan memanfaatkan layanan contact form gratis berikut ini. Hanya butuh waktu lima menit.

Penampakan contact form nantinya akan seperti gambar dibawah ini.

Caranya;

1. Pertama anda harus mengunjungi situs FOXYFORM. Disana anda akan disuruh melihat setelan contact form (Settings dan Advanced Settings) seperti gambar dibawah ini. Anda bisa menentukan setelan dan warna warna contact form sesuai keinginan anda. Tapi sebaiknya tidak usah disetel lagi karena menurut saya setelan default disana sudah cukup bagus dan simple.

2. Kedua isilah kolom seperti gambar dibawah ini dengan Email anda sendiri yang ingin anda gunakan sebagai kontak, lalu isilah sandi robot atau anti spam atau captcha pada kolom yang ada dibawahnya. Kemudian klik Create Formular yang ada di bawahnya.

3. Ketiga dan terakhir. Anda akan diberi kode script contact form secara langsung disitu dan juga dikirim ke email anda. Copy code script yang diberikan kepada anda, lalu buatlah halaman contact us baru di blog dan pastekan kode script tadi di menu HTML (bukan Compose) pada halaman baru yang anda buat tersebut, dan Publish.

Selesai dan lihat hasilnya.

Keterangan:

* Jika anda ingin merubah ukuran contact form, anda bisa merubahnya secara manual dengan cara menambah atau mengurangi ukuran pixel yang ada di code script tersebut. Misalnya ukuran 350px anda rubah menjadi 700px atau ukuran lain. Anda bisa melihat dengan alat pratinjau/preview di blogger sampai contact form tersebut benar-benar serasi dengan ukuran lebar halaman anda.

* Nantinya jika ada pembaca yang menghubungi anda melalui contact form yang anda buat tersebut maka akan diteruskan secara otomatis ke alamat email yang anda gunakan untuk membuat contact form tadi.

Sekian dulu informasi dari juragan cipir dan semoga bermanfaat bagi tuan dan nyonya juragan. Terimakasih dan happy blogging….

Berikutnya>> Cara Membuat Dan Memasang Gambar Favicon di Blog

Bagikan:
131 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.