Cara Cerdas Menentukan Segmentasi Pasar Untuk Bisnis Semakin Melejit

Jika anda memutuskan untuk menjalin sebuah bisnis, pastinya anda harus tahu hal yang sangat penting. Hal tersebut adalah menentukan segmentasi pasar. Jika hal tersebut diabaikan maka akan memiliki dampak yang sangat terlihat. Jika kita langsung menjual jasa atau produk kepada semua orang, memang ada barang/jasa bisa langsung diterima oleh masyarakat.

Namun, jika kita sudah menentukan target pasar pastinya hasilnya akan berbeda sekali. Saya dapat informasi dari seoarang marketer handal. Dalam sebuah tulisannya di marketer edisi juni 2013 bahwa ada 3 hal utama bagi para pebisnis untuk segmentasi pasar yang tertarget.

pasar-bisnis

Simak juga Tips Menjadi Pengusaha Sukses Dengan Jalan Tidak Egois.

Tiga hal yang harus anda ketahui sebagai berikut:

  1. Fokus Alokasi Sumber Daya

Melalui penentuan segmentasi pasar untuk perusahaan anda harus fokus baik dari segi pelayanan dan pengembangan komunitas pelanggan dengan skala prioritas. Jadi anda bisa melakukan edukasi terhadap para pelanggan anda dengan menjelaskan dan memberi sosialisasi betapa pentingnya mereka harus membeli atau menggunakan jasa/produk anda.

Skala prioritas disini, ana bisa menentukan segmen mana yang bisa dilayani dengan baik dan dimana perusahaan tersebut secara keuangan kompetitif besar. Maka anda akan bisa menentukan energi, biaya dan cara pemasaran yang sesuai segemntasi pasar anda.

  1. Faktor Kunci Mengalahkan Pesaing

Pada kali, anda harus bisa membuat model segmentasi degan cara  sudut pandang yang berbeda dengan pesaing anda. Pastinya anda harus menawarkan kelebihan baik dari segi produk atau pelayanannya. Sebab hal ini sudah masuk ranah persaingan pasar. Jangan sampai anda bersaing dengan cara yang tidak cantik. Buatlah usaha anda berarti bagi mereka.

  1. Menentukan Strategi Dan Taktik

Melalui segmentasi pasar, anda akan memberi referensi dan dasar positioning yang pas. Melaui positioning ini, perusahaan akan mampu memberikan kepercayaan dan landasasn diferensi produk, kopetitor pasar dan strategilainnya.

Untuk hal itu, bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki arah dan tujuan yang jelas. Jangan sampai hanya sekedar memiliki modal bisa menjalankan secara mudah dan gampang. Namun gunanya pengaplikasian ilmu akan sangat berguna masyarakat umum dan negara. Sekian dan Terima Kasih. [By Pak TOP]

Jangan lupa simak juga Tips Berbisnis Sambil Bekerja Sebagai Karyawan Swasta / Pegawai Pemerintah.

Bagikan:
5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.