Cara Mematikan RSS Feed di Blog WordPress

Halo juragan… Seperti kita tahu bahwa sekarang ini banyak pencurian konten (artikel) secara otomatis melalui RSS Feed atau biasa disebut Autoblog alias Blog AGC (Automatically Generated Content). Banyak blog-blog yang telah menjadi korban aksi autoblog, termasuk blog saya sendiri.Untuk menutup RSS Feed di Blogger anda bisa melakukannya dengan “mematikan RSS Feed” di Setelan Umpan yang terdapat di dasbor blogger.

Tapi jika anda tidak ingin mematikan RSS Feed secara total, anda bisa mencoba alternatif lain dengan mengalihkan RSS Feed anda ke Feedburner menggunakan setelan Summary Burner agar autoblog kelas teri kapok. Jika anda ingin mencobanya, silakan baca Cara Mencegah/Mengatasi Pencurian Artikel Oleh AutoBlog.

Namun untuk mematikan RSS Feed di Blog WordPress, anda bisa mengikuti petunjuk berikut ini, cara menutup rss feed secara manual dengan menambahkan script pada functions.php.

Silakan simak caranya:

1. Copy kode script berikut ini;

Lalu pastekan tepat di atas baris terakhir pada script functions.php. Untuk mengetahui letaknya silakan buka Appreance >> Editor >> Theme Functios (functions.php). Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini.

Cara Menutup RSS Feed di Blog WordPress

Pastekan kode script tapi tepat di atas baris terakhir, lalu klik Update file. Lihat gambar atas.

Selesai. Simak juga Pengertian Rss Feeds & Cara Mencegah Pencurian Artikel.

Keterangan:

Nantinya jika ada orang yang mencoba melihat RSS Feed anda dengan membuka http://bloganda.com/feed maka mereka akan melihat tampilan error seperti gambar di bawah ini;

Cara Menutup Umpan di Blog WordPress

( i ) Jika anda tidak ingin menampilkan pesan error seperti gambar di atas sehingga tampilannya menjadi lebih rapi, anda bisa mengalihkan URL dari RSS Feed anda tersebut (http://bloganda.com/feed) ke halaman utama atau Homepage (http://bloganda.com).

Caranya adalah dengan menginstal plugin FD Feedburner. Silakan cari plugin FD Fedburner di pencarian plugin di dasbor WP-Admin anda masing-masing, lalu instal dan aktifkan.

Setelah plugin FD Feedburner aktif, silakan anda buka Setting >> Feedburner >> lalu masukkan URL homepage anda pada kolom Redirect my feeds here dan setelah itu klik Save. Untuk lebih jelasnya silakan lihat screenshot di bawah ini;

Cara Menghilangkan RSS Feed di Blog WordPress

Sehingga jika nantinya jika ada orang yang mencoba membuka halaman RSS Feed anda, maka mereka akan dialihkan ke halaman utala alias Homepage, dan artikel anda akan selamat dari pencurian autoblogger, terutama autoblogger kelas teri. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa baca juga:

Bagikan:
26 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.