Cara Membuat Artikel Tidak Berkualitas Menjadi Berkualitas

Halo juragan… Artikel berkualitas adalah artikel yang memberi nilai tambah dan bermanfaat bagi pembaca. “Bermanfaat” itu memiliki arti yang luas dan bersifat relatif, tergantung kebutuhan pembaca. Sedang yang dimaksud “memberi nilai tambah” adalah artikel unik atau artikel yang belum pernah diposting di internet. Dengan kata lain artikel orsisinil.Ujung-ujungnya bertujuan; UNTUK MENAIKKAN TRAFIK BLOG!

Anda mengcopas dari blog lain tetapi jika anda tulis ulang dengan narasi atau gaya bahasa anda sendiri, maka artikel itu disebut artikel orisinil atau artikel unik. Terlebih lagi jika anda bisa menyempurnakannya. Misalnya dengan menambahkan informasi yang bermanfaat serta menulisnya dengan bahasa yang baik dan benar agar mudah dipahami oleh pembaca, maka artikel tersebut akan menjadi lebih berkualitas. Namun anda harus mencantumkan sumbernya untuk menghindari tudingan plagiat.

Di wikipedia, membenahi artikel ini disebut “merapikan artikel”, dimana diatas artikel akan diberi tanda gambar sapu. Maksudnya anda disuruh merapikan tulisan tersebut agar jelas, akurat, mudah dipahami dan bisa dipercaya, serta bukan merupakan karya “salin tempel atau copy paste”.

Teknik merapikan artikel ini bisa kita manfaatkan untuk memperbaiki beberapa artikel di blog kita yang tidak/kurang berkualitas agar menjadi berkualitas. Untuk mengetahui artikel kita yang tidak berkualitas adalah dari trafik. Jika ada beberapa artikel kita memiliki sedikit kunjungan atau bahkan tidak pernah dikunjungi, itulah artikel yang tidak berkualitas.

Siapa yang menilai artikel kita berkualitas?
Pertama adalah mesin pencari, dan kedua adalah pembaca. Pembaca akan tahu artikel anda jika mesin pencari tahu artikel anda lebih dulu.

Mesin pencari memiliki serangkaian resep pencarian mutakhir yang disebut “algoritma mesin pencari”. Algoritma ini bertugas memilah artikel mana yang berkualitas dan artikel mana yang tidak berkualitas. Jika artikel kita dinilai berkualitas, maka akan ditampilkan di halaman pertama hasil penelusuran. Sedangkan artikel yang galau akan disuruh antri di belakang 🙂 .

Sekarang google menggunakan algoritma lebih mutakhir yang bernama hummingbird untuk menginterogasi blog anda. Mesin utama hummingbird menggunakan percakapan pencarian atau “conversational search” untuk menilai konten anda. Google benar-benar mengevaluasi sampai dimana kualitas artikel anda dan apakah artikel anda mudah dipahami oleh pembaca.

Hummingbird membaca makna dari kata-kata yang ada artikel anda, tidak melihat kata kunci yang anda terapkan untuk mesin pencari. Ketika hummingbird menemukan ejaan yang salah, maka artikel anda akan mendapat satu tanda. Ketika hummingbird menemukan kalimat yang tidak jelas maksudnya, maka hummingbird akan memberinya label sampah yang berdampak sedikit menurunkan kualitas artikel anda.

Oleh karena itu gunakanlah kalimat efektif. Yaitu kalimat singkat, padat, akurat serta mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca. Kalimat yang bertele-tele akan dimasukkan ke dalam “tong sampah” karena dianggap tidak ada manfaatnya bagi pembaca. Jangan lupa baca juga cara membuat artikel dengan kalimat efektif di Tips Menulis Mengatasi Algoritma Google Hummingbird.

Sesuai namanya; Humingbird adalah “Cepat dan Tepat”. Begitulah google mengambil burung kecil yang lincah ini sebagai lambang dari algoritma mutakhirnya. Hummingbird hanya takluk oleh artikel yang tepat dan mengena. Jangan lupa baca juga pengertian serta penjelasan cara kerja algoritma google hummingbird disini, Algoritma Google Hummingbird Dan Cara Menghadapinya.

Kesimpulan:
Untuk membuat artikel tidak berkualitas menjadi berkualitas adalah dengan membenahinya lagi.

( i ) Rapikan kalimat-kalimat yang tumpang tindih yang membikin ruwet orang yang membacanya. Dan sebagainya. Jangan malu-malu karena wikipedia juga begitu untuk menciptakan artikel berkualitas.

( ii ) Hapus kalimat tidak bermanfaat dari artikel anda agar tidak menjadi beban gendongan, lalu gantilah dengan kalimat-kalimat yang bermanfaat.

( iii ) Di wikipedia, lebih baik membenahi artikel yang salah daripada menulis artikel baru. Jika kita memiliki artikel yang kadaluwarsa, sebaiknya dihapus saja atau diedit ulang agar sesuai dengan kebutuhan saat ini agar tidak dianggap artikel sampah oleh mesin pencari dan juga pembaca.

Flickr – Dia™

Sampai disini dulu informasi yang bisa saya sampaikan dan jangan lupa baca juga informasi penting yang perlu anda tahu tentang Cara Terbaru Mengoptimalkan Blog Era Hummingbird. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
39 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.