Cara Melejitkan Kemampuan Blogging Tersembunyi Dalam Diri Anda

Ketika terjun di dunia blogging, saya sempat berpikir betapa enaknya bisa mendapatkan penghasilan dari internet. Skemanya pun terlihat mudah, buat blog yang menarik, datangkan banyak pengunjung, lalu monetisasi baik itu dengan iklan, affiliate, maupun menjual produk sendiri.

blogging

Tantangan semakin berat ketika ternyata kita bukanlah satu-satunya orang yang berpikiran sama. Trend kemudahan mendapatkan penghasilan dari internet, membuat demam blogging merajalela, mulai dari anak muda, pekerja, sampai ibu-ibu.

Propagandanya cukup mengena, cukup dengan bekerja dari rumah beberapa jam menggunakan laptop dan internet, maka uang puluhan juta akan datang.

Apakah ada orang yang mendapatkan uang puluhan juta dari blogging? Jawabannya ada dan banyak. Tapi tentunya membutuhkan perjuangan yang banyak untuk mencapai semua itu. Di bekali semangat yang tinggi, sehingga satu persatu tangga menuju kesuksesan dapat dilewati.

Lalu bagaimana dengan blogger pemula yang masih awam dan tertarik mendapatkan penghasilan dari internet? Sah-sah saja, karena blogging adalah salah satu pilihan yang tepat. Walaupun blogging bukan skema cepat kaya. Untuk bisa sukses, memerlukan passion yang cukup, dan juga konsistensi.

Ya, blogging memang butuh passion, entah itu untuk tujuan promosi, untuk mendapatkan trafik yang banyak, ataupun untuk mendapatkan penghasilan online. Tanpa passion, maka setiap rintangan di dunia blogging akaan menggoyahkan kita.

ngeblog
Blogging butuh passion

Awal terjun di dunia blogging, saya berpikir hanya dengan posting setiap hari maka blog saya akan populer. Blog saya akan mudah ditemukan di search engine, dan visitor akan datang dengan sendirinya. Namun ternyata saya salah.

Mendatangkan unique visitor, apalagi ribuan UV perhari bukan hal yang mudah. Blog kita mungkin terindex oleh Google, namun diurutan ke berapa? dan halaman berapa?

Sedangkan kebiasaan orang pada umumnya, hanya searching dihalaman pertama Google, itupun hanya 5 urutan teratas, atau bisa sampai 10 teratas jika informasi yang didapat terasa belum cukup.

Ternyata banyak agenda yang harus kita pikirkan saat kita ingin membangun blog yang sukses. Beberapa diantaranya:

  1. Research keyword.

Pengunjung mencari informasi tentunya menggunakan keyword atau kata kunci tertentu. Kemampuan “menebak kata kunci” adalah salah satu kemampuan terpenting sebagai blogger. Tentunya kita bisa meminta bantuan Google untuk riset kata kunci dengan bantuan keyword planner, namun apakah itu cukup?

Ternyata tidak, kita membutuhkan informasi yang mendalam terutama mengenai berapa kompetitor kita, kata kunci apa yang mereka gunakan, berapa DA/PA yang mereka miliki, dan banyak lagi. Maka bermunculanlah fasilitas ataupun tools untuk menangani hal ini, seperti Semrush, Ahrefs, Moz, Longtail keyword pro, dan sejenisnya.

Tujuannya sama, menemukan kata kunci dengan jumlah pencari sebanyak mungkin, dan kompetitor sesedikit mungkin. Tentu hal ini akan menguras kocek para blogger pemula untuk menggunakan layanan premium tersebut.

  1. Membuat artikel konten yang berkualitas.

Algoritma Google selalu berkembang dari waktu ke waktu. Algoritma hewan peliharaan Google siap untuk menumpas web spam dan artikel tidak berkualitas yang tidak readable.

Saya mengerti keinginan Google, mereka hanya ingin menampilkan artikel yang berkualitas dihalaman pertama google, yang bisa menjawab keinginan pengunjung saat browsing di mesin pencari.

Namun posting asal-asalan juga tidak cukup, apalagi tanpa memikirkan kata kunci. Artikel yang memberi wawasan dan pengetahuan bagi saya lebih bermanfaat dari pada artikel curhat.

