Cara Kerja Search Engine Google

Setelah anda memiliki sebuah website yang dapat anda pergunakan untuk mempromosikan produk atau pun jasa anda, maka kini saatnya anda mempelajari bagaimana caranya mempromosikan website tersebut agar dapat dikunjungi oleh orang banyak. Sebelum itu ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerja dari search engine serta apa itu search engine optimization,

Menurut google, cara kerja search engine google adalah sama dengan apabila kita mencari suatu kata tertentu diindeks satu buku besar. Hanya saja google mencari data atau informasi tersebut dengan menggunakan algoritma tertentu sehingga bisa memberikan hasil yang relevan dengan apa yang dicari pengunjung dalam waktu yang sangat cepat. Sebenarnya cara kerja google ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: menjelajahi situs-situs atau web-web yang ada (Crawling), meng-index, dan terakhir memberikan hasil yang diperoleh kepada pengunjung.

Crawling adalah satu proses dimana robot dari search engine google menjelajahi situs-situs atau web-web yang ada, baik untuk menemukan halaman baru atau halaman yang telah diperbarui oleh pemilik nya untuk ditambahkan pada index google. Robot google yang dipergunakan untuk menelusuri halaman-halaman web biasanya dikenal dengan nama google bot atau google spider.

Google bot ini mempunyai algoritma tertentu yang dipergunakan untuk menentukan web-web mana yang harus di-crawl/dijelajahi, seberapa sering suatu halaman web harus dikunjungi kembali dan berapa halaman yang harus dikunjungi dari suatu website.

Proses crawling dimulai dari daftar halaman-halaman web yang diperoleh dari hasil crawling yang pernah dilakukan sebelumnya dan ditambah dengan data sitemap yang disediakan oleh pemilik website. Pada waktu penelusuran, Google bot akan memeriksa file robot.text (jika ada) yang membuat link mana saja dari suatu website yang boleh ditelusuri dan yang tidak boleh ditelusuri. Selain itu penelusuran juga tergantung dari banyak faktor diantaranya: peringkat suatu website (PR/Page Rank), link-link yang menuju halaman tersebut, serta variabel-variabel lainnya seperti jumlah paramater pada suatu URL.

Setelah menelusuri suatu website (crawling), googlebot akan mengindex halaman-halaman web tersebut dan memproses informasi yang ada di sana seperti title tags (judul halaman), Meta Tags (keyword dan deskripsi), alt (kode html untuk gambar) dsb.

Ketika pengunjung melakukan pencarian atas suatu keyword, maka google akan mencari halaman-halaman yang cocok dan relevan dengan keyword yang dicari tersebut serta menampilkan hasilnya secara berurutan bedasarkan banyak faktor, diantaranya PageRank.

Page rank merupakan ukuran pentingnya suatu halaman web dilihat dari kacamata google. PageRank tersebut ditentukan berdasarkan banyak hal, diantaranya link dari halaman web lain yang mengarah ke halaman tersebut. Semakin banyak link yang mengarah ke suatu halaman, maka search engine akan menganggap halaman tersebut penting dan memiliki isi konten yang berguna. PageRak google mempunyai nilai 1-10 dan semakin tinggi PageRank suatu website, maka semakin besar kemungkinan website tersebut akan berada di posisi atas pada hasil pencarian.

Search engine optimization atau yang biasa yang disebut dengan seo adalah salah satu cara agar website anda dapat memperoleh peringkat yang tinggi di search engine sehingga website anda dapat dengan mudah ditemukan oleh orang-orang melalui internet. Apabila website tersebut dibuat dengan tujuan untuk menawarkan suatu barang atau jasa, maka apabila semakin banyak orang yang mengunjungi website anda otomatis jumlah penjualannya juga akan semakin meningkat.

Teknik Seo sebenarnya dibagi menjadi dua macam yaitu:Seo On Page dan Seo Off Page. Seo On Page adalah teknik yang dilakukan pada halaman-halaman internal website untuk membuat website menjadi lebih bagus/optimal di mata search engine, sedangkan Seo Off Page adalah teknik yang dilakukan di luar halaman website untuk meningkatkan peringkat website anda di mata search engine. Satu-satunya cara Seo Off Page yang dapat anda lakukan adalah dengan membangun link menuju website anda. Semakin banyak link menuju ke website anda, maka hal tersebut akan semakin meningkatkan peringkat website anda di mata search engine.

Simak juga Optimasi Judul Halaman/Tag Title Untuk Seo di Blog Kita.

Penulis : Bernos Sidayan

11146203_793254904096486_4675230430327824590_naku

Bagikan:
7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.