Artikel berkualitas adalah artikel yang bisa memberi jawaban yang bagus dan memadai dari kata kunci yang digunakan pengunjung. Google tahu artikel kita bagus atau tidak dari bounch rate yang kita miliki. Bounch rate rendah, artinya artikel kita berkualitas dan membuat pengunjung betah berlama-lama.

  1. Guest posting.

Guest posting menjadi salah satu metode alternatif untuk membuat blog kita populer. Kita bisa menyematkan link ke blog kita di guest posting. Kita bisa mendapatkan backlink berkualitas, jika tempat guest posting memiliki authority yang bagus.

Sebagai bonus, kita bisa mendapatkan referal trafik jika pengunjung blog tersebut cukup tinggi dengan adanya link menuju blog kita.

Guest posting juga tidak sembarangan, topik yang ditulis sebaiknya sesuai dengan tema blog yang kita miliki, sehingga kita memiliki link relevan sebagai backlink. Lagi pula terkesan janggal jika kita guest posting di blog dengan tema blogging, tapi kita menulis posting tentang resep masakan.

  1. Posting di social bookmark, forum dan web 2.0.

Tujuannya sama, kita ingin mendapatkan backlink berkualitas dari situs social bookmark, forum atau web 2.0 dengan high PR. Salah satu tempat favorit saya adalah Kompasiana, Blog detik, dan juga Forum.

Saya teringat salah satu blog saya naik Domain Authority-nya dari DA 0 menjadi DA 18 hanya dalam beberapa bulan dengan menggunakan trik sederhana ini.

Efek lainnya, kita menemukan interaksi baru di dunia blogging, dengan adanya interaksi member di forum, ataupun pengunjung social bookmark. Tips nya masih sama, menulis artikel dengan topik yang relevan dan menautkan link ke blog kita.

  1. Social signal.

Ternyata social signal termasuk hal yang penting. Social signal bisa berupa share, like, atau vote dari media sosial. Awalnya saya malu untuk men-share tulisan saya, namun akhirnya saya berpikir, toh orang juga akan skip dan tidak membaca artikel saya, jika topik tulisannya tidak menarik.

Pede untuk men-share tulisan sendiri adalah modal awal untuk blogger sukses. Bagaimana kita bisa menjadi popular di web jika tulisan kita disembunyikan?

Sedangkan media sosial juga merupakan salah satu sumber trafik potensial untuk blog. Dan Google senang dengan blog yang memiliki social signal yang baik dan natural.

  1. Blogwalking dan blog commenting.

Sama dengan dunia nyata, interaksi dengan blogger di dunia maya juga perlu. Jika ingin menjadi blogger yang sukses, maka kita juga harus bergaul dengan blogger sukses pula. Dan Google menghargai interaksi social kita, dengan pengaruh backlink di dari blog commenting.

Blog commenting mungkin terdengar sederhana, namun memerlukan konsistensi. Blogwalking ke blog high DA/PA dan komen 5 kali sehari ke lebih baik daripada komen 100x sekaligus. Selain melelahkan, kita juga bisa dianggap spam oleh Google dengan melakukan blog commenting yang berlebihan.

Kesimpulan

Saya menyadari, sebagai blogger pemula tidak seharusnya kita dipusingkan dengan bahasan tingkat tinggi seperti link building tier 1, tier 2, dan skema piramid ini itu. Tidak perlu memusingkan software GSA SER, SEnuke XCr, dan tools sejenis yang kita juga masih awam penggunaannya.

Cukup pengetahuan dasar saja seperti tahu cara submit blog ke webmaster, tahu cara seting dan membaca report google analytic, tahu SEO onpage dan offpage itu seperti apa, bagaimana cara mencari kata kunci, dan bagaimana cara mengisi meta description dan keyword dengan menggunakan plugin yoast atau all in one SEO pack bagi pengguna CMS WordPress.

Sisanya kita fokus untuk meningkatkan kualitas artikel, konsisten membangun backlink berkualitas, baik itu dengan melakukan guest posting di blog yang Authoritynya bagus, menulis artikel di Sosbook, forum dan web 2.0 high PR. Kemudian konsisten melakukan blogwalking & commenting dan memberi social signal.

Dengan begitu, kemampuan blogging kita akan melejit dan blog kita akan berkembang secara bertahap. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
10 Comments
  1. hady

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.